Analisis Kecerdasan Intrapersonal Anak Disabilitas Di Tk Aisyiyah 33 Surabaya

Isi Artikel Utama

Shihiyah Zauhrita

Abstrak

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan untuk memahami dan mengendalikan diri dengan baik, sedangkan disabilitas merupakan ketidak sempurnaan seseorang dalam fisik, mental maupun intelektual yang menjadi hambatan bagi orang tersebut untuk melakukan interaksi sosial dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adlah untuk mengetahui tingkat kecerdasan intrapersonal anak disbilitas di TK Aisyiyah 33 Surabaya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah menganalisis kecerdasan intrapersonal anak disabilitas di TK Aisyiyah 33 surabaya. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menjabarkan hasil penelitian secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek data dari penelitian ini adalah staff pengajar dan siswa di TK Aisyiyah 33 dengan objek penelitian anak disabilitas di TK Aisyiyah 33. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Rara anak disabilitas di sekolah tersebut memiliki kecerdasan intrapersonal yang tinggi, terutama pada kemampuan mengontrol emosi dan kepercayaan diri. Hal ini deisebabkan oleh beberapa faktor yaitu lingkungan dan kemampuan dalam mengenali diri sendiri.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Asmani, J, M. (2015).Panduan Praktis ManajemenMutu Guru Paud. Yogyakarta: Diva Press.
  2. Jamine, J. (2007). Mengajar Dengan Metode Kecerdasan Majemuk Implementasi Multiple Intellegences, Bandung: Penerbit Nuansa.
  3. Maftuhin, Arif. (2017). Mengikat Makna diskriminasi: Penyandang Cacat, Difabel danPenyandang Disabilitas (Online). Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/318821497.November 30 2017. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
  4. Moleong, Lexy J. (2012).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  5. Mubasyaroh. (2015). Pendidikan Bagi Penyandang Disabilitas dan Anak Berkesulitan Belajar: Analisis Penanganan Berbasis Bimbingan Konseling Islam (Online). Retrieved from: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/1453.Desember 30 2017.Kudus: STAIN
  6. Putra & Dwilestari. (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rajawali Pers.
  7. Putranto, Bambang (2015). Tips Menangani Siswa yang Membutuhkan Perhatian Khusus. Yogyakarta: Diva Press
  8. Setyowati, H. (2014). Aku Anak Cerdas, Jakarta: Anggota IKAPI.
  9. Soefandi & Ahmad (2015).Strategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak, Jakarta: Bee Media.
  10. Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabetha.
  11. Yaumi, Muhammad. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegence. Jakarta: PT. Dian Rakyat.