ANALISIS STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMP SITI AMINAH SURABAYA

Authors

  • Agus Syairi STAI Taswirul Afkar Surabaya
  • Imron Baihaqi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.14672

Abstract

Islamic religious education carried out at SMP Siti Aminah Surabaya is required to always instill multicultural values between religious communities in order to create conducive school conditions, so that the main learning objectives will be achieved. Through PAI learning and intra-curricular learning. This research is a qualitative research, taking the research location at SMP Siti Aminah Surabaya. Data collection is done by means of observation, interviews and documentation, and using data analysis which will be carried out by giving meaning to the data that has been collected and from that meaning a conclusion can be drawn. The focus of this research is as follows: (1) how multicultural values are instilled in SMP Siti Aminah Surabaya through PAI (2) what is the teacher's strategy in instilling multicultural values through PAI. The results of this study are: 1. The condition of the school community at SMP Siti Aminah Surabaya is quite diverse. The existence of various ethnicities, religions, social status and different ways of thinking in an educational institution. 2. Appropriate multicultural values have been applied by Islamic religious education teachers in school institutions. 3. The strategy of Islamic religious education teachers in instilling multicultural values that are in accordance with the aims and objectives of multicultural education. This is based on teaching and learning activities that have been identified that teachers generally have implemented using the PAKEM model strategy. In addition, the social interaction between teachers and staff runs well and tolerantly in this school institution.

Keywords : PAI Teacher Strategy, Instilling Multicultural Values

 

Pendidikan agama Islam yang dilaksanakan di SMP Siti Aminah Surabaya dituntut untuk selalu menanamkan nilai-nilai multikultural antara umat beragama dalam rangka mewujudkan kondisi sekolah yang kondusif, sehingga tujuan pembelajaran yang utama akan tercapai. Melalui pembelajaran PAI dan pembelajaran secara intrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Siti Aminah Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, dan menggunakan analisis data yang akan dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah bisa ditarik suatu kesimpulan. Yang menjadi fokus penelitian ini sebagai berikut: (1) bagaimana nilai-nilai multikultural yang ditanamkan di SMP Siti Aminah Surabaya melalui PAI (2) bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural melalui PAI. Hasil penelitian ini yakni: 1. Kondisi warga sekolah di SMP Siti Aminah Surabaya cukup beragam. Adanya bermacam-macam etnis, agama, status sosial dan cara berpikir yang berbeda-beda pada sebuah lembaga pendidikan. 2. Nilai-nilai multikultural yang tepat telah diterapkan oleh guru pendidikan agama Islam pada lembaga sekolah. 3. Strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural yang telah sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan multikultural. Hal ini berdasarkan pada kegiatan-kegiatan belajar mengajar yang sudah ter identifikasi bahwa guru secara umum sudah menerapkannya dengan menggunakan strategi model PAKEM. Selain itu, interaksi sosialnya antara para guru dan staf berjalan dengan baik secara toleran dalam lembaga sekolah ini.

Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Menanamkan Nilai-nilai Multikultural

References

Abdurrahmansyah, Abdurrahmansyah. “Pendidikan Multikultural Dalam Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Keagamaan Islam.†Madania: Jurnal Kajian Keislaman 21, no. 1 (2017): 79.

Ambarudin, R. Ibnu. “Pendidikan Multikultural Untuk Membangun Bangsa Yang Nasionalis Religius.†Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 13, no. 1 (2016).

Ibrahim, Rustam. “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : Pengertian , Prinsip , Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.†Addin 7, no. 1 (2013): 1–26.

Lasijan. “MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM.†Jurnal TAPIs 10, no. 2 (2014). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/TAPIs/article/view/1610/1343.

Shafwan, Muhammad Hambal. “ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.†Studia religia 5, no. 2 (n.d.): 318–327. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/10237/pdf.

———. “HADITH EDUCATION IN FORMING CHARACTER OF EARLY CHILDHOOD.†Studia religia 4, no. 1 (n.d.): 01–11. https://core.ac.uk/download/pdf/327263797.pdf.

Suharsono, Suharsono. “Pendidikan Multikultural.†EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 4, no. 1 (2017): 13–23.

Tolchah, Moch, and Muhammad Arfan Mu’ammar. “Islamic Education in the Globalization Era; Challenges, Opportunities, and Contribution of Islamic Education in Indonesia.†Humanities and Social Sciences Reviews 7, no. 4 (2019): 1031–1037.

Yaqin, Ainul. Pendidikan Multikultural Cross-Cultural Understending Untuk Demokrasi Dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media, 2015.

Published

2022-12-05