Sistem Informasi Perpustakaan (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surabaya)

Isi Artikel Utama

Heru Purwanto
Erie Kresna Andana
Triuli Novianti

Abstrak

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surabaya mengoleksi berbagai Laporan tentang Perkuliahan mahasiswa seperti laporan kerja praktek, laporan kuliah kerja lapangan, proposal laporan akhir, dan laporan akhir. Perpustakan ini masih mengunakan sistem pencatatan manual yang mengunakan media buku untuk mencatat absensi pengunjung perpustakaan. Sistem yang akan dibuat yaitu sebuah sistem pencatatan pengunjung perpustakaan yang terintegrasi dengan Barcode Scaner. Dengan menggunakan barcode yang terdapat pada kartu mahasiswa yang hendak melakukan kunjungan ke perpustakaan dengan cara melakukan scaning kartu mahasiswa. Setelah proses tersebut selesai, scanner barcode akan mengirimkan data yang di scaning kemudian data masuk ke dalam database. Data yang berada dalam database akan di visualkan oleh program berbasis desktop dengam mengunakan Bahasa pemograman Visual basic yang menampilkan data kunjungan, peminjaman buku, pengembalian buku. admin perpustakan hanya mengawasi dan memeriksa aktivitas pengunjung saja. Hasil dari Tugas Akhir ini adalah sistem informasi perpustakaan menggunakan Visual Basic 6.0 yang mencakup data pendaftaran anggota, kunjungan anggota, peminjaman buku, pengembalian buku, penginputan buku, arsip surat masuk, dan arsip surat keluar.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Perpustakaan, Visual Basic

Rincian Artikel

Referensi

  1. A. S. Saragih, Sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis visual basic di smk muhammadiyah 2 moyudan, Yogyakarta, 2017.
  2. D. Afriani, Perancangan sistem informasi perpustakaan di SMK Kartini Batam, batam, 2017.
  3. J. A. W. Indra Kanedi, Tata Kelola Perpustakaan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual basic 6., 2013, p. 50.
  4. A. Y. MAHMUDY, APLIKASI informasi perpustakaan sekolah di smp negeri 4 sawoo ponorogo menggunakan microsoft visual basic 6. 0, ponorogo, 2014.
  5. J. Kuswidiardi, Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Microsoft Visual Basic Dengan Dtabase SQL Server 2000 Di Perpustakaan SMK YPKK 1 Sleman, Yogyakarta, 2015.
  6. A. Suci Indah Yaseva, perancangan sistem informasi peminjaman dan pengembalian buku dengan bahasa pemrograman visual basic 6.0 pada kantor perpustakaan, arsip, dan dokumentasi kota padang panjang, Padang, 2014.