Peran Mediasi Komitmen Guru Terhadap Kinerja: Pengaruh Budaya Organisasi, dan Motivasi
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v20i1.16521Keywords:
Organizational Culture, Motivation, Teacher Commitment, Teacher Performance, Budaya Organisasi, Motivasi, Komitmen Guru, Kinerja GuruAbstract
ABSTRACT
The problem is that teacher performance could be more optimal, but the existing organizational Culture is well implemented, and teacher motivation is carried out according to organizational instructions. The research aims to analyze the role of mediating teacher commitment to performance which is influenced by organizational Culture and motivation. This research is quantitative, and the population is 60 respondents with SmartPLS 3.0 analysis. The results show (1) Organizational Culture has an effect on teacher performance; (2) Organizational Culture has no effect on teacher commitment; (3) Motivation has an effect on teacher commitment; (4) Motivation has an effect on teacher performance; (5) Teacher commitment has an effect on teacher performance ; (6) Organizational culture can directly affect teacher performance, even without the mediation of teacher commitment; (7) Motivation can affect teacher performance directly even without the mediation of teacher commitment, so the organizational Culture that educational institutions have given is still carried out consistently and is preserved, and its harmony with teachers and good teacher motivation needs to be maintained by giving teachers the confidence to can explore their competence in carrying out their duties.
ABSTRAK
Permasalahan kinerja guru yang belum optimal, tetapi budaya organisasi yang ada sudah diterapkan dengan baik, dan motivasi guru dijalankan sesuai petunjuk organisasi. Tujuan penelitian menganalisis peran mediasi komitmen guru terhadap kinerjanya yang dipengaruhi oleh budaya organisasi dan motivasinya. Penelitian ini kuantitatif dan populasi sebanyak 60 responden dengan analisis SmartPLS 3.0. Hasil menunjukan (1) Budaya Organisasi berpengaruh terhadap kinerja guru; (2) Budaya Organisasi tidak berpengaruh terhadap komitmen guru; (3) Motivasi berpengaruh terhadap komitmen guru; (4) Motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru; (5) Komitmen Guru berpengaruh terhadap kinerja guru; (6) Budaya Organisasi dapat mempengaruhi kinerja guru secara langsung, walaupun tanpa mediasi komitmen guru; (7) Motivasi dapat mempengaruhi kinerja guru secara langsung walaupun tanpa mediasi komitmen guru, jadi budaya organisasi yang sudah diberikan oleh lembaga pendidikan tetap dijalankan secara konsisten dan dilestarikan serta keharmonisannya terhadap para guru, serta motivasi guru yang sudah baik perlu dipertahankan dengan memberikan kepercayaan guru untuk bisa mengexplore kompetensinya dalam menjalankan tugasnya.References
Amin, N. and Siswanto, F. (2018) ‘Budaya Pendidikan, Budaya Organisasi, dan Budaya Mutu Lembaga Pendidikan Islam’, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), pp. 94–106.
Anggrahitaningsih, S. (2020) ‘Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Komitmen Guru Sebagai Variabel Mediasi DI SMK YASMU GRESIK’. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Anwar, A. S. (2020) ‘Pengembangan sikap profesionalisme guru melalui kinerja guru pada satuan pendidikan MTs Negeri 1 Serang’, Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), pp. 147–173.
Ardiana, T. E. (2017) ‘Pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Madiun’, Jurnal Akuntansi dan Pajak, 17(02).
Arini, N. W. (2019) ‘Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Dalam Mencapai Hasil Belajar Siswa’, Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), pp. 126–135.
Asiah, S. (2016) ‘Efektivitas Kinerja Guru’, TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), pp. 1–11.
Billy, L. J. and Taat, M. S. (2020) ‘Budaya sekolah: Hubungannya dengan komitmen guru’, Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10), pp. 207–216.
Bollen, K. A. and Stine, R. (1990) ‘Direct and indirect effects: Classical and bootstrap estimates of variability’, Sociological methodology, pp. 115–140.
Dini, J. P. A. U. (2022) ‘Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), pp. 960–976.
Fadhli, M. (2017) ‘Manajemen peningkatan mutu pendidikan’, Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), pp. 215–240.
Fauth, B. et al. (2019) ‘The effects of teacher competence on student outcomes in elementary science education: The mediating role of teaching quality’, Teaching and Teacher Education, 86, p. 102882.
Febriantina, S., Lutfiani, F. N. and Zein, N. (2018) ‘Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru’, Tadbir Muwahhid, 2(2), pp. 120–131.
Fornell, C. and Larcker, D. F. (1981) ‘Evaluating structural equation models with unobservable variables and measurement error’, Journal of marketing research, 18(1), pp. 39–50.
Hair Jr, J. F. et al. (2021) A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage publications.
Haneda, S. and Ito, K. (2018) ‘Organizational and human resource management and innovation: which management practices are linked to product and/or process innovation?’, Research Policy, 47(1), pp. 194–208.
