PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA TAHUN 2016
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v14i02.1280Abstract
ABSTRACTÂ
The factor that must be done by educational institutions is to maintain motivation. Motivation is the main energy of the employees. Motivation greatly affects employee morale. The spirit to make good relationships with stakeholders, the spirit in running job description or personal spirit of the employees themselves in improving the life of their family. Of course all that is done with a sense of comfort, safe and happy, until it will ultimately affect the increase in performance and increase productivity, both quality and quantity. Through the vision of morality, intellectuality and entrepreneurship as a goal to equip its graduates to be useful to themselves and society, UMSurabaya has the duty to maintain motivation to its employees.
This study aims to: 1). to know the effect simultaneously between the variables of achievement need, the need for power, the need to affiliate with the performance of educational staff of UMSurabaya. 2). to know which is more dominant influence between requirement of achievement, requirement of power and or requirement of affiliate to performance of educational staff UM Surabaya?
This research is a quantitative research by using questionnaire as its instrument. The population used was 115 respondents using Slovin method defined as many as 72 respondents. The result of the research shows: 1) F test result is F-count (18,833)> F-table (2,737) which means that motivation (achievement need, power and the need to affiliate simultaneously have a significant positive effect on UMSurabaya education staff performance. 2). T test results obtained; variable needs achievement t-count value (4.552)> t-table (1667), this means the variable of achievement need has the most dominant influence on the performance of educational staff of UMSurabaya. While the variables of power needs and affiliation need t-count value respectively (1.363) and (1.273) <t-table (1667), the need for power and affiliation have no significant positive effect on the performance of educational staff of UMSurabaya. Referring to the results of this study, UMSurabaya should continue to improve the motivation of educational staff through education and training, creativity development and directing all potential and skills, the pattern of activities that aims to create relationships, know each other and synergize each other in the completion of tasks and generate, direct and maintain behavior associated with the work environment, so the performance of educational staff of UMSurabaya become more productive and efficient.
Keywords : Motivation, Performance
Correspondence to : sitisalbiyah51@gmail.com, budi.w.mahardhika@gmail.com
Â
ABSTRAKÂ
Faktor yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan adalah memelihara motivasi. Motivasi merupakan energi senter bagi karyawan. Motivasi sangat mempengaruhi semangat kerja pegawainya. Semangat menjalin hubungan baik dengan stakeholders, semangat dalam menjalankan job discription atau semangat pribadi pegawai itu sendiri dalam memperbaiki kehidupan keluarganya. Tentunya semua itu dilakukan dengan rasa nyaman, aman dan bahagia, hingga pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatkan kinerja dan peningkatan produktivitas, baik kualitas maupun kuantitasntya. Melalui visi morallity, intelektuality dan enterpreneurship sebagai tujuan untuk membekali para lulusannya agar bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat, UMSurabaya memiliki kewajiaban memelihara motivasi pada pegawainya.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1).  mengetahui pengaruh secara simultan antara variabel kebutuhan berprestasi, kebutuhan berkuasa, kebutuhan beralifiasi dengan kinerja TKP UMSurabaya . 2). mengetahui manakah yang lebih dominan pengaruhnya antara kebutuhan prestasi, kebutuhan berkuasa dan atau kebutuhan afiliasi terhadap kinerja TKP UM Surabaya ?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan adalah 115 responden dengan menggunakan metode Slovin ditetapkan sampel  sebanyak 72 responden.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) Hasil Uji F diperoleh nilai F-hitung (18.833) > F-tabel (2.737)  yang berarti bahwa motivasi  (kebutuhan berprestasi, kebutuhan berkuasa dan kebutuhan beralifiasi secara simultan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan  UMSurabaya. 2). Hasil uji t diperoleh ; variabel kebutuhan berprestasi  nilai t-hitung (4,552) > t-tabel (1.667), ini berarti variabel kebutuhan berprestasi memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja TKP UMSurabaya. Sedangkan variabel kebutuhan berkuasa dan kebutuhan berafiliasi  nilai t-hitung berturut-turut (1.363) dan (1.273) < t-tabel (1.667), kebutuhan berkuasa dan kebutuhan berafiliasi  memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan UMSurabaya.
Merujuk pada hasil penelitian ini, UMSurabaya perlu terus melakukan peningkatan motivasi TKP melalui pendidikan dan pelatihan, pengembangan kreativitas dan mengarahkan semua potensi kemampuan dan ketrampilan, pola kegiatan yang bertujuan menciptakan hubungan persahatan, saling mengenal dan saling sinergi dalam penyelesaian tugas dan membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja agar kinerja yang dihasilkan TKP UMSurabaya menjadi lebih produktif dan efisien.
Kata kunci : Motivasi, Kinerja
Korespondensi : sitisalbiyah51@gmail.com, budi.w.mahardhika@gmail.com
References
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Fungsi-Proses-Pengendalian. Mitra Wacana Media. Jakarta
Anggraeni L. (2016). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Indopacivic Nusantara. Skripsi
Berhard, Annick. (1995): Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Kompetensi: Manajemen Motivasi Untuk Meningkatkan Kinerja; Editor: Alain Mitrani et al., Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti. Jakarta.
Budihardjo M. (2015). Panduan Praktis Penilaian Kinerja Karyawan. Cet.1 Raih Asa Sukses. Jakarta
Ilyas A. (2014). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dan Pengemudi PT. Blue Bird Group. Skripsi
Jauhar M. & Subeki R. (2015). Pengantar Manajemen. Prestasi Pustakaraya. Jakarta
Jauhar, M. & Akhmad, Subeki. (2012). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Penerbit Prestasi Pustaka. Jakarta
Kadarisman. (2013). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penerbit PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
Mahmudi. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Mangkunegoro, A.P (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bnadung: PT Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, Anwar P. 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Refika Aditama
Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 2. Jakarta : Grafindo
Purwati S. Pengaruh Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan PT Anindya Mitra Internasional Yogyakarta. www. Manajemen. Vol.ac.id/jurnal/File
Riadi E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: ANDI, edisi 1
Ridhotullah S. dan Mohammad Jauhar. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Rivai, Veithsal & Sagala, Jauvani, Ella. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: Raja Gravindo Persada. Jakarta
Robbins, Stephen P., 2008. Organization Behavior, New Jersey: Prentice Hall International.
Sinungan, M. (2012). Manajemen Dana Bank, Edisi kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
SK BPH UMSurabaya No. 059/BPH-KEP/II.3.AU/I/2013 tentang Peraturan Kepegawaian
SK Rektor No. 514.1/KEP/II.AU/C/2013, tentang sistim remunerasi dan honorarium pegawai di lingkungan UMSurabaya,
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R &D. CV ALVABETA. Bandung
Wibowo. (2013). Manajemen Kinerja. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
www.manajemen.vad.ac.id/journal/File
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.