PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI SURABAYA

Authors

  • M Anang Firmansyah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asyidatur Rosmaniar Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v12i02.1647

Abstract

ABSTRAK 

Perkembangan industri otomotif khususnya roda dua (sepeda motor) di Surabaya menunjukkan angka yang cukup pesat. Selama tiga tahun terakhir (2011-2013), tercatat peningkatan yang cukup besar untuk jumlah penjualan unit kendaraan roda dua ini. Berdasarkan data yang diperoleh dari Registrasi Motor Jawa Timur, terlihat bahwa jumlah unit kendaraan roda dua yang terjual di Surabaya pada tahun 2011 adalah sebesar 42.935 unit. Pada tahun 2012, jumlah ini meningkat menjadi 59.015 unit (naik sebesar 37,45%). Jumlah penjualan unit kendaraan roda dua ini terus meningkat menjadi 74.879 unit pada tahun 2013 (naik sebesar 26,88%).

Untuk memenangkan persaingan dalam memperebutkan pasar sasaran yang dituju tadi, sepeda motor merek Honda tersebut melaksanakan strategi marketing mix yang bertujuan untuk menanamkan citra mereknya sebaik mungkin. Pencapaian posisi pemimpin pasar oleh suatu merek menuntut adanya perbaikan yang berkelanjutan untuk dapat mempertahankan posisi tersebut di pasar. Oleh karena itu, sepeda motor  merek Honda dituntut untuk terus menyempurnakan kombinasi marketing mix yang ditawarkan, sehingga mereka mampu mempertahankan posisi pemimpin pasar yang telah dicapai.

 

Kata kunci : Marketing Mix, Keputusan Pembelian, Sepeda motor Honda

Korespondensi :anangfirmansyah.61@gmail.com, inoenrosmaniar@yahoo.co.id

Author Biographies

M Anang Firmansyah, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Manajemen

Asyidatur Rosmaniar, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Manajemen

References

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Jakarta: Graha Ilmu.

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2015). PENGARUH e-INFORMATION TERHADAP NIAT BELI PADA BISNIS PERHOTELAN DI SURABAYA. Balance, 12(02).

Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2015). PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX (PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN DISTRIBUSI) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BATIK DI SURABAYA. Balance, 12(02).

Fuad, M.2006 ,Pengantar Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hermann, et, al. 2007 The Social Influence Of Brand Community Evidence From European Car Clubs Journal Marketing ,Vol 69, 1.

Kotler, Philip, Marketing Management 2002.: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Prentice Hall International Editions, Englewood Cliffs, New Jersey

Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 2000. Principles of Marketing, Prentice Hall International Inc., Englewood Cliffs, New York.

Schiffman, Leon, G.,Leslie Lazar Kanuk, . 2000 Consumer Behavior, Prentice-Hall, New Jersey.

Simammora, Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Utama.

Saladin, 2006. Unsur-Unsur Inti Pemasaran Dan Manajemen Pemasaran, Bandung: Mandar Maju

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa.. Yogyakarta, Penerbit: Andi.

Published

2015-07-31

Issue

Section

Artikel