Implementasi Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Bos terhadap RKAS SMP Sunan Kalijaga

Authors

  • Isnara Yuliya Permata Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ardyan Firdausi Mustoffa Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v20i2.18220

Keywords:

Accountability, BOS Funds, RKAS, Transparency, Akuntanbilitas, Dana BOS, Transparansi

Abstract

ABSTRACT

This research is related to the issue of the management and implementation of the School Operational Assistance (BOS) fund. This study aims to explain how the BOS financial management at SMP Sunan Kalijaga Ponorogo is used in preparing the School Activity and Budget Plan (RKAS) using the principles of accountability and transparency. This study's research method is descriptive qualitative, relying on interviews, observation, and documentation processes to obtain essential data and information. The results of the study revealed that the implementation of the management of BOS funds, which referred to the principles of accountability and transparency towards the preparation of the RKAS at SMP Sunan Kalijaga, did not go well because it did not involve parents/guardians of students as the principle of accountability in Permendikbud No. 6 of 2021. However, for conformity in the preparation of the RKAS, it is following the provisions of the applicable regulations.

ABSTRAK

Penelitian ini terkait isu dari pengelolaan dan pelaksanaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana pengelolaan keuangan BOS di SMP Sunan Kalijaga Ponorogo apakah dalam pembuatan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) menggunakan prinsip akuntabilitas dan transparansi. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengandalkan proses wawancara, proses pengamatan dan dokumentasi untuk mendapatkan data dan informasi yang esensial. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa implementasi pengelolaan dana BOS yang mangacu prinsip akuntabilitas dan transparansi terhadap penyusunan RKAS di SMP Sunan Kalijaga ada yang kurang berjalan dengan baik dikarenakan tidak melibatkan orang tua/wali peserta didik sebagaimana prinsip akuntabilitas pada Permendikbud No. 6 Tahun 2021. Namun untuk kesesuaian dalam penyusunan RKAS sudah sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku

References

Larasati, P. A., & Handayani, N. (2021). Analisis Transparansi, Akuntabilitas, Efektivitas Dan Efisiensi Dalam Pengelolaan Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Paud Di KB Negeri Pelangi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 10(7).

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Edisi Ketiga. Cetakan Pertama. (Edisi ketiga). UPP STIM YKPN.

Mardiasmo, M. B. A. (2021). Akuntansi Sektor Publik-Edisi Terbaru. Penerbit Andi.

Minarti, Sri. (2016). Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri (Meita Sandra, Ed.; Cetakan 4). Ar-Ruzz.

Nuryeti, Y. (2018). Pengaruh Implementasi Kebijakan terhadap Manajemen Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah dalam Mewujudkan Efektivitas Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Anggaran Keuangan Madrasah. Khazanah Akademia, 2(1), 94–104.

Pardede, L., & Simanjuntak, H. (2021). Tanggung Jawab Hukum Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Jurnal Usm Law Review, 4(2), 893–904.

Pebrianti, G. M. (2021). PENGARUH TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS, PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN DANA DESA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARKAT DI DESA SUMOBITO (STUDI KASUS PADA DESA SUMOBITO KECAMATAN SUMOBITO) [STIE PGRI Dewantara Jombang]. http://repository.stiedewantara.ac.id/2481/

Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021. (n.d.).

Persesjen No 13 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan ARKAS. (n.d.).

Santi Ekowati. (2016). TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN DANA BOS (Studi Kasus di SMP NEGERI 03 Kota Tangerang Selatan).

Sholihin, B. G. (2021). Sistem Informasi Pelaporan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Melalui Aplikasi RKAS (ARKAS) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta,CV.

Sulaeman, E. (2020). Pengaruh Implementasi Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah Terhadap Efektivitas Komite Sekolah Di SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya. Actual Research Science Academic, 5(1), 126–133.

Yanti, N. L. T. (2021). Penerapan Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bos Di Smp N 3 Sukawati Dalam Program Rkas. Hita Akuntansi Dan Keuangan, 2(3), 139–151.

Published

2023-07-06

Issue

Section

Artikel