Upaya Penerapan Penilaian Pembelajaran Daring Melalui Kegiatan Zoom Meeting

Isi Artikel Utama

Fadillah Tus Sholihah
Farah Fauzia Rosyida
Islamiyah Nur Fadhillah
Luthfiyah Zahrotun Thoyyibah
Mega Putri Pangestika
Putri Chusnul Indrawati
Sikhatul Afiyah
Aminatur Roisa
Erika Laila Rosyida
Nur Saida

Abstrak

Dalam proses pembelajaran yang mendasari bagaimana terjadinya evaluasi terhadap berjalannya suatu proses pembelajaran merupakan hasil dari adanya penilaian. karena penilaian merupakan proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan belajar anak, yang dalam artian lain penilaian pembelajaran merupakan suatu rekapan atau pengumpulan informasi dan data tentang sebuah hasil/capaian pembelajaran peserta didik. Perlu di lakukannya penilaian yang berupa pengamatan yang di lakukan oleh seorang pendidik atau guru, karena pada dasarnya selain guru memfasilitasi dalam proses berjalannya pengajaran peserta didik, guru juga perlu melakukan pengamatan yang di mana dalam hal tersebut guru mengamati hal – hal apa saja yang sudah di ketahui anak, apa yang sudah bisa di lakukan anak dalam segi kebiasaan atau tindakan dari sebuah perintah. Akan tetapi, dalam hal ini bukan suatu hal yang harus di lakukan hanya pembelajaran secara tatap muka saja, Proses berjalannya pembelajaran secara daring juga perlu adanya penilaian yang di mana sebagai acuan untuk guru dalam mengamati setiap peserta didiknya. Untuk itu, perlu adanya pemahaman bagi guru terkait upaya dalam menerapkan penilaian pembelajaran yang terjalin secara daring dengan menggunakan sebuah perangkat yang dapat membantu bahkan memudahkan untuk kelancaran proses pembelajaran secara daring yang salah satunya perangkat lunak seperti Zoom

Rincian Artikel

Referensi

  1. Afrilia, D. (2021, December). Strategi Guru
  2. Dalam Melaksanakan Penilaian
  3. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19
  4. Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. In Prosiding
  5. Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1) Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran
  6. Berdasarkan Kurikulum Nasional
  7. Gazali Far-Fa, 2021,“Efektifitas Penggunaan
  8. Aplikasi Zoom Meeting Dalam
  9. Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19†,
  10. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah,
  11. Vol.,17 Kumar, V., & Nanda, P. 2019. Social Media
  12. on Higher Education: A Framework for
  13. Continuous Engagement. Internasional
  14. Jurnal of Information and Communiation
  15. Technologi Education, 15(1): 109-120 Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020).
  16. Kompetensi Pedagogik Guru dalam
  17. Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak
  18. Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan
  19. Anak Usia Dini, 4(2), 900-91