Penilaian Stakeholder Menggunakan Malcolm Baldrige dalam Penguatan Amal Usaha ‘Aisyiyah
DOI:
https://doi.org/10.30651/blc.v15i01.1257Abstract
ABSTRACT
The research of one of Aisyiyah's business charities aims to evaluate and provide an assessment on early childhood education namely TK Bustanul 'Athfal /' Aisyiyah. The type of this research is descriptive-quantitative with case study taking charity effort of kindergarten 'Aisyiyah under PCA Assembly of CiputatTimur with assessment method Malcolm Baldrige take third valuation point concerning about customer and market focus by measuring two dimension that is costumer-market knowledge and performance satisfaction customer.The result shows the knowledge dimension of 59,065% achievement from the maximum score on Malcolm Baldrige 40 index, while the dimension of customer satisfaction performance shows the result of 63,91667% from the maximum score of 45. This shows that the assessment about the knowledge of the customer and the market on the pupils, more stakeholders low compared to the assessment of customer satisfaction and market performance.
Keywords                  : ‘aisyiyah, stakeholder,market, pupils,satisfaction, assessment, index
Correspondence to      : roositamd05@gmail.com
Â
ABSTRAK
Penelitian salah satu amal usaha ‘Aisyiyah bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan penilaian pada pada pendidikan usia dini yaitu TK Bustanul ‘Athfal/’Aisyiyah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif dengan studi kasus mengambil amal usaha TK ‘Aisyiyah di bawah majelis dikdasmen PCA Ciputat Timur dengan metode penilaian Malcolm Baldrige mengambil poin penilaian ketiga mengenai tentang customer and market focusdengan mengukur dua dimensi yaitu pengetahuan costumer-pasardan performance kepuasan pelanggan. Hasil menunjukkan pada dimensi pengetahuan sebesar 59,065% ketercapaiannya dari maksimal score pada indeks Malcolm Baldrige 40, sedangkan dimensi performance kepuasan pelanggan menunjukkan hasil 63,91667% dari score maksimal 45. Hal ini menunjukkan bahwa penilaian mengenai pengetahuan tentang customer dan pasar pada murid, stakeholder lebih rendah dibandingkan dengan penilaian mengenai performance kepuasan customer dan pasar.
Kata kunci                : angka kematian ibu, determinan jarak jauh, determinan intermediate,                                         Determinan hasil
Korespondensi            : roositamd05@gmail.com
References
Abdulla. M.,et al, 2006, The Baldrige Education Criteria for Performance Excellence Framework, Empirical test and validation,International Journal Quality and reliability Management: Vol. 23 No. 9, pp. 1118-1157.
Andik Dwi Saputro, 2010, Penguatan Sharia Governance melalui reformasi akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi.
Baldrige National Quality Program, 2010, Education Criteria for Performance Exellence, National Institute of Standards and Technology in Gaithersburg, MD.
Creswell, J. W., 1998, Qualitative inquiry and research design choosing among five tradition, London:Sage..
Demetrius.K, Karathanos .P, 2005, Applying the Balanced Scorecard to Education, Journal of Education for Business Heldreff Publication, pp. 222-230.
Materi Good University Governance , Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah
Nordiawan.D dan Hertianti.A, 2010. Akuntansi Sektor Publik. Salemba Empat, Jakarta
Nurhayati.S dan Wasilah,2009,Akuntansi Syariah di Indonesia
Yin, R. K. Case study research: Design and methods. London: Sage.1981.
_____. 2015. Laporan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Periode 2010-2015, disampaikan dalam Muktamar ke-47 Satu Abad ‘Aisyiyah 3-7 Agustus 2015 M di Makassar.
_____. 2015. Program Nasional ‘Aisyiyah Periode 2015-2020, disampaikan dalam Muktamar ke-47 Satu Abad ‘Aisyiyah, 3-7 Agustus 2015 M
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal adalah penerbit atau BALANCE: Economic, Business, Management, and Accounting Journal.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email balance@um-surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.