Analisis Efektivitas Dan Kontribusi Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Rizka Ariyanti Politeknik Pusmanu
  • Singgih Setiawan Politeknik Pusmanu
  • Nur Cahyati Politeknik Pusmanu

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v17i1.4183

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness and contribution of advertisement tax revenue to local revenue in Pekalongan Regency in 2014-2018. This study uses secondary data obtained from the Regional Financial Management Agency of Pekalongan Regency.The research method used is descriptive method and data collection techniques. Observations were made using observation, interview, documentation and literature study techniques. The method in this study uses qualitative and descriptive research types.

The results of this study indicate that the effectiveness of advertisement tax revenue during the period 2014 - 2018 has a ratio of more than 100% so it can be said to be very effective. The contribution of advertisement tax to Pekalongan Regency's Regional Revenue (PAD) during the period 2014 - 2018 with the contribution ratio is still below 10% so it is said to be very less.

 

Keywords       : Effectiveness, Contribution, Original Regional Revenue

References

Alfan A. Lamia,dkk. 2015. Analisis Efektivitas dan Kontribusi Pemungutan Pajak Restoran, Pajak Reklame, Dan Pajak Penerangan Jalan Pada Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Minahasa Utara.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi,Manado

Aris Triyono. 2018. Analisis Pengaruh Kontribusi Pajak Reklame dan Pajak Hiburan Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Indragiri Hulu. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri Rengat

Cindy Y. Wenur, dkk. 2018. Analisis Kontribusi DAN Efektivitas Pajak Daerah Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kota Bitung.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi,Manado

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif.Jakarta : Bumi Aksara.

Mahmudi. 2010. Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: Penerbit Erlangga

Markus Stenny Sarundayang, dkk. 2018. Analisis Potensi Dan Efektivitas Penerimaan Pajak Reklame Di Kota Manado.Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi, Manado

Ningrum, Aminah Oktavia Cahaya. 2015. Analisis Pengamen Jalanan Di Kota Surakarta. Diakses pada tanggal 26 April 2018 dari http://eprints.ums.ac.id

Politeknik Pusmanu. 2019. Buku Panduan Praktek Kerja Lapangan dan Penulisan Tugas Akhir. Pekalongan

Reka Wijayanti, dkk. 2. Analisis Efektivitas dan Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Malang.Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Malang

Rezlyanti Kobandaha dan Heince R. N. Wokas. 2016. Analisis Efektivitas, Kontribusi Dan Potensi Pajak Reklame Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Kotamobagu. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universits Sam Ratulangi, Manado

Subadriyah, SE., M.Si. 2017. Pajak Penghasilan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Undang-Undang No16.2009. Ketentuan Umum dan Tata CaraPerpajakan

Published

2020-01-29

Issue

Section

Artikel