EFEKTIVITAS PROGRAM ANTI BULLYING TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v9i01.25628Keywords:
perundungan, program anti-bullying, pendidikan karakter, kesejahteraan psikologis, lingkungan sekolah inklusifAbstract
Perundungan (bullying) merupakan fenomena kompleks yang berdampak signifikan terhadap kesejahteraan psikologis, perkembangan emosional, serta pembentukan karakter siswa di jenjang sekolah menengah. Keberadaan praktik perundungan dalam lingkungan pendidikan tidak hanya menghambat perkembangan sosial peserta didik, tetapi juga berpotensi menurunkan rasa percaya diri, empati, serta nilai-nilai moral yang seharusnya terbentuk secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program anti-bullying dalam membangun karakter positif pada siswa, termasuk peningkatan sikap empati, toleransi, dan penghormatan terhadap sesama. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi literatur sistematis dengan mengkaji berbagai hasil penelitian terdahulu terkait implementasi program anti-bullying di institusi pendidikan. Analisis data menunjukkan bahwa penerapan program yang terstruktur dan berkelanjutan dapat menurunkan tingkat perundungan hingga 40%, memperkuat nilai-nilai karakter positif dalam diri siswa hingga 85%, serta memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan mental peserta didik. Beberapa faktor utama yang menentukan keberhasilan program ini mencakup pelatihan komprehensif bagi tenaga pendidik, partisipasi aktif siswa dalam upaya pencegahan, keterlibatan orang tua dalam mendukung kebijakan anti-bullying, serta mekanisme evaluasi berkala guna memastikan efektivitas program dalam jangka panjang. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pendekatan yang holistik dan berbasis nilai-nilai moral, termasuk prinsip-prinsip etika dalam ajaran Islam, dapat memperkuat efektivitas program anti-bullying dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih aman, inklusif, serta mendukung perkembangan karakter peserta didik secara menyeluruh. Oleh karena itu, diperlukan strategi implementasi yang lebih komprehensif dan sinergis antara sekolah, keluarga, dan komunitas guna membangun budaya anti-bullying yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi seluruh elemen pendidikan.
Bullying is a complex phenomenon that significantly impacts students' psychological well- being, emotional development, and character formation at the secondary school level. The presence of bullying in educational environments not only hinders students' social development but also potentially reduces their self-confidence, empathy, and moral values, which should ideally develop optimally. This study aims to evaluate the effectiveness of anti-bullying programs in fostering positive student character, particularly in enhancing empathy, tolerance, and mutual respect. The research employs a systematic literature review approach by analyzing various previous studies on the implementation of anti-bullying programs in educational institutions. Data analysis indicates that structured and sustainable program implementation can reduce bullying incidents by up to 40%, strengthen students' positive character values by up to 85%, and significantly contribute to students' psychological well-being. Several key factors influencing the success of these programs include comprehensive training for educators, active student participation in prevention efforts, parental involvement in supporting anti-bullying policies, and regular evaluation mechanisms to ensure long-term program effectiveness. Findings from this study suggest that a holistic approach grounded in moral values, including ethical principles from Islamic teachings, can enhance the effectiveness of anti-bullying programs in creating a safer, more inclusive learning environment while fostering students' overall character development. Therefore, a more comprehensive and synergistic implementation strategy between schools, families, and communities is necessary to establish a sustainable anti-bullying culture with a positive impact on all educational stakeholders.
References
Adelina, Yunita Sari, and Neneng Sri Lestari. “Upaya Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Swasta Mulia Hamparan Perak Yunita.” Jurnal Abdimas Maduma 3, no. 1 (2022): 9–15. https://journal.eltaorganization.org/index.php/ecdj.
Alfatir, Muhammad Nur, Raehan Akbar, Kristian Nathanael, Siti Najla, and Nur Najma. “Efektivitas Pengaruh Lingkungan Terhadap Korban Bullying Berdasarkan Perspektif Kriminologi Dalam Ranah Pendidikan Media Hukum Indonesia ( MHI ).” Media Hukum Indonesia 2, no. 3 (2024): 104–9.
Cahyani, Arsita Wulan, and Slamet Widodo. “PENTINGNYA PENDIDIKAN ANTI BULLYING Di SEKOLAH MENENGAH ATAS.” Jurnal Penelitian Pendidikan 14, no. 1 (2022): 49–56. https://doi.org/10.21137/jpp.2022.14.1.7.
Dasar, Madrasah, and Budaya Religius. “EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM” 3, no. 1 (2024): 49–68.
Kemph, John P. Erik H. Erikson - Identity, Youth and Crisis. Behavioral Science. Vol. 14, 2006. Puspitarini, Yeni, and Endang Wuryandini. “Implementasi Program Anti Bullying Pada Sekolah
Ramah Anak Di SMAN 1 Brebes Kabupaten Brebes” 5, no. 2 (2024): 694–702. https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.265.
Rasyid, Az Zikra Harun Al, and Mohammad Isa Gautama. “Efektivitas Program Roots Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Tanah Datar Dalam Mengatasi Bullying.” Jurnal Perspektif 6, no. 4 (2023): 310–18. https://doi.org/10.24036/perspektif.v6i4.819.
Sampling, Stratified Random. “The Effect of Anti Bullying Character Education on Mental Health of Students Rinda Resti Amalia , Fadiah Septi Oktaviani , Sestu Retno Dwi Andayani Sarjana Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pemkab Jombang,” 2023.
Siswa, Bullying, Kelas V Di, and Sdit Ushuluddin. “Primary Education Journal Vol. 4 No. 2 Tahun 2024” 4, no. 2 (2024): 287–95.
Siswati, Yuli, and Meidi Saputra. “Peran Satuan Tugas Anti Bullying Sekolah Dalam Mengatasi Fenomena Perundungan Di Sekolah Menengah Atas.” De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 3, no. 7 (2023): 216–25. https://doi.org/10.56393/decive.v3i7.1656.
Uswatun Hasanah, Sholeh, and Nidzom Muis. “Concept of Anti-Bullying Character Education Development through Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in Elementary School.” Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan 8, no. 2 (2023): 194–209. https://doi.org/10.14421/edulab.2023.82.06.
Widyaningtyas, Rizqi, and Rochman Hadi Mustofa. “Implementasi Kebijakan Anti-Bullying Sekolah Adipangastuti Di SMAN 1 Surakarta.” G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 8, no. 01 (2023): 533–48. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i01.5489.
عبد المعن احمد جاسم. “نظام تقويمي لمستوى القدرات الحركية لتلاميذ الصفوف 1)، 2، (3 الابتدائي and ,فهمي سليمان, حسين
التعلم بطيئي.” Sports Culture 15, no. 1 (2024): 72–86. https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 riko adi pratama, Himmatul husniyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License






