PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN BACA AL QUR’AN PADA SISWA BIMBINGAN TAMBAHAN KELAS VIII DAN IX SECARA VIRTUAL (ZOOM) DI SMP AL FALAH SURABAYA

Authors

  • wawan setiawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v5i2.10110

Abstract

The learning method is one of the important elements in the implementation of learning in schools. Mastery of learning methods for every teacher is an obligation that must be fulfilled as a professional figure of education and must always be developed regularly. The formulation of the problem in the research are: 1. How is the Ability to Read Al-Qur'an in Additional Guidance Students of Class VIII and IX Virtually (ZOOM) at SMP Al Falah Surabaya? 2. How is Learning to Read the Qur'an for Additional Guidance Students for Classes VIII and IX with the Virtual Peer Tutor Method (ZOOM) at Al Falah Junior High School Surabaya?. This research is descriptive qualitative, data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that 1). Peer tutor learning to improve reading of the Qur'an in additional tutoring students of class VIII and IX virtually (ZOOM) at SMP Al Falah Surabaya is going well. This method is an alternative for learning the Qur'an at the school. 2). The results of the implementation of peer tutoring are very good. Judging from student responses and teacher support from reading the Qur'an and other teachers. The main result of this activity is that this activity becomes a positive culture in the school environment in order to support school programs that not only make students smart but also have moral or noble character. In addition, the interaction between students makes them not only enjoy knowledge for themselves but share knowledge with each other which makes for a good atmosphere of social interaction.

 

Metode pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Penguasaan metode pembelajaran bagi setiap guru adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi sebagai sosok tenaga yang profesional kependidikan dan senantiasa harus terus dikembangkan secara berkala. Rumusan masalah dalam penelitian adalah: 1. Bagaimana Kemampuan Baca Al Qur’an pada Siswa Bimbingan Tambahan Kelas VIII dan IX secara Virtual (ZOOM) di SMP Al Falah Surabaya? 2. Bagaimana Pembelajaran Baca Al Qur’an pada Siswa Bimbingan Tambahan Kelas VIII dan IX dengan Metode Tutor Sebaya secara Virtual (ZOOM) di SMP Al Falah Surabaya?. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pembelajaran tutor sebaya untuk meningkattkan baca Al Qur’an pada siswa bimbingan tambahan kelas VIII dan IX secara virtual (ZOOM) di SMP Al Falah Surabaya berjalan dengan baik. Metode ini sebagai alternatif bagi pembelajaran Al Qur’an di sekolah tersebut. 2). Hasil dari pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya sangat baik. Dilihat dari respon siswa dan dukungan guru dari mata pelajaran baca Al Qur’an dan guru lainnya. Hasil yang paling utama dari kegiatan ini adalah kegiatan ini menjadi budaya positif di lingkungan sekolah dalam rangka mendukung program sekolah yang tidak hanya menjadikan siswa menjadi pintar tetapi juga bermoral atau berakhlaq mulia. Selain itu juga interaksi antara siswa yang menjadikan mereka tidak hanya menikmati ilmu untuk dirinya tetapi saling berbagi ilmu yang menjadikan suasana interaksi sosial yang baik.

References

Darmadi. 2017. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Imam Bukhari. Maktabah Syamilah:Shahih Bukhari, No.5027, Juz 6 Bab Khoirukum Man Ta’allamal Quran.

Lexy J. Moleong, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mohammad Ali, Mohammad Asrori. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Rully Indrawan dan Poppy Yaniawati. 2014. Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama.

Published

2021-12-09

Issue

Section

Artikel