E-Book Interaktif Menggambar Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)

Isi Artikel Utama

Julaikah - Julaikah
Martadi Martadi
Warih Handayaningrum

Abstrak

Kemajuan pendidikan era 4.0 menjadikan penggunaan teknologi sebagai sarana terpenting dalam mendukung proses pembelajaran terutama pada penggunaan bahan ajar ebook. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses pengembangan bahan ajar, mendeskripsikan kualitas pengembangan bahan ajar dan mendeskripsikan keefektifan bahan ajar ebook yang dikembangkan. Prosedur penelitian ini menggunakan Model ADDIE untuk menggambarkan pendekatan secara sistematis dalam pengembangan produk yang di kembangkan berupa bahan ajar ebook interaktif. Validitas ebook di ukur berdasarkan 3 komponen yakni berdasarkan ahli materi, ahli bahasa dan ahli kegrafikaan dengan hasil sangat layak. Kepraktisan ebook berdasarkan keterbacaan dan keefektifan ebook di ukur melalui peningkatan hasil belajar siswa respon peserta didik dan guru sebagai objek uji coba dengan hasil baik. Keefektifan berdasarkan respon dan reaksi siswa dalam proses pembelajaran minimal baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ebook interaktif menggambar untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas VII SMP yang valid, praktis dan efektif.

Kata kunci: pengembangan, ebook interaktif,  kemampuan berpikir tingkat tinggi

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Julaikah - Julaikah, Universitas Negeri Surabaya

-

Referensi

  1. Akpan (2017). Cell Phone as an Effective Learning Resource. Journal of Education,Society and Behavioural Science Vol. 22 No. 4. Hal 1-8. Diakses dari https://www.journaljesbs.com/index.php/JESBS/article/view/16110.
  2. Ariyana, & et.al. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  3. Cahyadi (2019) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model
  4. Eko Purnomo. Deden Haerudin, B. R. (2017). Seni Budaya. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
  5. Maila Sari, d. (2021). Pengembangan bahan ajar e-book interaktif berbantuan 3D pageflip Professional Pada Materi Aritmetika Sosial. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/490
  6. Rosida.( 2017). efektivitas penggunaan bahan ajar E-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Di akses dalam http://jurnal.fkip.unila.ac.id
  7. Zamroni, B. R. (2019). Buku Pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .