Isi Artikel Utama

Abstrak

Komoditi jambu air yang di budidayakan oleh masyarakat Desa Pulau Semambu saat ini belum mampu memberikan kontribusi pendapatan bagi masyarakat, padahal peluang pasar yang ada saat ini cukup besar, oleh sebab itu perlu dilakukan pendampingan pada masyarakat melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat  (PPM) di Desa Pulau Semambu.  Pengembangan inovasi masyarakat melalui pembentukan eco farmhouse merupakan rancangan program  pengembangan talenta inovasi masyarakat Desa Pulau Semambu melalui diversifikasi nilai tambah komoditi jambu air. Diversifikasi yang dimaksud merupakan konsep inovasi nilai tambah produk olahan dari komoditi jambu air menjadi beberapa produk yang bernilai tambah seperti kerupuk jambu air, permen jely jambu air dan syrup jambu air. Dengan adanya pengembangan melalui diversifikasi produk ini diharapkan mampu menjadi produk khas Desa Pulau Semambu yang bernilai ekonomis lebih tinggi dengan output akhir mampu menggerakan perekonomian dan UMKM desa sehingga akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat telah dilakukan dalam bentuk sosialisasi, Pemberian bantuan Peralatan, pelatihan cara pembuatan produk hasil olahan serta pembentukan kelompok usaha olahan jambu air. Kegiatan sosialisasi telah dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang kegiatan PPM yang diberikan serta tahapan ekgiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan Pemberian bantuan eralatan telah dilaksanakan dala kegiatan PPM merupa bantuan peralatan dan bahan baku pembuatan sirup dan permen jelly jambu air.  Kegiatan pelaksanaan PPM telah dilakukan dengan demonstrasi cara pembuatan produk sirup jambu air dan permen jelly jambu air, dari awal proses pengolahan hingga pengemasan produk. Pembentukan kelompok usaha telah dilakukan oleh kepala Desa, dengan harapan kegiatan dapat berlanjut dan dapat menjadi usaha yang erkembang di Desa Pulau Semambu.

Kata Kunci

diversifikasi produk eco farmhouse jambu air nilai tambah pengabdian pada masyarakat

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Nurilla Elysa Putri, Universitas Sriwijaya

Dosen Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian

Referensi

  1. Agus Sifa’, M., Ummah, S.E.N., and Amalia (2022) ‘Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengemasan dan Pemasaran Produk Lokal (Jambu Mete dan Kawis) Desa Sembungin Kecamatan Bancar’, ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), pp. 1–11. Available at: https://doi.org/10.34306/adimas.v2i2.526.
  2. Asih, L.A., Saputri, L.M. and Tri, S.A. (2021) ‘PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA ALASOMBO MELALUI PEMBUATAN SIRUP JAMBU METE GUNA MEWUJUDKAN KEMANDIRIAN PANGAN’.
  3. Handayani, T. (2014) ‘Pembuatan Permen Jelly Dari Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium Guajava L.)’.
  4. Helilusiatiningsih, N. et al. (2021) ‘Mentoring dan Sosialisasi Teknologi Pengemasan Olahan Nanas di Desa Babadan Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri’, Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), p. 75. Available at: https://doi.org/10.32503/cendekia.v3i2.1978.
  5. MUIZZU, M.R. (2019) PEMBUATAN PERMEN JELLY DENGAN VARIASI KONSENTRASI SARI BUAH BIT DAN BUAH JAMBU BIJI TERHADAP PENAMBAHAN GELATIN. PhD Thesis. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.
  6. Rizal, M. (2015) ‘Kajian pengolahan hasil buah salak serta analisis usaha taninya di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur’, in. Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia. Available at: https://doi.org/10.13057/psnmbi/m010548.
  7. Roessali, W., Sasmoko, P. and Darwanto, . (2017) ‘Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengolahan Jambu Merah Delima (Syzygium semarangense) di Kabupaten Demak’, Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), p. 123. Available at: https://doi.org/10.29244/agrokreatif.3.2.123-128.
  8. Sihombing, E.S. (no date) ‘DURING STORAGE WITH INCREASING THE CHITOSAN’.
  9. Syakur, U.M. and Hakim, A. (2020) ‘ANALISIS PENGEMBANGAN USAHA PRODUK UNGGULAN DAERAH Studi Kasus OVOP Jambu Biji Merah (Psidium Guajava) Kelompok Tani Audisi Miskin Merdeka Depok’, JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH, 1(1), pp. 49–71. Available at: https://doi.org/10.46899/jeps.v1i1.135.
  10. Utami, R.H. et al. (2020) ‘PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PRODUK JAMBU DIDESA SIDOMULYO DEMAK’, in Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, pp. 34–39.