Implementasi Uji Mann-Whitney Dalam Evaluasi Prestasi Hasil Belajar Kegiatan Pelatihan SAILS Fakultas Syariah Dan Hukum UINSA

Adi Damanhuri (1), Agus Solikin (2)
(1) Prodi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia,
(2) Prodi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur prestasi hasil belajar dalam kegiatan pelatihan SAILS-UINSA di Fakultas syariah dan Hukum dengan menggunakan Mann-Whitney. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan angket, data dianalisis secara diskriptif dan menggunakan Mann-Whitney. Berdasarkan hasil analisis terhadap data yang telah dikumpulkan, diperoleh kesimpulan bahwa pelatihan SAILS-UINSA di Fakultas Syariah dan UINSA secara diskripsi memberikan kenaikan rata-rata hassil prestasi belajar antara sebelum dan sesudah pelatihan yaitu sebesar 1,14, dengan peserta yang mengalami kenaikan prestasi belajar sebesar 57,14%. Namun, jika dianalsiis dengan mann-whitney pelatihan tersebut tidak memberikan kenaikan prestasi belajar.

Full text article

Generated from XML file

References

Abdurrahman, Maman, Sambas Ali Muhidin, and Ating Somantri, Dasar-Dasar Metode Statistik Untuk Penelitian (Bandung: Penerbit Pustaka Setia, 2017), p. 352

Adi Damanhuri, Statistika Dasar (NLC Publisher, 2022)

Anwar, H. (2008). Teori Vygotsky tentang pentingnya strategi belajar.

Arends, R. (2008). Learning to teach, belajar untuk mengajar. Edisi Ketujuh. Jilid Satu. (diterjemahkan oleh Soedjipto, Helly, P. dan Soedjipto, Sri, M.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi, ‘Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2’, Jakarta: Bumi Aksara, 344 (2012)

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Nieveen, N. (2007). An introdution to education design research. Retrieved October 15, 2014, from www.slo.nl/organisatie/international/publications.

Nieveen, N., McKenney, S., & van den Akker. (2006). “Educational design research†In Educational design research. New York: Routledge.

Sinaga, B. (2007). Pengembangan model pembelajaran matematika berdasarkan masalah berbasis budaya Batak (PBMB3). Surabaya: PPs. Unesa.

Thiagarajan, et al. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. A Source Book. Bloomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped.

Suprapti, E., & Mursyidah, H. (2017). Pengembangan modul pembelajaran aljabar linier dengan tahapan 4Me untuk pengembangan karakter 4C’s mahasiswa. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 208-220. http://dx.doi.org/10.30651/must.v2i2.841.

Suprapti, E., Mursyidah, H., & Inganah, S. (2018). Development of linier algebra module with 4Me stage. In The 3rd Progressive and Fun Education (Profunedu) Internasional Proceeding 1 (pp. 355-360). Surabaya: Association of Faculty of Teacher Training and Education of Muhammadiyah Universities throughout Indonesia.

Walpole, Ronlad E, and Raymond H Myers, Ilmu Peluang Dan Statistika Untuk Insinyur Dan Ilmuwan, ed. by Sembiring and Suroso, 2nd edn (Bandung: Penerbit ITB, 1986), p. 621

Authors

Adi Damanhuri
adidamanhuri@uinsby.ac.id (Primary Contact)
Agus Solikin
Damanhuri, A., & Solikin, A. (2022). Implementasi Uji Mann-Whitney Dalam Evaluasi Prestasi Hasil Belajar Kegiatan Pelatihan SAILS Fakultas Syariah Dan Hukum UINSA. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.30651/must.v7i1.12554

Article Details