Dampak Gudget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

Isi Artikel Utama

Yulsyofriend Yulsyofriend
Vivi Anggraini
Indra Yeni

Abstrak

ICT (Information and Communication Technologies) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Gudget adalah salah satu dari ICT yang sangat berperan penting terhadap perkembangan anak usia dini. Sesuai dengan tujuan utama pendidikan anak usia dini adalah untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini dengan memberikan stimulus-stimulus berupa kegiatan bermain yang menyenangkan dan mampu mengintegrasikan kemampuan anak usia dini secara optimal. Perkembangan Bahasa pada anak usia dini merupakan hal yang paling berfungsi dan berperan dalam kehidupan anak. Namun dengan adanya penggunaan gudged memiliki pengaruh terhadap keterampilan berbahasa anak yang mencakup dalam memperoleh keterampilan berbahasa, biasanya melalui suatu hubungan urutan yang teratur: pembiasaan pada masa kecil,  belajar menyimak/mendengarkan bahasa, kemudian berbicara, membaca, dan menulis.  Namun dengan menggunakan gudget berdampak terhadap keterlambatan dalam berbicara anak hal ini disebabkan karena gudget menghambat komunikasi langsung terhadap lingkungan sekitar.

Kata Kunci: Gudget, Perkembangan bahasa, dan Anak Usia Dini

ABSTRACT

Information and Communication Technologies (ICT) is a large of terminology that covers all technical equipment to process and convey information. Gudgets are one of the most important ICTs for early childhood development. In accordance with the main purpose of early childhood education is to develop all aspects of early childhood development by providing stimuli in the form of play activities that are able to integrate early childhood abilities optimally. Language development in early childhood is the most function and role in life. However, with the use of gudged has a major influence on children's language skills that include language. In acquiring language skills we usually go through a regular sequence relationship: first, in childhood, we learn to listen / listen to language, then speak, read, and write.

Keywords: Gudget, Language Development, and Early Childhood

Rincian Artikel

Referensi

  1. Bambang Yudi Cahyono and Utami Widiati. 2011. As teaching of a foreighn language in Indonesia. Malang.State University of making Press.
  2. Eva L. Essa . 2011. Early Childhood Education Sixth Edition (Wadsworth Cengage Learning: Univeristy Of Nevada).
  3. Morrisson. George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta:Indeks.
  4. Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung : Rosdakarya
  5. Mutiah. Diana. 2012. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  6. Papalia ,Diane E.. 2012. Perience Human Development (Mc Graw Hill: United States America.
  7. Reeta Sonawat dan Jasmine Maria Francis. 2017. Language Development for Preschool Children .Mumbai: Abhinav Enterprises.
  8. Widiawati dan Sugiman. 2014. Pengaruh penggunaan gudget terhadap daya kembang anak. Diakses darihttp://stmikglobal.ac.id/wpcontent/uploads /2014/05/ ARTIKELIIS.pdf pada tanggal 10 Desember 2016.