PENGEMBANGAN TRANSVERSAL SKILLS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENGEMBANGAN TRANSVERSAL SKILLS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v9i01.24796Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Pengembangan, Pembelajaran, Transversal SkillsAbstrak
Era Revolusi Industri 4.0 telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam mengembangkan keterampilan transversal yang diperlukan oleh peserta didik untuk menghadapi tantangan di dunia modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana PAI dapat berkontribusi dalam pengembangan keterampilan seperti adaptabilitas, kolaborasi, pemecahan masalah, kreativitas, dan komunikasi efektif. Melalui pendekatan studi literatur, penelitian ini menganalisis berbagai referensi ilmiah yang relevan, termasuk jurnal akademik dan artikel yang membahas integrasi nilai-nilai agama dengan keterampilan abad ke-21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAI tidak hanya berfungsi sebagai pengajaran nilai-nilai agama, tetapi juga sebagai sarana untuk membekali siswa dengan keterampilan yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, PAI berpotensi untuk membentuk generasi yang berakhlak mulia dan siap bersaing di era digital yang semakin kompleks.
The era of the Fourth Industrial Revolution has brought significant changes in various aspects of life, including education. Islamic Religious Education (PAI) plays an important role in developing the transversal skills needed by students to face challenges in the modern world. This research aims to explore how PAI can contribute to the development of skills such as adaptability, collaboration, problem-solving, creativity, and effective communication. Through a literature study approach, this research analyzes various relevant scientific references, including academic journals and articles discussing the integration of religious values with 21st-century skills. The results of the study indicate that PAI not only serves as a means of teaching religious values but also as a tool to equip students with applicable skills in everyday life. Thus, PAI has the potential to shape a generation that is morally upright and ready to compete in an increasingly complex digital era.
Referensi
Arini, Meliani Putri, Noviandra Azzahra, and Wangi Dema Lesta. “Inovasi Sumber Belajar Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Keterampilan Kreatif Dan Koloboratif Di Salahsatu SDN Kabupaten Bogor.” Karimah Tauhid 3, no. 2 (2024): 1466–78.
Carvalho, Carla, and Ana Carlos Almeida. “The Adequacy of Accounting Education in the Development of Transversal Skills Needed to Meet Market Demands.” Sustainability (Switzerland) 14, no. 10 (2022): 1–18. https://doi.org/10.3390/su14105755.
Cheruvelil, Kendra S., Patricia A. Soranno, Kathleen C. Weathers, Paul C. Hanson, Simon J. Goring, Christopher T. Filstrup, and Emily K. Read. “Creating and Maintaining High-Performing Collaborative Research Teams: The Importance of Diversity and Interpersonal Skills.” Frontiers in Ecology and the Environment 12, no. 1 (2014): 31–38. https://doi.org/10.1890/130001.
Clara Duta Wahyu Dinata and Mohamad Ali. “Strategi Inovatif Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik: Sebuah Kajian Dengan Pendekatan Fenomenologi.” Didaktika: Jurnal Kependidikan1 13, no. 1 (2024): 1237–46.
Dalimunthe, Dewi Shara. “Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-Nilai Spiritual, Etika, Dan Pemahaman Keislaman Dalam Konteks Modern.” Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 1 (2023): 75–96. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.426.
Dhobith, Anwar, and Tasman Hamami. “Urgensi Pengembangan Kurikulum Pai Melalui Pendekatan Integratif-Interkonektif.” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 8, no. 3 (2023): 1037–46. https://doi.org/10.48094/raudhah.v8i3.320.
Dwi Cahyani, Nabila, Rara Luthfiyah, Vanny Apriliyanti, and Munawir Munawir. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Budaya Religius Untuk Meningkatkan Pembentukan Karakteristik Islami.” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam 23, no. 1 (2023): 477–93. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.5383.
Elis Lisyawati, Mohsen, Umul Hidayati, and Opik Abdurrahman Taufik. “LITERASI DIGITAL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MA NURUL QUR’AN BOGOR.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 21, no. 2 (2023).
Faizin, Joni Helandri, and Supriadi. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangang.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 7, no. 1 (2024).
Hayatunnisa Hayatunnisa, Jenika Fejrin, Milki Salwa Nor Azizah, Muhamad Ilham, Wayan Gastiadirrijal, Syahidin Syahidin6, and Muhamad Parhan. “Konsep Etika Dan Moralitas Sebagai Materi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS) 2, no. 2 (2024): 77–84. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i2.765.
Helaluddin, Helaluddin, and Arinah Fransori. “Integrasi the Four Cs Dalam Pembelajaran Bahasa Di Era Revolusi Industri 4.0.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 11, no. 2 (2019): 95–106. https://doi.org/10.17509/eh.v11i2.16977.
