Isi Artikel Utama

Abstrak

Pada era disrupsi, masyarakat pesisir mempunyai berbagai tantangan ke depan yang membutuhkan skill yang adaptif. Untuk itu diperlukan pemahaman ketenagakerjaan dengan berbagai view guna mengafirmasi tantangan tersebut. Politeknik Ketenagakerjaan sebagai stakeholder ketenagakerjaan yang salah satu orientasinya adalah penyerapan tenaga kerja melalui upgrading skill lewat pendidikan vokasional, melakukan pengabdian kepada masyarakat berupa sosialisasi ketenagakerjaan dengan diseminasi, focus group discusion, dan sosialisasi rekrutmen mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat pesisir terkait potensi ketenagakerjaan, dilakukan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Hasil pengabdian di Pulau Pari Kepulauan Seribu ini menunjukkan antusiasme masyarakat mengikuti sosialisasi, dan motivasi yang baik dalam meningkatkan kompetensi dan pemahaman terkait isu-isu seputar ketenagakerjaan.

Kata Kunci

masyarakat pesisir politeknik ketenagakerjaan pulau pari kepulauan seribu sosialisasi ketenagakerjaan

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Moch Aly Taufiq, Politeknik Ketenagakerjaan

Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia

Don Gusti Rao, Politeknik Ketenagakerjaan

Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia

Tuti Ningrum, Politeknik Ketenagakerjaan

Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia

Izhatullaili Izhatullaili, Politeknik Ketenagakerjaan

Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia

Referensi

  1. Badan Pusat Statistik. 2019. Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dalam Angka. Badan Pusat Statistik Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.
  2. Badan Pusat Statistik. 2021. Survey Angkatan Kerja Nasional. Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.
  3. Harsono, Yhonanda, dkk. 2021. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (Sdm) Nelayan Melalui Manajemen Sdm Yang Tertata, Terkoordinasi Dan Memanfaatkan Wisata Pada Kelurahan Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Jurnal Dedikasi PKM Program Studi Manajemen Universitas Pamulang. Vol 2 (1). H 100-106.
  4. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 297 Tahun 2020 tentang Penetapan Jenjang Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. (KKNI MSDM 2020).
  5. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 149 Tahun 2020 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Jasa Profesional, Ilmiah, dan Teknis Golongan Pokok Aktivitas Kantor Pusat dan Konsultasi Manajemen Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. (SKKNI MSDM 2020).
  6. Nurita, Endang dkk. 2021. Pemasaran OnlineSebagai Solusi dalam Meningkatkan Keuangan Penjualan di Masa Pandemik pada Nelayan di Kelurahan Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Jurnal Dedikasi PKM Program Studi Manajemen Universitas Pamulang. Vol 2 (1). H 113-117.
  7. Rao, Don Gusti. 2021. Resiliensi Nasional; Dinamika SDM Angkatan Kerja di Masa Pandemi. Paper & slide presentasi pada Ngopidaring Nasional II Prodi MSDM, tidak dipublikasikan. Jakarta: Prodi MSDM Politeknik Ketenagakerjaan.
  8. Sinambela, Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Bumi Aksara.
  9. Situs web BSU Kemnaker http://bsu.kemnaker.go.id/
  10. Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
  11. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi.