PENGARUH PENGGUNAAN METODE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DAN IX MTs MAMBAUL ULUM BATA-BATA PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v6i1.13185Abstract
The learning process would be more effective when students are actively and consciously involved directly in organizing and finding information in the form of knowledge, so that they do not only passively accept the knowledge provided by the teacher Therefore, teachers as educators in carrying out their duties and functions must have the competencies required by government regulations and community needs. This research is intended; First, to describe the use of the jigsaw method in fiqh subjects and student achievement in grades VIII and IX at MTs Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan And secondly, to find out and describe the Effect of Using the Jigsaw Method in Fiqh Lessons on Student Achievement in MTs Mambaul Ulum Pamekasan Panaan Bata-bata in 2021. This research method is quantitative with a population of 970 students and a sample of 280 students by using Stratified Random Sampling Technique And the Methods of data collection are in the form of questionnaires, interviews, observations, and documentation And simple regression analysis was used in analizing the data. The results of this study indicated 1) The use of the Jigsaw method in fiqh lessons and student learning achievement are in the sufficient category This is evidenced by the largest percentage (69,3%) for the use of the jigsaw method and 74,6% student achievement These findings are then supported by observation data, documentation and interviews conducted by the author 2) There is a positive and significant effect between the use of the Jigsaw Method on student achievement in MTs Mambaul Ulum Pamekasan Bata-Bata The magnitude of the influence is 31,5%, the remaining 68,5% is influenced by other factors.
Â
Proses pembelajaran dikatakan efektif apbila peserta didik secara aktif dan sadar ikut terlibat langsung dalam pengorganisasian dan penemuan informasi yaang berupa pengetahuan, sehingga mereka tidak hanya menerima secara pasif pengetahuan yang diberikan oleh guru Oleh karena itu guru sebagai tenaga pendidik harus memiliki kompetensi  yang disyaratkan oleh peraturan pemerintah dan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujian; Pertama, untuk mendeskripsikan Penggunaan Metode jigsaw mata pelajaran fiqih dan Prestasi Belajar Siswa Dan yang kedua, untuk mengetahui dan mendiskripsikan Pengaruh Penggunaan Metode Jigsaw Pelajaran Fiqih Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTs Mambaul Ulum Bata-Bata. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif dengan Populasi sebanyak 970 siswa dan sampel sebanyak 280 siswa yang diambil menggunakan teknik penarikan sampel terlapis (Stratified Random Sampling) Metode pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi Adapun analisis data menggunakan analisi regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Penggunaan Metode Jigsaw pelajaran fiqih dan Prestasi belajar siswa berada dalam kategori cukup, Hal ini debuktikan dengan persentase terbesar (69,3%) umtuk penggunaan metode jigsaw dan 74,6% Prestasi belajar siswa Hasil temuan ini kemudian didukung oleh data observasi, dokumentasi dan interview yang dilakukan penulis 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Metode Jigsaw terhadap Prestasi belajar siswa di MTs Mambaul Ulum Bata-Bata, Adapun besarnya pengaruh tersebut sebesar 31,5%, sisanya 68,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
References
Amandemen. UUD 1945, Plus Atlas Berwarna. Yogyakarta: Putaka yustsia, 2002.
Makkawaru, Maspa. “Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan Dan Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.†Jurnal Konsepsi 8, no. 3 (2019): 116–119.
Muhardi. “Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia.†Mimbar XX, no. 4 (2004): 478–492. https://media.neliti.com/media/publications/156226-ID-kontribusi-pendidikan-dalam-meningkatkan.pdf.
Nurkholis. “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto†1, no. 1 (2013): 24–44.
Shafwan, Muhammad Hambal. “Analisis Model Pendidikan Tauhid Di Pesantren Al-Ikhlash Lamongan, Indonesia.†Tsaqafah 17, no. 1 (2021): 141–160. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/6662.
———. “ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.†Studia religia 5, no. 2 (n.d.): 318–327. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/10237/pdf.
———. Intisari Sejarah Pendidikan Islam. Solo: Pustaka Arafah, 2019.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Rosda, 2017.
Tolchah, Moch, and Muhammad Arfan Mu’ammar. “Islamic Education in the Globalization Era; Challenges, Opportunities, and Contribution of Islamic Education in Indonesia.†Humanities and Social Sciences Reviews 7, no. 4 (2019): 1031–1037.
Usman, Moh . Uzer. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT Remaja Roasdakarya, 2006.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License