Isi Artikel Utama

Abstrak

Siswa yang mendapat beasiswa telah memiliki niat untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Keinginan yang besar yang di fasilitasi oleh Yayasan Martin de Porres untuk dapat membantu siswa meraih setiap mimpi mereka. Namun terdapat kendala yang tidak dapat dipungkiri bahwa siswa tidak mudah beradaptasi dengan pola Pendidikan dan karakter yang dibutuhkan agar menjadi siswa yang berprestasi. Metode yang dilakukan adalah pengumpulan data, observasi, membuat program, melaksanakan program serta melakukan evaluasi dari program yang telah dilaksanakan.Setelah program dijalankan selama 6 bulan ternyata belum didapatkan hasil yang signifikan untuk memperoleh karakter servant leadership. Para penerima beasiswa Yayasan Martin de Porres masih berkutat pada pencapaian self leadership yaitu pada disiplin. Sedangan kemajuan yang didapat adalah pengalaman berorganisasi dan penyelesaian masalah dalam kelompok, Untuk menekankan kedisiplinan perlu diberikan metode reward and punishment sehingga dapat menekan ketidakteraturan. Untuk rekomendasi kedepan, diperlukan adanya konsistensi para pendamping kegiatan sehingga dapat memberikan masukan atau solusi yang kurang lebih sama. Pendampingan minimal dilakukan 3 semester berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang diinginkan oleh Yayasan Martin de Porres.

Kata Kunci

pendampingan penerima beasiswa servant leadership

Rincian Artikel

Referensi

  1. Aly, A. (2017). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN KARAKTER BERBASIS SOFT SKILLS DI PERGURUAN TINGGI. Ishraqi, 1(1), 18–30. https://doi.org/10.23917/ishraqi.v1i1.2926
  2. Games Indoor-Outdoor Paling Gress & Trik Modifikasi - Google Books. (n.d.). Retrieved June 2, 2021, from https://www.google.co.id/books/edition/Games_Indoor_Outdoor_Paling_Gress_Trik_M/hcknDAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=dinamika+kelompok&printsec=frontcover
  3. Indahari, N. A., Ridfah, A., & Kurniawan, W. (2021). SELF LEADERSHIP PADA REMAJA BUGIS - MAKASSAR: PENDEKATAN PSIKOLOGI INDIGENOUS. Jurnal Psikologi TALENTA, 6(2), 87. https://doi.org/10.26858/talenta.v6i2.19860
  4. Ivantoro, D., & Barus, G. (2017). PENINGKATAN KARAKTER SELF LEADERSHIP MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN PENDEKATAN EXPERIENTIAL LEARNING (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas VIII A SMP BOPKRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016). In PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING 2017 (Vol. 0, Issue 0). www.bkkbn.go.id
  5. Kepemimpinan yang Melayani (Servant Leadership) Sebagai Gaya Kepemimpinan Kekinian. (n.d.). Retrieved December 12, 2021, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13049/Kepemimpinan-yang-Melayani-Servant-Leadership-Sebagai-Gaya-Kepemimpinan-Kekinian.html
  6. Pradana, Y. (2016). PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI BUDAYA SEKOLAH (Studi Deskriptif di SD Amaliah Ciawi Bogor). Untirta Civic Education Journal, 1(1), 55–67. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/UCEJ/article/view/1330
  7. Self-Leadership: How to Become a More Successful, Efficient, and Effective ... - Google Books. (n.d.). Retrieved June 2, 2021, from https://www.google.co.id/books/edition/Self_Leadership_How_to_Become_a_More_Suc/pUsxOmhIdGQC?hl=en&gbpv=1&dq=self+leadership&printsec=frontcover
  8. Tangkuman, K., Tewal, B., & Trang, I. (2015). PENILAIAN KINERJA, REWARD, DAN PUNISHMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) CABANG PEMASARAN SULUTTENGGO. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2). https://doi.org/10.35794/EMBA.3.2.2015.9245
  9. The 7 Habits of Highly Effective Teens - Google Books. (n.d.). Retrieved June 2, 2021, from https://www.google.co.id/books/edition/The_7_Habits_of_Highly_Effective_Teens/U4CmAwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=7+habits+of+highly+effective+teenagers&printsec=frontcover
  10. TRANSFOR-MOTION - Google Books. (n.d.). Retrieved June 2, 2021, from https://www.google.co.id/books/edition/TRANSFOR_MOTION/axD5DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=kepemimpinan+pribadi&printsec=frontcover
  11. Winarto, P., & Rudi darmoko. (2021). SERVANT LEADERSHIP, Tips dan Inspirasi Untuk Menjadi Pelayan Yang Memimpin. 175. https://play.google.com/books/reader?id=vGcREAAAQBAJ&pg=GBS.PA31&hl=id