Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 12 Pematangsiantar

Main Article Content

Rick Hunter Simanungkalit

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan (2) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah buku guru, buku siswa, RPP, LAS, dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12Pematangsiantar T.A. 2014/2015, dengan mengambil sampel dua kelas yang berjumlah 70 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define, design, develop dan disseminate. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaranyang dikembangkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar adalah baik ditinjau dari valid, praktis dan efektif. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Article Details

How to Cite
Simanungkalit, R. H. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 12 Pematangsiantar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 39–56. https://doi.org/10.30651/must.v1i1.96

References

  1. Anwar, H. 2008. Teori Vygotsky Tentang Pentingnya Strategi Belajar.
  2. Arends, R. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Jilid Satu. (diterjemahkan oleh Soedjipto, Helly, P. dan Soedjipto, Sri, M.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 2). Bandung: Bumi Aksara.
  4. Aryati, K. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Siswa SMA. Program Pascasarjana Undiksha Singaraja.
  5. Husna, M. 2013.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-pair-share (TPS).Jurnal Peluang Volume 1, Nomor 2, April 2013, ISSN: 2302-5158.
  6. Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
  7. Komalasari, K. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
  8. Nieveen, N. 2007. An Introdution To education Design Research. Dapat dilihat di www.slo.nl/organisatie/international/publications diakses pada tanggal 15 oktober 2014.
  9. Nieveen, N., McKenney, S., van den Akker. 2006. “Educational Design Research†dalam Educational Design Research. New York : Routledge
  10. Nur, M. 2008. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: PSMS Unesa.
  11. -----------2008c. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah.Surabaya: Pusat Sains dan Matematika SekolahUnesa.
  12. Nurjaya, I. 2013. Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Bermuatan Pendidikan Karakter sesuai Amanat Kurikulum 2013 pada Guru-guru Sekolah Dasar Nomor 1 Kapal. Universitas Ganesha Singaraja: Bali.
  13. Polya, G. 1973. How To Solve it. New Jersey: Princeton University Press.
  14. Sinaga, B. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBMB3). Disertasi. Tidak dipublikasikan. Surabaya: PPs. Unesa
  15. Suhadi. 2007. Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Surakarta: Universitas Muhammadiyah.
  16. Suparno, P. 2002. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Kanisus: Yogyakarta.
  17. Tanti, R. 2010. Kompetensi berpikir kritis dan kreatif Dalam pemecahan masalah matematika di SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Scientific
  18. Thiagarajan, et al. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourse Book. Bloomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped. Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
  19. Wardhani, S. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional