ANALISIS PENANGGULANGAN KENAKALAN REMAJA MELALUI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA DI MAM 4 SEDAYULAWAS BRONDONG LAMONGAN

Authors

  • Muhammad Hambal Shafwan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v5i2.10237

Abstract

The problem of the study; First, How to overcome juvenile delinquency of students at MAM 4 Sedayulawas? Second; How is the role of moral education in the prevention of juvenile delinquency at MAM 4 Sedayulawas? The type of research in this study is field research the purpose is to create description or on overview sistematically, factually and accuratelly about facts with qualitative approach the method to collect data are; observation, interview nd documentation. Result of study First: effort which is used to overcome  juvenile delinquency of students (1)Through moral education, (2)Held  religious competition, (3)Studying religious science (4)Action by modeling good role models, (5)Guidance of reading and writing classical Arabic books, (6)Developing positive personality values by fostering cooperation, solidarity, tawadhu’,  (7)Familiarizing students to be discipline at school and through moral education held in school well, it is hoped that  students will be able to avoid those disgraceful characters and have good personality. Second: role of moral education against juvenile delinquency of students at MAM 4 Sedayulawas are, (1)As its concern for juvenile delinquency, (2)Youth coach to be true muslims, (3)Forming a pious believers,  (4)As broad insight in good attitude, (5)Play a role as noble character, (6)As a guide in achieving happiness of hereafter.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali tentang bagaimana upaya penanggulangan kenakalan remaja pada siswa MAM 4 Sedayulawas? Dan bagaimana peran pendidikan akhlak dalam penanggulangan kenakalan remaja dilingkungan MAM 4 Sedayulawas? Jenis penelitian adalah kualitatif dalam bentuk penelitian lapangan. Tujuannya adalah untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sisematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta, dengan pendekatan kualitatif, metode pengumpulan datanya : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian; Pertama Upaya yang digunakan MAM 4 Sedayulawas dalam penanggulangan kenalan remaja pada siswa yaitu (1)Melalui pendidikan ahklak, (2)Mengadakan lomba, (3)Mengkaji ilmu keagamaan, (4)Tindakan dengan memberi contoh suri tauladan yang baik, (5)Bimbingan baca tulis kitab-kitab arab klsikal, (6)Mengembangkan nilai-nilai kepribadian yang memupuk kerja sama, kesetiakawanan, tawadhu’, (7) Membiasakan siswa berdisiplin di Madrasah dan Melalui pendidikan ahklak yang diselenggarakan di sekolah dengan baik, diharapkan para siswa akan dapat menghindari sifat-sifat tercela tersebut dan dapat berakhlakul karimah. Kedua Peran pendidikan Ahklak terhadap kenalan remaja pada siswa MAM 4 Sedayulawas yaitu (1)Sebagai keprihatinannya terhadap kenalan remaja, (2)Pembina remaja menjadi muslim sejati (3)Membentuk manusia mukmin yang bertakwa, (4)Sebagai wawasan yang luas dalam berakhlakul karimah, (5)Berperan sebagai berbudi pekerti yang tinggi, (6)Sebagai pedoman dalam mencapai kebahagiaan dunia akhirat.

References

Ariyanik, Siti, and Elly Suhartini. “Fenomena Kenakalan Remaja Di Desa Wonorejo Kabupaten Situbondo.†Jurnal Entitas Sosiologi 1, no. 2 (2012): 16–26.

Daradjat, Zakiah. Problema Remaja Di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 2014.

Ilyas, Yunahar. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: LPPI, 1999.

Karlina, Lilis. “Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja.†Edukasi Nonformal 1, no. Vol 1 No 2 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal (2020): 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda, 2017.

Sudarsono. Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta, 2020.

Sumara, D; Humaedi, S; Santoso, M. D. “Kenalakan Remaja Dan Penanganannya.†penelitian & PPM 4, no. kenkalan remaja (2017): 129–389.

Published

2021-12-09

Issue

Section

Artikel