Upaya Penerapan Penilaian Pembelajaran Daring Melalui Kegiatan Zoom Meeting

Fadillah Tus Sholihah, Farah Fauzia Rosyida, Islamiyah Nur Fadhillah, Luthfiyah Zahrotun Thoyyibah, Mega Putri Pangestika, Putri Chusnul Indrawati, Sikhatul Afiyah, Aminatur Roisa, Erika Laila Rosyida, Nur Saida

Sari

Dalam proses pembelajaran yang mendasari bagaimana terjadinya evaluasi terhadap berjalannya suatu proses pembelajaran merupakan hasil dari adanya penilaian. karena penilaian merupakan proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan belajar anak, yang dalam artian lain penilaian pembelajaran merupakan suatu rekapan atau pengumpulan informasi dan data tentang sebuah hasil/capaian pembelajaran peserta didik. Perlu di lakukannya penilaian yang berupa pengamatan yang di lakukan oleh seorang pendidik atau guru, karena pada dasarnya selain guru memfasilitasi dalam proses berjalannya pengajaran peserta didik, guru juga perlu melakukan pengamatan yang di mana dalam hal tersebut guru mengamati hal – hal apa saja yang sudah di ketahui anak, apa yang sudah bisa di lakukan anak dalam segi kebiasaan atau tindakan dari sebuah perintah. Akan tetapi, dalam hal ini bukan suatu hal yang harus di lakukan hanya pembelajaran secara tatap muka saja, Proses berjalannya pembelajaran secara daring juga perlu adanya penilaian yang di mana sebagai acuan untuk guru dalam mengamati setiap peserta didiknya. Untuk itu, perlu adanya pemahaman bagi guru terkait upaya dalam menerapkan penilaian pembelajaran yang terjalin secara daring dengan menggunakan sebuah perangkat yang dapat membantu bahkan memudahkan untuk kelancaran proses pembelajaran secara daring yang salah satunya perangkat lunak seperti Zoom

Referensi

Afrilia, D. (2021, December). Strategi Guru

Dalam Melaksanakan Penilaian

Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19

Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. In Prosiding

Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1) Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran

Berdasarkan Kurikulum Nasional

Gazali Far-Fa, 2021,“Efektifitas Penggunaan

Aplikasi Zoom Meeting Dalam

Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19” ,

ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah,

Vol.,17 Kumar, V., & Nanda, P. 2019. Social Media

on Higher Education: A Framework for

Continuous Engagement. Internasional

Jurnal of Information and Communiation

Technologi Education, 15(1): 109-120 Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020).

Kompetensi Pedagogik Guru dalam

Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak

Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan

Anak Usia Dini, 4(2), 900-91


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v9i1.12062

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.