Rancang Bangun Aplikasi Guru Les Privat Berbasis Android

Isi Artikel Utama

Moehammad Khoyron
Triuli Novianti

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita. Bangsa Indonesia sendiri sadar akan pentingnya pendidikan sehingga mencantumkannya dalam alinea ke-3 UUD 1945 dan diimplementasikan pada UU No. 2 tahun 1989. Banyak aplikasi - aplikasi guru les private contohnya aplikasi Ruang guru dan aplikasi - aplikasi penelitian yang serupa. Tapi kebanyakan dari aplikasi - aplikasi tersebut berbasis desktop web. Sedangkan pada akhir - akhir tahun ini perkembangan industri online media web telah diungguli oleh media berbasis mobile App. Oleh karena itu, penelitian ini membuat Aplikasi guru les privat berbasis android yang membantu orangtua mencari dan memberikan pendidikan nonformal yaitu berupa les privat untuk anaknya dengan lebih mudah. Dengan mencari guru les privat dari aplikasi ini bisa memudahkan para orang tua untuk mencari guru privat untuk anaknya dengan cara yang lebih selektif dengan memilih guru les private yang fokus pada suatu kompetensi atau pelajaran. Aplikasi guru les privat berbasis android berhasil berjalan di perangkat Android Api Level: 17. Android 4.2 ( JELLY_BEAN_MR1 ) keatas yang membantu guru-guru les privat untuk memposting jasa les privatnya dengan mudah dan menambah peluang kerja sebagai guru les privat serta orang tua dapat dengan mudah memesan jasa les privat yang sesuai degan pelajaran yang dibutuhkan anaknya.

Kata kunci : Aplikasi, Guru Les Privat, Android.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Angga Kurnia Putra, Rudy Dwi Nyoto, Helen Sasty Pratiwi (2017). Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Penyedia Jasa Les Private di Kota Pontianak Berbasis Web. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) Vol.2, No. 1
  2. Setiyawati, Yenita Dwi, Isnanto, R.Rizal Martono, Kurniawan Teguh. (2016). Pembuatan Aplikasi Antar-Jemput Laundry Berbasis Web Service pada Platform Android. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer Volume 4, Nomor 1.
  3. Dwi Ratnasari, Dindari Bela Qur’ani, Apriani Apriani. (2018). Sistem Informasi Pencarian Tempat Kos Berbasis Android. Jurnal Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 3, No 1.