PENGARUH KREDIBILITAS MODEL IKLAN DAN KREDIBILITAS PERUSAHAAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA IKLAN Survei Pada Pemirsa Televisi Iklan”Kuku Bima ENER-G” DiYogyakarta

Authors

  • Sapto Handoyo STP ”AMPTA” Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v3i01.719

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menemukan berapa besar  pengaruh dua model kredibilitas dalam mempengaruhi sikap konsumen pada iklan. Karena akhir-akhir ini pemasar banyak menggunakan selebritis untuk model iklannya sedang disisi lain kredibilitas perusahaan merupakan pertimbangan tersendiri bagi konsumen dalam membeli suatu produk. Penelitian inidilakukan di KotaYogyakarta dengan menggunakan 100 responden.

Author Biography

Sapto Handoyo, STP ”AMPTA” Yogyakarta

Fakultas Ekonomi

References

Boyd Jr, Harper W, Orville C. Walker, Jr, dan Larreche,Jean-Claude ; alih bahasa: Imam Nurmawan , 1997, Manajemen Pemasaran, Jilid Satu, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.

Engel F, James, Blackwell D, Roger dan Miniard W, Paul ; alih bahasa:Budijanto,1995, Perilaku Konsumen, Edisi Keenam, Binarupa Aksara, Jakarta.

Fandy Tjiptono, 1999, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Andi Offset, Yogyakarta.

Husein Umar, 2000, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Irawan, Wijaya M, Faried, dan Sudjoni,1999, Pemasaran Prinsip dan Kasus, BPFE, Yogyakarta.

Jefkins, Frank ; alih bahasa: Haris Munandar, 1997, Periklanan, Edisi Ketiga, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Amstrong, Gary ; alih bahasa : Damos Sihombing, 1999, Prinsip – Prinsip, Pemasaran, Edisi Kedelapan, jilid kedua, Erlangga, Jakarta.

Lafferty, Barbara A, Goldsmith, Ronald E, and Newell, Stephen J, 2002, †The Dual Credibility Model : The Influence of Corporate and Endorser Credibility on Attitude and Purchase Intentions “, Journal of Marketing Theory and Practice, Summer, 10, 3.

Lafferty, Barbara A, Goldsmith, Ronald E, and Newell, Stephen J, 2000, “ The Impact Of Corporate Credibility And Celebrity Credibility On Consumer Reaction To Advertisements And Brands “,Journal Of Advertising, Fall, 29, 3.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi, 1989, Metode Penelitian Survei, PT Pustaka LP3ES, Jakarta.

Mowen, John C, dan Minor, Michael ; alih Bahasa: Lina Salim, 2001, Perilaku Konsumen, Edisi Kelima, Jilid Satu, PT Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo, 1999, Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen , Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson ; alih Bahasa: Damos Sihombing, dan Pasla, Yossi, Remy, Peter, 2000, Cosumer Behaviour, Edisi Keempat, Jilid dua, Erlangga, Jakarta.

Saifuddin Azwar, 1997. Reliabilitas dan Validitas, Edisi Ketiga, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Sekaran, Uma, 1992, Research Methods For Business: A Skill Building Approach, 2nd Edition, J , John Wiley & Sons, Inc , NewYork, USA.

Shimp A, Terence ; alih bahasa: Revyani Sjahrial, dan Dyah Anikasari, 2003, Periklanan Promosi, Edisi Kelima, JIlid Satu, Erlangga, Jakarta.

Soehardi Sigit, 1999, Metode Penelitian dan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta.

Stanton, William J ; alih bahasa: Yohanes Lamarto, 1986, Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid Kedua, Erlangga,Jakarta.

Sugiyono, 1999, Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung.

Published

2007-01-31

Issue

Section

Artikel