PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN PEMBENTUKAN ADAB SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 4 LAMONGAN

Penulis

  • Ma'bad alfarisi Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Jumrotul Lailil Umroh

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.14679

Abstrak

This research was carried out because it was motivated by the progress of science and technology that was increasingly mature and caused various adjustments in human life, consisting of modifications in the social and moral order that were once highly valued, now seem to be eliminated. It is no longer only the influence that is felt among students but also makes them seem not to know their components so that the boundaries of being a student are ignored. The research problem of this thesis are: First, how is the influence of teacher professionalism on students’ learning achievement at SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Second, how is the influence of teacher professionalism on the formation of students’ etiquette at SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Third, how is the influence of teacher professionalism on learning achievement and the formation of students’ etiquette at SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. The research method in this study uses quantitative research. Data collection techniques in this study used questionnaires, interviews, and documentation. The data analysis technique used simple linear regression with SPSS analysis tool. The results of the study concluded that with the significance value between X (Teacher's Professionalism) to Y1 (Learning Achievement) 25.6% and the X (Teacher's Professionalism) to Y2 (Adab Establishment) 33.2%, there was no significant effect of the influence of professional teachers. on learning achievement and the formation of students' etiquette at SMA Muhammadiyah 4 Lamongan.

Keywords: Professional Teacher, Learning Achievement, Formation of Adab

 

Penelitian ini dilakukan karena dilatar belakangi dengan adanya Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin matang dan menyebabkan berbagai penyesuaian dalam kehidupan manusia, terdiri dari modifikasi dalam tatanan sosial dan moral yang dulunya sangat dihargai, kini seolah-olah dihilangkan. Tidak lagi hanya pengaruh yang dirasakan di kalangan pelajar namun juga membuat mereka seolah-olah tidak mengetahui komponen dirinya sehingga batasan-batasan menjadi seorang pelajar terabaikan. Rumusan masalah dari penelitian tesis ini adalah: Pertama, Bagaimana Pengaruh Prosesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Kedua, Bagaimana Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Pembentukan Adab siswa di SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Ketiga, Bagaimana Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Dan Pembentukan Adab Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier Sederhana dengan alat analisis SPSS. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa dengan nilai Signifikasi antara X (Profesionalisme guru terhadap Y1 (Prestasi Belajar) 25,6% dan nilai X (Prefesionalisme Guru) terhadap Y2 (Pembentukan Adab) 33,2 %, tidak ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh guru profesional terhadap prestasi belajar dan pembentukan adab siswa di SMA Muhammadiyah 4 Lamongan.

Kata Kunci : Guru Profesional, Prestasi Belajar, Pembentukan Adab

Referensi

Ananda, Rusydi. Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan (Telaah Terhadap Pendidik Dan Tenaga Kependidikan). medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (Lpppi), 2018.

Sanad, Analisis, D A N Matan, and Akhmad Baihaqi. “ADAB PESERTA DIDIK TERHADAP GURU DALAM TINJAUAN HADITS (ANALISIS SANAD DAN MATAN).†Tarbiyatuna 9, no. 1 (2018): 62–81. https://journal.unimma.ac.id/index.php/tarbiyatuna/article/view/2420.

Shafwan, Muhammad Hambal. “ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.†Studia religia 5, no. 2 (n.d.): 318–327. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/10237/pdf.

———. “HADITH EDUCATION IN FORMING CHARACTER OF EARLY CHILDHOOD.†Studia religia 4, no. 1 (n.d.): 01–11. https://core.ac.uk/download/pdf/327263797.pdf.

———. “PENDIDIKAN TAUHID DAN URGENSINYA BAGI KEHIDUPAN MUSLIM.†Tadarus 9, no. 1 (n.d.): 22–38. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/5462.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sya’bani, M. Ahyan Yusuf. Profesi Keguruan Menjadi Guru Yang Relegius Dan Bermartabat. Gresik: Caremedia Communication, 2018.

Tolchah, Moch. “Studi Perbandingan Pendidikan Akhlak Perspektif Al-GhazÄli Dan Al-Attas.†EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (2019): 79–106.

Tolchah, Moch, and Muhammad Arfan Mu’ammar. “Islamic Education in the Globalization Era; Challenges, Opportunities, and Contribution of Islamic Education in Indonesia.†Humanities and Social Sciences Reviews 7, no. 4 (2019): 1031–1037.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-05

Terbitan

Bagian

Artikel