PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA FASE D

Chory Asih (1), Chandra Adi Prabowo (2), Evelyn Ekowati (3)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:25:"Universitas Sebelas Maret";}, Indonesia,
(2) Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
(3) SMP Negeri 2 Jaten, Indonesia

Abstrak

Pendidikan abad 21 menekankan pada kegiatan yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajarnya. Hasil observasi yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa rata-rata indikator keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA tergolong rendah, yaitu sebesar 46,65%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 2 Jaten yang berjumlah 32 orang. Data diperoleh dari hasil observasi, pengisian kuesioner dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian, yaitu peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan presentase 80% atau tergolong aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik meningkat dari 65,279% (baik) pada siklus I menjadi 85,378% (sangat baik) pada siklus II. Penerapan Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPA Fase D dengan tercapainya persentase lebih dari 80% pada siklus II

Referensi

Read More

Penulis

Chory Asih
choryasih2000@gmail.com (Kontak utama)
Chandra Adi Prabowo
Evelyn Ekowati

Rincian Artikel

No Related Submission Found