Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Industri Rokok
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v15i02.1785Abstract
ABSTRACT
 This study aims to map and analyze the performance of corporate social responsibility in the cigarette industry. This is done to assess the extent of the cigarette industry's contribution to the social aspects with the company's value benchmark. This research is a quantitative research using content analysis method. The unit of analysis in this study is the annual report of tobacco companies listed on the BEI. The results showed that market valuation had a significant effect on the performance of the social responsibility of cigarette companies in Indonesia on aspects of labor and human rights. In addition, the distribution of social responsibility contributions was less optimal so there needed to be rules that technically direct the activities of tobacco companies so that the benefits are acceptable to all stakeholders optimally.
Â
Keywords : cigarette, stakeholder, social responsibility.
Correspondence to : arsolihudin@gmail.com
Â
ABSTRAKÂ
       Penelitian ini bertujuan memetakan dan menganalisis kinerja tanggung jawab sosial perusahaan padaindustri rokok.Hal ini dilakukan untuk menilai seberapa jauh kontribusi industri rokok pada aspek sosial dengan tolak ukur nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis konten. Unit analisis dalam penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan rokok yang terdaftar pada BEI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja tanggung jawab sosial perusahaan rokok di Indonesia pada aspek tenaga kerja dan hak asasi manusia.Selain itu, pemerataan kontribusi tanggung jawab sosial kurang optimal sehingga perlu ada aturan yang secara teknis mengarahkan aktifitas tanggung jawab sosial perusahaan rokok agar manfaat dapat diterima semua stakeholder secara optimal.
Kata kunci                  :rokok;stakeholder;tanggung jawab sosial.
Korespondensi            : arsolihudin@gmail.com
References
Barnas, N. et al. 2016.Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Pengungkapan CSR.Vol.3(2). eProceeding of Management.
Beltratti, A. 2005.The complementarity between corporate governance and corporate social responsibility. Vol. 30(3).The Geneva Papers on Risk and Insurance-Issues and Practice.
Emilsson, L. et al. 2012. CSR and the quest for profitability-using EVA.Vol. 2(3).International Journal of Economics and Management Sciences.
Fiore, R. 2014. CSR An Empirical Analysis Of Market Value. The Clute Institute International Academic Conference.
Hemawan, S. dan Mulyawan, G. 2014.Profitability and CSR.Vol. 3(1).Asia pacific Journal of Accounting and Finance.
Kiran, S. et al. 2015.CSR and Firm Profitaability.Vol. 5(1).City University Research Journal.
Purba, W. dan Yadnya, P. 2015.Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Profitabilitas dan Pengungkapan CSR.Vol. 4(8). Ejurnal Manajemen Unud.
Retno, M. et al. 2012.Pengaruh GCG dan pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan.Vol. 1(1). Jurnal Nominal.
Sarvaes, H dan Tamayo, A. 2013. The Impact of CSR on Firm Value. Vol. 59(5).Management Science Informs.
Truong, S. 2010. ASEAN Integration and its Impact on Workers and Trade Unions. Singapore: NUS.
Velasques, M. 2012. Business Ethics. New Jersey: Peasson.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.