IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN INTEGRASI SAINS-QURAN PADA HUKUM NEWTON I,II,III DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 9 PONDOK PESANTREN AL-MIZAN LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v5i2.10236Abstract
This study aims to determine how the planning, implementation and evaluation of learning the integration of science-quran in Newton's law at MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan. This type of research is a case study research that collects primary data through interviews from waka madrasah, physics teacher integration science-quran and class X IPA 2 MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Lamongan, while secondary data can be obtained from literature and documents. MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Lamongan, after all the data has been collected, it is further analyzed qualitatively and described in descriptive form. The results of this study conclude that first, learning planning is carried out by the waka of the curriculum, namely determining the revised 2013 curriculum as the madrasa curriculum. The integration physics teacher is also involved in lesson planning, such as: preparing the Details of the Effective Week (RPE), Syllabus, Semester Program (Promes), Annual Program (Prota), and Lesson Plans (RPP). Second, the implementation of learning is divided into three activities, namely preliminary activities, core activities and closing activities. Third, the evaluation of learning the integration of science-quran on Newton's law material based on time is divided into two, namely material exams and daily exams. Based on the form, it is divided into three, namely: knowledge evaluation in the form of written and non-written, attitude evaluation in the form of an attitude evaluation sheet and skill evaluation in the form of a skill evaluation sheet.
Â
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi dan evaluasi pembelajaran integrasi sains-quran pada hukum Newton di MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Muhammadiyah Lamongan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang menghimpun data primer melaului wawancara dari waka madrasah, Guru mata pelajaran Fisika integrasi sains-quran dan Siswa kelas X IPA 2 MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Lamongan, adapun data Skunder di dapat dari lieteratur dan dokumen MA Muhammadiyah 9 Pondok Pesantren Al-Mizan Lamongan, setelah semua data terkumpul di lanjut analisis secara kulitatif dan diuraikan dalam bentuk diskriptif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Pertama, Perencanaan pembelajaran dilakukan oleh waka kurikulum yaitu menentukan kurikulum 2013 revisi sebagai kurikulum madrasah. Guru mata pelajaran fisika integrasi juga terlibat dalam perencanaan pembelajaran, seperti: menyusun Rincian Pekan Efektif (RPE), Silabus, Program Semester (Promes), Program Tahunan (Prota), dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua, Pelaksanaan pembelajaran dibagi menjadi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Ketiga, Evaluasi pembelajaran integrasi sains-quran pada materi hukum Newton berdasarkan waktunya dibagi menjadi dua, yaitu ujian materi dan ujian harian. Adapun berdasarkan bentuknya dibagi menjadi tiga, yaitu: evaluasi pengetahuan berbentuk tulisan dan non tulisan, evaluasi sikap berbentuk lembar evaluasi sikap dan evaluasi keterampilan berbentuk lembar evaluasi keterampilan.
References
Depdikbud., 2006., Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Sinar Grafika, Jakarta.
Masduki., 2015., Pendidikan Islam dan Kemajuan Sains: Historisitas Pendidikan Islam yang Mencerahkan, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. IV, No. 2, 255-268.
Masdukin., 2013., Paradigma Agama dan Sains Nondikotomik, Pustaka Belajar, Yogyakarta
Miles, B., & Huberman., 1992., Analisis Data Kualitatif, UI Press, Jakarta.
Nurdiana, Ratna., Suyatno, & Wasis., 2015., Penerapan Model Pembelajaran Susan Louks-Horsley dengan Tugas Proyek Pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Prosiding Seminar Nasional Kimia, Surabaya.
Partanto, Pius A., & M. Dahlan Al Barry., 2001., Kamus Ilmiah Populer, PT. Arkola, Surabaya.
Serway, Raymond A., & John W. Jewett Jr., 2009., Physics for Scientists and Engineers with Modern Physics I, terj. Chriswan Sungkono, Salemba Teknika, Jakarta.
Suharso., & Ana Retnoningsih., 2015., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Widya Karya, Semarang.
Tafsir, Ahmad., 2008., Filsafat Pendidikan Islam, Remaja Rosda Karya, Bandung.
Tirtharahardja, Umar., 2010., Pengandar Pendidikan, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License