Rancang Bangun Pembersih Kotoran Kandang Ayam Berdasarkan Berat Berbasis Arduino UNO R3

Isi Artikel Utama

Badrul Qamar
Winarno Winarno
Muhammad Rizal Arief

Abstrak

Proses pembersihan kotoran pada kandang ayam seringkali dilakukan secara manual oleh peternak ayam dengan waktu yang tidak tentu. Peternak harus membuang dan membersihkan kotoran tersebut secara langsung dengan menggunakan tangannya. Proses ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama. Pada alat ini dibuat sistem dengan ketentuan beban pada papan penampung kotoran untuk membersihkan kandang ayam. Pembersihan kotoran kandang ayam berdasarkan berat ini menggunakan alat mekanik yang dikontrol oleh peralatan elektronik. Sistem Pembersih Kotoran Kandang Ayam Berdasarkan Berat Berbasis Arduino Uno R3 ini merupakan alat kontrol yang mampu membersihkan kotoran ayam berdasarkan berat, apabila beban pada papan pemampung kotoran mencapai 1kg dan lebih dari 1kg maka sistem akan bekerja. Kemudian setelah kandang bersih sistem akan mengirim notivikasi berupa SMS kepada pemilik. Berdasarkan hasil pengujian tegangan pada sistem, saat sistem tidak bekerja dengan nilai tegangan rata rata 3,88 Volt, apabila saat sistem bekerja dengan nilai tegangan rata rata 3,85 Volt. Dengan nilai tegangan rata rata masuk pada power suply 4,83 Volt dan nilai tegangan rata rata keluar pada power suply 4 Volt.

Kata Kunci : Pembersih kotoran, kotoran ayam, pengujian tegangan

Rincian Artikel

Referensi

  1. E. D. Widianto, M. Khasanah, A. B. Prasetijo, and R Septiana Sistem Otomatisasi Pembersih Kotoran dan Pengaturan Suhu Kandang Kelinci Berbasis Arduino Mega 2560 Vol.13, No. 3, Desember, 20017, Hal. 133 -138.
  2. B. F Rahmat, D. Fatihana, R. Hadiarto, and Dr.Ir. N. C. Basjaruddin, M.T “Industrial Research Workshop and National Seminar†Sistem Pembersih Kotoran Kandang Ayam Otomatis Berbasis Mikrokontroler.
  3. A. W. Pratama, M. Sarwoko and A. N. Jati, Implementasi Sistem Kendali Perkandangan Ayam Petelur (Pembersih Kandang Berbasis Mikro Dan Sms) Tugas Akhir Telkom University, 2012.
  4. Sutikno, S. Ariyani, and M. A. Auliq Rancang Bangun Sistem Pembersih Kandang Ayam Petelur Secara Otomatis Berbasis Arduino Uno R3 dan Monitoring Counter Telur Via Android.
  5. P. M. N.Manege, E. K. Allo, and Bahrun Rancang Bangun Timbangan Digital Dengan Kapasitas 20Kg Berbasis Microcontroller ATMega 8535 Vol. 6, No. 1, 2017, Hal 57 – 62.
  6. K. Erwansyah, Herriyance, and H. Winata Rancang Bangun Alat Pengaman Kandang Sapi Menggunakan Sensor LDR Berbasis Mikrokontroler Vol. 15, No. 3, September 2016 Hal. 117 – 128.
  7. F. I. Pasaribu, and Zulfikar Rancang Bangun Sistem Kontrol Buka Tutup Valve Pada Proses Pemanasan Air Jaket Vol. 1, No. 1, Juli 2018, Hal. 1 – 9.