EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR FIQIH PADA SISWA KELAS VII DI SMP LUQMAN AL HAKIM SURABAYA

Penulis

  • Zainal Arifin universitas muhammadiyah surabaya
  • Wida Almaidah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.22493

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa efektivitas pendekatan pembelajarn kontekstual dan ekspositori, serta membandingkan mana yang lebih efektif dari kedua pendekatan tersebut jika ditinjau dari hasil belajar fikih siswa kelas VII di SMP Luqman Al Hakim Surabaya.  Penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif.  Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VII, berjumlah 5 kelas yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok pendekatan kontekstual dan kelompok pendekatan ekspositori. Analisa data menggunakan hasil belajar siswa (hasil tes tulis), dengan menggunakan uji beda rata-rata antara dua kelompok kelas tersebut. Pengujian statistik dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS for Windows versi 20,00.Dari hasil statistik deskriptif, diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok pendekatan kontekstual dengan 46 siswa adalah 84,48, dan ketuntasan belajarnya dengan KKM 75 mencapai 93,47 %, Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendekatan kontekstual efektif pada pembelajaran fikih kelas VII. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelompok pendekatan ekspositori dengan 58 siswa adalah 81,55, untuk ketuntasan belajarnya 87,93%. Maka dapat dikatakan bahwa pendekatan ekspositori cukup efektif pada pembelajaran fikih kelas VII. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar diantara dua kelompok tersebut. Dan untuk membuktikan apakah perbedan tersebut signifikan, maka dilakukan uji beda rata-rata. Pengujian beda rata-rata dilakukan dengan uji Mann Whitney U Test. Dari hasil uji ini diperoleh nilai p-value data hasil belajar adalah 0,031 < 0,05. Sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar kelas yang mendapatkan pendekatan pembelajaran kontekstual dengan hasil belajar kelas yang mendapatkan pendekatan pembelajaran ekspositori. Artinya pendekatan pembelajaran kontektual, jika ditinjau dari hasil belajar fikih kelas VII lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran ekspositori.

Referensi

Anggraena, Yogi, Nisa Felicia, Dion Eprijum, Indah Pratiwi, Bakti Utama, Leli Alhapip, and Dewi Widiaswati. Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2022.

Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018): 79–96.

Fahrudin, Hasan Asari, Siti Halimah. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2019.

Fatmawati, Ira. “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran.” Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 1, no. 1 (2021): 20–37.

Hanso, Blum. “Peran Pendidikan Dalam Memembentuk Karakter Bangsa Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).” jurnal rontal keilmuan PPKn 2 (2016): 1–7.

Khobir, Abdul. “PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA GLOBALISASI.” Forum tarbiyah 07, no. 01 (2009): 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/69343-ID-none.pdf.

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Shafwan, Muhammad Hambal. “ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.” Studia religia 5, no. 2 (n.d.): 318–327. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/10237/pdf.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.

Tholani, Mokhamad Ishaq. “Problematika Pendidikan Di Indonesia ( Telaah Aspek Budaya ).” Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2013): 64–74.

Tolchah, Moch. “Filsafat Pendidikan Islam: Konstruksi Tipologis Dalam Pengembangan Kurikulum.” Tsaqafah 11, no. 02 (2015). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/274.

———. Promlematika Pendidikan Agama Islam Dan Solusinya. Surabaya: Kanzum Books, 2020.

Wabaa, M., Laloma A., and V. Londa. “Pengaruh Globalisasi Informasi Terhadap Kehidupan Sosial Budaya Generasi Muda ( Suatu Studi Di Sma Negeri 1 Beo Kabupaten Kepulauan Talaud ).” Jurnal Administrasi Publik UNSRAT 4, no. 5 (2014): 1247.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-12

Terbitan

Bagian

Artikel