Hartanto, C. F. B., Rusdarti, R. and Abdurrahman, A. (2019) ‘Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul’, in Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), pp. 163–171.
Hayati, R., Arafat, Y. and Sari, A. P. (2020) ‘Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru’, JMKSP (jurnal manajemen,Pengaruh Komitmen Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru kepemimpinan, dan supervisi pendidikan), 5(2), pp. 100–111.
Herlambang, E. and Fuadi, F. (2018) ‘Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Smk Swasta Di Kota Serang Dengan Variabel Mediasi Komitmen Organisasi’, Cendekia: JurnalPengaruh Budaya Organisasi Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Smk Swasta Di Kota Serang Dengan Variabel Mediasi Komitmen Organisasi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), pp. 33–50.
Hindaryatiningsih, N. (2016) ‘pengaruh budaya organisasi, kepemimpinan, motivasi kerja terhadap kinerja guru (Studi Kausal Pada Guru SMAN Di Kota Baubau)’.
Husnah, A., Harapan, E. and Rohana, R. (2021) ‘Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Komitmen Guru dalam Melaksanakan Tugas’, Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), pp. 19–30.
Latan, H. and Ghozali, I. (2016) ‘Partial Least Square Konsep, Metode dan Aplikasi Menggunakan WarpPLS 5.0’, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Limbong, N. (2021) ‘Hubungan Kompetensi Dan Motivasi Kerja Dengan Komitmen Guru Melaksanakan Tugas Pendidikan Agama Kristen Sekabupaten Toba Samosir’, Jurakunman (Jurnal Akuntansi dan Manajemen), 14(1), pp. 78–90.
Machwati, A. and Wibowo, U. B. (2015) ‘Pengaruh Budaya Kerja, Komitmen, Motivasi Kerja Guru terhadap Iklim Organisasi SD’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), pp. 156–172.
Mansir, F. (2020) ‘Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital’, Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) Unars, 8(2), pp. 293–303.
Marcoulides, A. G., Chin, W. W. and Saunders, C. (2009) ‘Management Information Systems Research Center, University of Minnesota’, MIS Quarter, 33(1), pp. 171–175.
Mashudi, I. (2021) Dampak Komitmen dan Budaya Mutu terhadap Kinerja Guru. Ideas Publishing.
Miller, A. D., Ramirez, E. M. and Murdock, T. B. (2017) ‘The influence of teachers’ self-efficacy on perceptions: Perceived teacher competence and respect and student effort and achievement’, Teaching and Teacher Education, 64, pp. 260–269.
Nainggolan, N. T., Siahaan, R. and Nainggolan, L. E. (2020) ‘Dampak Komitmen Guru terhadap Kinerja Guru pada SMP Negeri 1 Panei’, Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), pp. 1–12.
Pakpahan, G. E. et al. (2019) ‘Pengaruh budaya organisasi, komunikasi dan kompetensi guru terhadap kinerja guru sma swasta sultan agung pematangsiantar’, KINERJA, 16(2), pp. 131–138.
Purwoko, S. (2018) ‘Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), pp. 150–162.
Putra, R. et al. (2019) ‘Pengaruh Motivasi, Pelatihan, Budaya Organisasi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Guru Di Smk Negeri Kota Pekanbaru’, Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(3), pp. 328–343.
Rahmawati, R. and Asmin, E. A. (2021) ‘Motivasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi dan Dampaknya Terhadap Kinerja Guru’, Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 12(1), pp. 52–65.
Ricardo, R. and Meilani, R. I. (2017) ‘Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes)’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), pp. 79–92.
Riyadi, S. and Mulia Pradana, A. (2017) ‘Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Raudhatul Athfal di Kota Pekalongan’, Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13.
Sakban, S., Nurmal, I. and Ridwan, R. Bin (2019) ‘Manajemen sumber daya manusia’, Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(1), pp. 93–104.
Santris, B. (2019) ‘Pengaruh kepemimpinan dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru dengan motivasi sebagai variabel intervening pada SMA Sutomo 1 Medan’, Journal of Accounting and Management Innovation, 3(2), pp. 91–116.
Skaalvik, E. M. and Skaalvik, S. (2017) ‘Motivated for teaching? Associations with school goal structure, teacher self-efficacy, job satisfaction and emotional exhaustion’, Teaching and Teacher Education, 67, pp. 152–160.
Soelistya, D. et al. (2022) ‘Buku Ajar: Budaya Organisasi dalam Praktik’. Nizamia Learning Center.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, R. N. (2020) ‘Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kota Makassar’, Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship, and Innovation, 1(1), pp. 14–28.
Uno, H. B. and Nina Lamatenggo, S. E. (2022) Teori kinerja dan pengukurannya. Bumi Aksara.
Yusuf, M. H. (2017) ‘Pengembangan budaya organisasi dalam lembaga pendidikan’, Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.