PENGARUH STRATEGI MARKETING MIX (PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN DISTRIBUSI) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BATIK DI SURABAYA

Authors

  • M Anang Firmansyah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Budi Wahyu Mahardhika Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v12i02.1630

Abstract

ABSTRAK 

                         Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel marketing mix seperti produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian Batik di Surabaya dan untuk menentukan faktor dominan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian Batik di Surabaya. Semakin tingginya daya beli masyarakat Surabaya terhadap batik diikuti pula dengan bermunculannya toko-toko batik di kota Surabaya yang menawarkan berbagai macam strategi Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Selanjutnya untuk menguji hipotesis, uji F dan uji t digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat variabel marketing mix produk, harga, promosi, distribusi signifikansi terhadap keputusan pembelian Batik di Surabaya. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa manakah dari keempat variabel independen yang ditemukan berpengaruh secara dominan dan signifikan terhadap keputusan pembelian variabel dependen. Maka melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, promosi, dan distribusi secara simultan memiliki signifikansi dalam keputusan pembelian konsumen batik di Surabaya.


Kata kunci : Produk, Harga, Promosi, Distribusi, Keputusan Pembelian Konsumen.

Korespondensi :1anangfirmansyah.61@gmail.com,2budi.w.mahardhika@gmail.com

Author Biographies

M Anang Firmansyah, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Manajemen

Budi Wahyu Mahardhika, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Manajemen

References

Asseal, Henry. 1995, Costumer Behavior And Marketing Action, Keat Publishing Company, Boston.

Cravens, W. David. 2004. Pemasaran Strategis, Alih Bahasa Lina Salim MBA, Erlangga, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Kotler, Philip, Marketing Management 2004.: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Prentice Hall International Editions, Englewood Cliffs, New Jersey.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 2001. Principles of Marketing, Prentice Hall International Inc., Englewood Cliffs, New York.

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta, Penerbit: Andi.

Schiffman, Leon, G.,Leslie Lazar Kanuk, 2009 Consumer Behavior, Prentice-Hall, New Jersey.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thomas W Zimmerer, Norman M Scarborough, 2008.Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba empat.

Published

2015-07-25

Issue

Section

Artikel