Upaya Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sikap Religius Siswa Di Masa Pandemi Di Ra Perwanida Pamekasan

Isi Artikel Utama

rasidi rasidi rasidi

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yakni: (1) Mendekripsikan tentang langkah strategis dalam mengembangkan sikap religius siswa dimasa pandemi di RA Perwanida Pamekasan. (2) Mendeskripsikan tentang implementasi pengembangan sikap religius siswa dimasa pandemi di RA Perwanida Pamekasan. (3) Mendeskripsikan tentang manfaat pengembangan sikap religius siswa dimasa pandemi di RA Perwanida Pamekasan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa. Prosedur pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, pengecekan, pengelompokan, dan memberi kode dalam pemaparan data dan melakukan verifikasi, sedangkan untuk mengecek keabsahan data, peneliti konsisten dalam pengamatan, terlibat langsung dilapangan, triangulasi dan terakhir analisis data. Hasil penelitian ini adalah Pertama, anak ketika masuk ke sekolah sudah terbiasa menyapa guru dengan mengucapkan kalimat salam islami. Kedua, sikap sopan dan perilaku siswa dihadapan guru. Ketiga, siswa mencium tangan guru ketika sampai di sekolah. Keempat, siswa dapat menghafal dan melafalkan surat-surat pendek atau asmaul husna sebelum pelajaran dimulai.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

rasidi rasidi rasidi, IAIN MADURA

Pendidikan Anak Usia Dini

Referensi

  1. Jurnal:
  2. Jannah Miftahul, (2019). Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di SDTQ AN NAJAH Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura, Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, No.1 Vol. 4, Juli-Desember
  3. Muhammad Akvin Syarifudin. dkk, (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keislaman Di Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 1 Tamansari Bogor, Jurnal Stai Al Hidayah Biogor.
  4. Angling Wisarsa Galih, (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan dan Pengetahuan Anak Buah Kapal Terhadap Alat Keselamatan Sekoci Guna Menghadapi Keadaan Darurat Di Mv. Dk 01.
  5. Atika Zuhrotus Sufiyana, (2015). Strategi Pengembangan Budaya Religius Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik, ARTIKEL, Malang.
  6. Fitri Rosa Rachmalia, (2020). Mengenali Penularan dan Cara Pencegahan Covid-19, Artikel, September.
  7. Navlia Khulaisie Rusdiana, (2019). Maeketing Of Islamic Education 4.0 Buku Wajib Bagi Para Marketer Pendidikan, Pamekasan: Duta Media Publishing.
  8. Novitasari Indah Devi, (2014). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keberanian Siswa Untuk Bertanya Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Naskah Publikasi.
  9. Rifqi Nuraisyatuljannah Annisa, (2016). Upaya Membentuk Sikap Religius Siswa Melalui Kegiatan Kerohanian Di SMPN 1 Imogiri.
  10. Rizkiani Nurana, (2018). Pendidikan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini Diraudhatul Athfal Bani Malik Kedung Paruk Kembaran Banyumas.
  11. Sa Lubis, (2017). artikel.
  12. Setiawan Dwi, (2018). Presuposisi Dalam Percakapan Antar Tokoh Novel Kembang Turi Karya Budi Sardjono, Artikel Penelitian.
  13. Wiwinda, (2016). Hubungan Pendidikan Agama Islam Dengan Tingkat Religiusitas, At-Ta’lim, No. 1 Vol.15.
  14. Buku:
  15. Samsu, (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development, (Jambi: Pusat Studi Agama Dan Kemasyarakatan (Pusaka).
  16. Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
  17. Abdul Majid, (2013). Strategi Pembelajaran, Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  18. Agustin Ary Ginanjar, (2003). Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan, Jakarta: ARGA.
  19. Harahap Nursapia, (2020). Penelitian Kualitatif, Sumatra Utara: Wal Ashri Publishing.
  20. Lexy J. Moleong, (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
  21. Harahap Nursapia, (2020). Penelitian Kualitatif, Sumatra Utara: Wal Ashri Publishing.
  22. Jalaluddin, (2012). Psikologi Agama, Jakarta: Pres.
  23. Bahri Saiful.Dkk , (2020). Pendidikan Pada Masa Wabah: Tantangan Baru Bagi Kepala Sekolah, Guru dan Orang Tua, Jakarta: Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan. Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  24. Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,Bandung: Alfabeta.
  25. Suparman, (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Guru, Uwais Inspirasi Indonesia.