IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESMENT PADA PEMBELAJARAN PAI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP MUHAMMADIYAH SUNGAILIAT KABUPATEN BANGKA
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v5i1.8943Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimanakah implementasi penilaian otentik (authentic assessment) dalam pembelajaran PAI berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah Sungailiat Kabupaten Bangka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Kompetensi aspek sikap dinilai dengan cara observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal guru. Kompetensi pengetahuan dinilai dengan cara tes tulis dan tes lisan. Sedangkan kompetensi keterampilan dinilai dengan cara kinerja, produk, proyek dan portofolio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian otentik (authentic assessment) pada pembelajaran PAI berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP Muhammadiyah Sungailiat berdasarkan hasil penelitian penulis sebagaimana tertuang dalam lembar observasi, telah dilakukan dengan baik oleh guru PAI sesuai tuntutan Permendikbud No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Penilaian KI-1 dan KI-2 melalui observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan jurnal guru. Penilaian KI-3 melalui tes tulis dan tes lisan. Sedangkan Penilaian KI-4 melalui kinerja, produk, proyek dan portofolio. Namun dalam beberapa hal masih perlu perbaikan dan peningkatan.
References
Badan Pengembangan Sumber Daya Pendidikan Mutu Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan, Modul Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Konsep Penilaian Otentik pada Proses dan Hasil Belajar (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Dokumen Kurikulum SMP Muhammadiyah Sungailiat: Standar Isi
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani, Implementasi Kurikulum 2013: Konsep dan Penerapan (Sungailiat: Kata Pena, 2014).
Lampiran Permendikbud No. 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian PendidikanTentang Standar Penilaian Pendidikan.
Mulyasa, E., Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013).
Nur, Muhammad, Performance Assesment Dalam Pendidikan (Surabaya: UNESA, 2006).
Rasyid, Harun dan Mansur, Penilaian Hasil Belajar (Bandung: CV. Wacana Prima, 2009).
Tim Penyusun Materi Diklat Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013, Konsep Pendekatan Scientific (Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License