Penerapan Pembelajaran Home Visit Terhadap Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Denpasar

Isi Artikel Utama

Lailatul Fadila

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengdeskripsikan penerapan pembelajaran home visit terhadap rasa percaya diri anak kelompok A di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Denpasar. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini secara deskriptif yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian yang didapat bahwa pembelajaran home visit dapat berpengaruh baik terhadap rasa percaya diri anak. Home visit merupakan kunjungan ke rumah siswa yang dilakukan untuk membantu permasalahan peserta didik, dimana home visit ini dilakukan untuk mencari tahu lebih lanjut informasi tentang peserta didik. Pembelajaran home visit bisa menjadi cara dalam memonitoring perkembangan anak pada saat di rumah akibatnya kegiatan anak serta peran orang tua dalam membimbing belajar anak di rumah dapat tercapai. Perlu diketahui bahwa dengan adanya kontak mata langsung antara guru dan anak akan membuat anak menjadi senang dan nyaman saat terjadinya pembelajaran serta membuat anak merasa lebih dihargai dan membuatnya berani dalam memberikan pendapat ataupun pertanyaan. Sehingga anak akan mudah menceritakan apapun dan perlahan rasa percaya diri tersebut akan tumbuh.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Lailatul Fadila, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Lailatul Fadila, S.Pd

Referensi

  1. Amalia, H. (2016). Implementasi Home Visit dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT al-Azhar Kediri. Didaktika Religia, 4(1), 77–106. https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i1.p77-106.2016
  2. Di, P. C.-, & Musi, M. I. N. (2021). Home visit method.
  3. Fauziddin, M., Pahlawan, U., Tambusai, T., Witarsa, R., Pahlawan, U., Tambusai, T., Pahrul, Y., Pahlawan, U., Tambusai, T., Dwi, F., Santana, T., Surya, D., Ulfah, M., Sari, D. A., Jakarta, U. M., Rinaldy, H., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (n.d.). No Title.
  4. Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
  5. Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pendidikan, F. I., & Padang, U. N. (2018). INCREASED CONFIDENCE IN CHILDREN THROUGH ROLE PLAYING ACTIVITIES IN RESTU IBU KINDERGARTEN PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI TAMAN KANAK-KANAK. 5(2), 47–60.
  6. Hermiyanty. (2017). Teori tentang Kunjungan Rumah. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58.
  7. Karmiyanti, R., D S, A. C., & Purwadi, P. (2019). Analisis Home Visit Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba 28 Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 163–172. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i1.4045
  8. Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 719. (2020). Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus. Pemerintah Indonesia, 1–9. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/kompetensi-inti-kompetensi-dasar-pada-kurikulum-2013-pada-paud-dikdas-dan-dikmen-berbentuk-sekolah-menengah-atas-untuk-kondisi-khusus/
  9. Madrisah, Ahmad, A., & Fauzia, S. N. (2020). Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain Peran Makro di PAUD Bungong Tanjung Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(2), 12.
  10. Muamar Al Qadri, S. W. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring di Masa Pandemi COVID-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas VIII MTS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(1), 61–71. https://doi.org/10.51178/ce.v2i1.187
  11. Rahman, M. M. (2013). KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA DINI A . Pendahuluan Pendidikan anak usia dini telah banyak berkembang di masyarakat , baik yang ditumbuhkembangkan oleh instansi pemerintah maupun oleh masyarakat . Misalnya , Bina Keluarga Balita yang dikembangkan oleh BK. Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 1–16.
  12. Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. 1(1), 1–3.
  13. Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(September), 133–140. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/3394
  14. Yaqien, N. (2008). ESENSIALITAS HOME VISIT DALAM PENDIDIKAN (Vol. 1, Issue 1).