Implementasi Metode Akselerasi Baca Kitab dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Maktuba Pondok Pesantren Mambaul Ulum Pamekasan

Authors

  • Abdur Rahman Institut Agama Islam al-Khairat Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v7i1.18189

Abstract

This research was conducted because of the background of the problems that occur in society today, ranging from violence, corruption, robbery, moral crises and others, this makes many parties highlight the role of education, meaning that events in society cannot be separated from the role of education. The formulation of the problem in this thesis is First, how is the Implementation of the Book Reading Acceleration Method in Improving Student Learning Motivation at Mambaul Ulum Islamic Boarding School Pamekasan, Second, How is the Implementation of the Book Reading Acceleration Method in Increasing Student Learning Motivation at Mambaul Ulum Islamic Boarding School Pamekasan, Third, what are the factors supporters and barriers to the Implementation of the Book Reading Acceleration Method in Improving Learning Motivation of Maktuba Students at Mambaul Ulum Islamic Boarding School Pamekasan. This type of research is a field research that collects primary data through interviews from the chairman of the board, Guru Maktuba PP. Mambaul Ulum Pamekasan, and the guardians of students Maktuba PP. Mambaul Ulum Pamekasan, while the secondary data was obtained from literature and Maktuba PP documents. Mambaul Ulum Pamekasan, after all the data was collected, it was further analyzed qualitatively and described in a descriptive form. The results of the study concluded that: 1). The accelerated method of reading the book showed satisfactory results, namely the embedded humanism and religious values. 2). While the things that supported were the policies of the chairman of the board, educators, school friends, family, facilities and infrastructure. schools, facilities and infrastructure and families.

 

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang permasalahan yang ada di masyarakat saat ini seperti kekerasan, korupsi, perampokan, krisis moral dan lain-lain yang membuat banyak pihak menekankan peran pendidikan yaitu peristiwa sosial yang tidak dapat dipisahkan. tentang peran pendidikan. Rumusan masalah dari tesis ini adalah Pertama, bagaimana Implementasi Metode Akselerasi Baca Kitab Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Maktuba Pondok Pesantren Mambaul Ulum Pamekasan, Kedua, Bagaimana Implementasi Metode Akselerasi Baca Kitab Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Maktuba Pondok Pesantren Mambaul Ulum Pamekasan, Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat Implementasi Metode Akselerasi Baca Kitab Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Maktuba Pondok Pesantren Mambaul Ulum Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang mengumpulkan data primer melalui wawancara dengan ketua panitia Guru Maktuba PP. Orang tua siswa dari Mambaul Ulum Pamekasa dan Maktuba PP. Mambaul Ulum Pamekasan, data sekunder dari literatur dan dokumen Maktuba PP. Setelah semua data dari Mambaul Ulum Pamekasan terkumpul, analisis dilanjutkan secara kualitatif dan dideskripsikan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa1). Metode percepatan membaca buku menunjukkan hasil yang memuaskan yaitu pengenalan nilai-nilai humanistik dan religius. 2). Faktor pendukung meliputi kebijakan presiden, guru, teman sekelas, keluarga, sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambat meliputi teman sekolah, sarana dan prasarana dan keluarga.

References

Asy’ari, Ari, and Tasman Hamami. “Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.†IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 19–34.

Fauzan, Irfan, and Muslimin. “Efektifitas Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Santri….†Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 8, no. 1 (2018): 69–80.

Fitri, Riskal. “Pesantren Di Indonesia Lembaga Pembentukan Karakter, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol.2, No.1†2, no. 1 (2022): 186.

Hamid Fahmy Zarkasyi. “Modern Pondok Pesantren: Maintaining Tradition in Modern System.†Tsaqafah 8, no. 2 (2017): 85–103.

Hasan, Nur. “Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Pondok Pesantren Raoudhotut Tholibin Rembang Jawa Tengah.†Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial 3, no. 2 (2016): 92.

Jasminto. “SUMBANGSIH PESANTREN DALAM HISTORIOGRAFI NUSANTARA SEBUAH KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM.†Islam Nusantara 01, no. 01 (n.d.): 61–71. https://www.researchgate.net/publication/332882180_SUMBANGSIH_PESANTREN_DALAM_HISTORIOGRAFI_NUSANTARA_SEBUAH_KAJIAN_PENDIDIKAN_ISLAM.

Kamaruddin, Kamaruddin. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah.†AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (2019): 29–42.

Komariyah, Nur. “Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School.†Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2016): 221–240.

Manilet, Saida. “Problematika Sistem Pembelajaran Salafiyah Di Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah Dusun Oli Desa Desa Hitu Kabupaten Maluku Tengah.†al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (2020): 1.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda, 2017.

Mukhlishotin. “PENGARUH METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAMBA’UL ULUM.†Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam 04, no. 02 (2019): 177–189. https://media.neliti.com/media/publications/297047-pengaruh-metode-sorogan-terhadap-kemampu-bbdd944d.pdf.

Nasir, M Ridlwan. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal Pondok Pesantren Di Tengah Arus Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Shafwan, Muhammad Hambal. “Analisis Model Pendidikan Tauhid Di Pesantren Al-Ikhlash Lamongan, Indonesia.†Tsaqafah 17, no. 1 (2021): 141–160. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/6662.

———. “‘DERESAN’ PROGRAM THE MASTERY OF ARABIC-CLASSIC BOOK AT PONDOK PESANTREN KARANGASEM LAMONGAN EAST JAVA INDONESIA.†Journal of Social Sciences and Humanities, AIS (American Institute of Science) 01, no. 02 (2015): 125–130. http://files.aiscience.org/journal/article/html/70320030.html.

Solihin, Nandang. “Pendidikan Agama Islam Di Era Disrupsi.†Stitdaarulfatah (2017): 283. http://www.stitdaarulfatah.ac.id/journal/index.php/jmf/article/view/20/17.

Supriaji, Ujud. “KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL.†Cakrawala 03, no. 01 (2019): 16–30. http://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/112.

Published

2023-06-06

Issue

Section

Artikel