ANALISIS PERSEPSI WARGA MUHAMMADIYAH PADA KONSEP IMAN KEPADA ALLAH DAN APLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v6i2.14620Abstract
The focus of this research is to analyze the concept of faith in Allah in HPT as the basis for the perception of Muhammadiyah residents in Sugihan-Solokuro-Lamongan village on the concept of Faith in Allah and its application in daily life. This research use desciptive qualitative approach. The informants of this research were the head of the branch, the head of the da'wah section, and two members of Muahammadiyah Sugihan. Data was collected using interview, observation, documentation and literature study techniques. The results of the study show that the perception of Muhammadiyah residents Sugihan on the concept of Faith in God follows HPT, namely that Allah is the only Rabb; creator, sustainer and ruler of this universe. He is al-Ihah al-Haq who has the right to be worshiped, there is no true worship except Him. He has a name and character as stated in the Qur'an and al-Hadith al- maqbullah. Determination of the name and nature of Allah based on the Qur'an and al- hadith, without ta'wil / tahrif and tafwidh and without asking the question "how" / without specifying a particular form and without equating it with what is in creatures. The understanding of Muhammadiyah residents in this matter essentially matches the understanding of Ibn Taimiyah, Ibn Qaiyyim, Abdurrahman al-Sa'dy and Muhammad bin Salih al-Uthaimin, and differs from the philosopher scholars and the scholars of kalam. Its application in the heart, mouth and limbs, in all aspects of life both related to hablumminallah and hablumminannas.
Keywords: Muhammadiyah Sugihan, concept of Faith in Allah, application
Â
Fokus penelitian ini adalah menganalisis konsep iman kepada Allah dalam HPT sebagai landasan persepsi warga Muhammadiyah desa Sugihan-Solokuro-Lamongan pada konsep Iman kepada Allah dan aplikasinya dalam kehidupan sehar-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah pimpinan ranting, ketua bagian dakwah, dan dua orang anggota Muahammadiyah Sugihan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan study kepustakaan. Hasil penelitian bahwa persepsi warga Muhammadiyah Sugihan pada konsep Iman kepada Allah mengikut HPT yaitu Allah itu adalah Rabb satu-satunya; pencipta, pemelihara dan pengatur alam raya ini. Dia adalah al- Ihah al-Haq yang berhaq diibadahi tidak ada sembahan yang benar kecuali Dia. Dia memiliki nama dan sifat sebagaimana telah ditetapkan dalam al-Qur'an dan’al-Hadith al- maqbulah. Penetapan nama dan sifat Allah berdasarkan al-Qur’an dan al-hadith, Tanpa ta’wil/tahrif dan tafwidh serta tanpa menanyakan dengan pertanyaan “bagaimanaâ€/tanpa menentukan bentuknya secara tertentu dan tanpa menyamakannya dengan apa yang ada pada makhluk. Pemahaman warga Muhammadiyah dalam hal ini esensinya mencocoki pemahaman Ibnu Taimiyah, Ibnu Qaiyyim, Abdurrahman al-Sa’dy dan Muhammad bin Shalih al-Uthaimin, serta berbeda dengan ulama ahli filsafat dan ulama ahli kalam. Aplikasinya di hati, lisan dan anggota badan, dalam segala aspek kehidupan baik terkait dengan hablumminallah maupun hablumminannas.
Kata kunci: Muhammadiyah Sugihan, konsep Iman kepada Allah, aplikasi
References
Adhiguna, Baskoro, and Bramastia Bramastia. “Pandangan Al-Qur’an Terhadap Ilmu
Pengetahuan Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Sains.†INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 10, no. 2 (2021): 138.
Ajuri. Al-Sharȋ’ah. Beirut: Dar al-kitab, 1996.
Al-Fauzan, Shalih bin Fauzan. Sharh Al-Aqidah Al-Wasitiyyah. Riyadh: Maktabah al-Ma’arif, 1993.
Al-Lȃlikȃi, Hibatullȃh bin Hasan. Sharhu Ușȗl I’tiqȃd Ahlis Sunnah Wal Jamȃ’ah. Riyadh: Dar al-Thayibah, 1994.
Al-Maná¸È—r, Muhammad bin mukrim. Lisan Al-Arab. Beirut: Dar al-Șȃdir, 1990.
Al-Sa’di, Abdurramȃn bin Nȃsir. Taisȋru Al- Karȋm Al-Rahmȃn Fi Tafsȋr Kalȃm Al-Mannȃn.
Beirut: Muassasah al-Risȃlah, 2002.
Dahlan, M, and M A Thalib. “Konsep Iman, Akal Dan Wahyu Dalam Al-Qur’an.†Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam (2022): 9–29. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/2661%0Ahttps://ejurnal.iainpare. ac.id/index.php/alislah/article/download/2661/1005.
Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002. Shafwan, Muhammad Hambal. “Analisis Model Pendidikan Tauhid Di Pesantren Al-Ikhlash
Lamongan, Indonesia.†Tsaqafah 17, no. 1 (2021): 141–160. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/6662.
———. “PENDIDIKAN TAUHID DAN URGENSINYA BAGI KEHIDUPAN MUSLIM.â€
Tadarus 9, no. 1 (n.d.): 22–38. http://journal.um- surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/5462.
Tahir, Gustia. “Muhammadiyah (Gerakan Sosial Keagamaan Dan Pendidikan).†Jurnal Adabiyah X (2010): 160–170.
Yusra, Nelly. “Muhammadiyah Gerakan Pembaharuan Di Indonesia.†Jurnal Kependidikan Islam Vol. 4, no. No. 1 (2018): 105
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License