Pengaruh Strategi Diferensiasi Dan Hargaterhadap Keunggulan Bersaing Elzatta Royal Plaza Surabaya

Authors

  • Muhammad Anang Firmansyah Faculty of Economics and Business, Muhammadiyah University,Surabaya Indonesia
  • Budi Wahyu Mahardhika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ani Susanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v16i2.3138

Abstract

ABSTRACT 

The research objective was to determine the effect of differentiation strategies and prices on the competitive advantage of Elzatta Royal Plaza Surabaya. The research method used in this study is a quantitative descriptive research method using questionnaire techniques in data collection. The population in this study were all visitors who came and bought Elzatta products at the Royal Plaza Surabaya. The number of samples is 100 respondents. Data processed using the SPSS program. The results of hypothesis testing, based on the F test conducted can be seen that differentiation strategies and prices simultaneously influence competitive advantage. The results of the t test in this study indicate that the strategy of product differentiation, service quality, and price has a partial effect on competitive advantage. Whereas, image differentiation strategies and distribution channel differentiation strategies have no effect on competitive advantage. Product differentiation strategy is the most dominant variable influencing competitive advantage.

Keywords                   : Differentiation Strategy, Price, Competitive Advantage

Correspondence to       : anangfirmansyah.61@gmail.com

 

ABSTRAK 

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh strategi diferensiasi dan harga terhadap keunggulan kompetitif Elzatta Royal Plaza Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik angket dalam pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung yang datang dan membeli produk Elzatta di Royal Plaza Surabaya. Jumlah sampel adalah 100 responden. Data diproses menggunakan program SPSS. Hasil pengujian hipotesis, berdasarkan uji F yang dilakukan dapat diketahui bahwa strategi diferensiasi dan harga secara simultan mempengaruhi keunggulan kompetitif. Hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi diferensiasi produk, kualitas layanan, dan harga memiliki pengaruh parsial terhadap keunggulan kompetitif. Sedangkan, strategi diferensiasi gambar dan strategi diferensiasi saluran distribusi tidak berpengaruh pada keunggulan kompetitif. Strategi diferensiasi produk adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi keunggulan kompetitif. 

Kata kunci                  : Strategi Diferensiasi, Harga, Keunggulan bersaing

Korespondensi             : anangfirmansyah.61@gmail.com

Author Biographies

Muhammad Anang Firmansyah, Faculty of Economics and Business, Muhammadiyah University,Surabaya Indonesia

Manajemen

Budi Wahyu Mahardhika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya

Manajemen

Ani Susanti, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surabaya

Manajemen

References

Ambarwati Sri Dwi Ari (2003) Upaya Membangun Brand Image dan Brand Equity Melalui Kegiatan Periklanan Yang Efektif Jurnal Ekonomi, 10 (2).

Ayuningtyas Locana Dewi (2015) Pengaruh Harga, Promosi, Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Elzatta Di Royal Plaza Surabaya [Jurnal]. – Surabaya Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 3(2).

Dirgantoro Crown (2010) Manajemen Strategik Konsep, Kasus, dan Implementasi Jakarta : Grasindo.

Fatihudin Didin (2012) Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi Manajemen, dan Akuntansi Dari Teori Ke Praktek Surabaya : PPs UMSurabaya.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2018). Pengantar Manajemen. Deepublish.

Firmansyah, M. A., & Fatihudin, D. (2017). Globalisasi Pemasaran (Marketing Globalization). Deepublish.

Firmansyah, M. A., & SE, M. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, M. A., SE, M., Andrianto, S. E., & Ak, M. (2019). KEWIRAUSAHAAN: Gaya Hidup. Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran: Dasar dan Konsep. Penerbit Qiara Media.

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2015). PENGARUH e-INFORMATION TERHADAP NIAT BELI PADA BISNIS PERHOTELAN DI SURABAYA. Balance, 12(02).

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2015). Pengaruh Strategi Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi Dan Distribusi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik Di Surabaya. Balance, 12(02).

Firmansyah, M. A., & Rosmaniar, A. (2015). PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI SURABAYA. Balance, 12(02).

Firmansah Mohammad, A., Christiananta, B., & Ellitan, L. (2014). The Effect of Organizational Citizenship Behavior (OCB), Total Quality Management (TQM), Technology Leadership and Service Quality on the Performance of Private Universities in Surabaya. Academic Research International, 5(2), 174-185.

Kodrat David Sukardi (2009) Manajemen Strategi . - Yogyakarta : Graha Ilmu,.

Kotler Philip dan Keller Kevin Lane (2007) Manajemen Pemasaran Edisi 12 (Jilid 1).Jakarta : Indeks

Laksana Fajar (2008) Manajemen Pemasaran Yogyakarta : GrahaIlmu

Nilasari Senja (2014) Manajemen Strategi Itu Gampang - Jakarta: Dunia Cerdas

Oktaviani Kiki Elidawati, (2014) Pendiri Elzatta yang 24 Tahun Eksis di Bisnis Fashion Hijab [Online] // Wolipop. - 9 November 2014. - 14 March 2016. - http://wolipop.detik.com/read/2014/11/09/092343/2742985/1133/elidawati-pendiri-elzatta-yang-24-tahun-eksis-di-bisnis-fashion-hijab.

Ramadhani Dini Suci dan Lita Ratni Prima (2013) Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Keunggulan Bersaing ( Studi Kasus Pada Konsumen Damarindo Digital Printing di Padang). Jurnal Ekonomi, 7(5).

Soewadji Jusuf (2012) Pengantar Metodologi Penelitian Jakarta : Mitra Wacana Media.

Song X. Michael dan Parry Mark E A (2007) Cross National Comparative Study of New Product Development Process : Japan and The United States Journal of Marketing, 61(1).

Sugiono (2009) Metode Penelitian Bisnis Bandung : Alfabeta.

Suharno (2010) Marketing in Practice Yogyakarta : Graha Ilmu.

Published

2019-07-26

Issue

Section

Artikel