Hendrayadi, Syafruddin, and Rehani. “Berpikir Kritis Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6, no. 2 (2023): 2382–91.
Hosnan. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia., 2014.
Kim, Ji Young, Dae Soo Choi, Chang-soo Sung, and Joo Y Park. “The Role of Problem Solving Ability on Innovative Behavior and Opportunity Recognition in University Students.” Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity 4, no. 1 (2018): 1–13. https://doi.org/10.1186/s40852-018-0085-4.
Laili Zufiroh, Sairul Basri, and Sugianto. “Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman 9, no. 1 (2023).
Lavrinoviča, Beata. “Transdisciplinary Learning: From Transversal Skills to Sustainable Development.” Acta Paedagogica Vilnensia 47 (2021): 93–107. https://doi.org/10.15388/ActPaed.2021.47.7.
Lee, Min Hwa, Jin Hyo Joseph Yun, Andreas Pyka, Dong Kyu Won, Fumio Kodama, Giovanni Schiuma, Hang Sik Park, et al. “Fourth Industrial Revolution: Technological Drivers, Impacts and Coping Methods.” Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity 4, no. 3 (2018). https://doi.org/10.3390/joitmc4030021.
Lusiana and Lutfiyatul Fahrieyah. “Pembelajaran Kontekstual Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 2 (2024): 95–103.
M. Umar Mahmudi and Muhammad Rifa’i Subhi. “Strategi Pendidikan Dan Pembelajaran Berbasis Kolaborasi Dalam Pendidikan Agama Islam.” Muaddib 2, no. 1 (2023): 74–83.
Mindani. “METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PAI.” JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies 1, no. 2 (2016): 135–53.
Nasution, Yusral. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran PAI.” Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 2, no. 2 (2024): 336–44.
Okada, Alexandra, Giorgos Panselinas, Mihai Bizoi, Rosina Malagrida, and Patricia Lupion Torres. “Fostering Transversal Skills through Open Schooling with the CARE-KNOW-DO Framework for Sustainable Education.” Sustainability 16, no. 7 (2024): 1–26. https://doi.org/10.3390/su16072794.
Purnamasari, Iin, Rahmawati, Dwi Noviani, and Hilmin. “Pendidikan Islam Transformatif.” Ihsanika: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 4 (2023): 13–22. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.562.
Putri Diani and Muhammad Rapono. “Adaptasi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kurikulum Merdeka: Studi Kasus Di Sekolah Menengah Atas.” Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia) 190, no. 1 (2024): 746–56. http://dx.doi.org/10.29210/02020344.
Raihany Nur Zahra and Nina Yuliana. “Peran Komunikasi Yang Efektif Sebagai Kunci Menuju Kesuksesan Seorang Putri Juniawan.” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 1, no. 5 (2023): 169–74. https://doi.org/10.5281/zenodo.10285888.
Rasyidi, Ahyar. “Tujuan Pendidikan Islam : Dunia , Akhirat Dan Pembentukan Karakter Muslim Dalam Membentuk Individu Yang Berakhlak Dan Berkontribusi Positif.” Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 4, no. 1 (2024): 1–20.
Selly Rizkiyah dkk. “Implikasi Penggunaan Platform Media Sosial Dalam Pendidikan Agama.” Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial 22, no. 1 (2024): 72–86. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.725.
Sriayu Purwa Lestari, Ratna Sari Dewi, and Astrya Rizki Junita. “Menumbuhkan Kreativitas Tanpa Batas: Strategi Inovatif Sekolah Dalam Mengembangkan Karakter Kreatif Siswa.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 5, no. 1 (2024): 358–64.
Syakiroh, Inten, Nurazizah, and Nurhalipah. “Strategi Penanaman Nilai PAI Dalam Memebentuk Karakter Religius Di Era Globalisasi.” AL-KAINAH: Journal of Islamic Studies 2, no. 2 (2023): 79–90. https://doi.org/10.69698/jis.v2i2.330.
Tang, Tang, Valentina Vezzani, and Ikki Eriksson. “Developing Critical Thinking, Collective Creativity Skills and Problem Solving through Playful Design Jams.” Thinking Skills and Creativity 37 (2020). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100696.
Zain, Asmuni, and Zainul Mustain. “Penguatan Nilai-Nilai Spiritual Dan Moralitas Di Era Digital Melalui Pendidikan Agama Islam.” JEMARI : Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 2 (2024): 94–103.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Atika Agustina Tarik, Nia, Hanun

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License






