Model Pembentukan Adab Siswa Melalui Parenting Orang Tua di SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya

Authors

  • Dwi Agus Widodo STAI Luqman Al-Hakim Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v6i1.13180

Abstract

This research was conducted because it was motivated by the decline in the values of adab that developed in society. Starting from the loss of respect for elders, indiscipline in time, and parents who are busy in their own world so that they forget their responsibility to educate their children. The formulation of the problem of this thesis is First, the etiquette of students at SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya, Second, How is the parenting model used to instill student etiquette at SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya, Third, what are the supporting and inhibiting factors in instilling student etiquette at SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya. This type of research is a field research that collects primary data through interviews with principals, teachers, and guardians of SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya, while secondary data is obtained from literature and documents at SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya, after all data is collected. followed by a qualitative analysis and described in a descriptive form. The results of the study concluded that there were satisfactory results, namely instilling good and religious manners in Luqman Al-Hakim Integral Elementary School students, while the things that supported were the policies of the principal, educators, school friends, family.

 

Penelitian ini dilakukan karena dilatarbelakangi oleh kemerosotan nilai-nilai adab yang berkembang di Masyarakat. Mulai dari hilangnya rasa hormat terhadap yang lebih tua, ketidakdisplinan dalam waktu, serta orangtua yang sibuk dengan dunianya sendiri sehingga lupa akan tanggung jawabnya untuk mendidik anak. Rumusan masalah dari tesis ini adalah Pertama, adab siswa di SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya, Kedua, bagaimana model parenting yang digunakan untuk menanamkan adab siswa di SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya, Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan adab siswa di SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menghimpun data primer melalui wawancara dari pihak kepala sekolah, guru, dan walisantri  SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya. Adapun data Sekunder di dapat dari literatur dan dokumen SD Integral Luqman Al-Hakim Surabaya, setelah semua data terkumpul di lanjut analisis secara kualitatif dan diuraikan dalam bentuk diskriptif. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa adanya hasil yang memuaskan yaitu tertanamkan adab yang baik, religius dan bertauhid pada siswa SD Integral Luqman Al-Hakim, sehingga ketika berada di lingkungan masyarakat mempunyai nilai lebih yaitu adab dan mampu menempatkan diri dimana saja. Adapun hal yang mendukung adalah kebijakan kepala sekolah, tenaga pendidik, Teman sekolah, keluarga. Adapun faktor yang menjadi penghambat adalah teman sekolah, dan keluarga.

References

Al-Hasan, Muhammad, Yusuf. “Pendidikan Anak Dalam Islam.†Pendidikan Anak Islam I (2016): 16–32.

Al-Maghribi, Maghribi bin Said. Begini Seharusnya Mendidik Anak. Jakarta: Darul Haq, 2004.

Ardiansyah, Muhammad. Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa, 2020.

Hambal, Muhammad. “Hadith Education in Forming Character of Early Childhood.†Journal of Chemical Information and Modeling 4, no. 1 (2020): 1–11.

———. “HALAQAH TRADITION IN BUILDING RABBANI CHARACTERS IN PESANTREN AL-ISLAM LAMONGAN ,†2, no. 1 (2018): 11–24.

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Muammar, M. Arfan. Pendidikan Karakter “Strategi Internalisasi Values Dan KajianTeoritis. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2019.

Noer, Muhammad Ali, and Azin Sarumpaet. “Konsep Adab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia.†Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14, no. 2 (2017): 181–208.

Shafwan, Muhammad Hambal. “ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN.†Studia religia 5, no. 2 (n.d.): 318–327. http://103.114.35.30/index.php/Studia/article/view/10237/pdf.

Taubah, Mufatihatut. “PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA PERSPEKTIF ISLAM Mufatihatut Taubah (Dosen STAIN Kudus Prodi PAI).†JUrnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2016): 109–136. http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/41.

Tolchah, Moch, and Muhammad Arfan Mu’ammar. “Islamic Education in the Globalization Era; Challenges, Opportunities, and Contribution of Islamic Education in Indonesia.†Humanities and Social Sciences Reviews 7, no. 4 (2019): 1031–1037.

Published

2022-06-11

Issue

Section

Artikel