IMPLEMENTASI KONSEP THE TALENTED SCHOOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 21 SURABAYA

Authors

  • maliki maliki SD Muhammadiyah 21 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v5i2.10044

Abstract

This thesis has a goal, namely to find out how far the implementation of the Talented School concept in improving student achievement at Muhammadiyah 21 Elementary School Surabaya. Its purpose is to contribute ideas for concept implementing schools and educational institutions in the Semampir sub-district, Surabaya. The hope is to be able to contribute ideas for the development of Muhammadiyah 21 Surabaya Elementary School which can become a pilot school both at the Semampir sub-district and Surabaya city level within Muhammadiyah circles. In this study, the author uses a descriptive qualitative method that takes data directly from the existing reality. The author gets information that the curriculum at this school has been planned and structured effectively, not just decoration. But it must be applied in learning effectively as well. The success of a plan that has been prepared cannot be carried out by one party alone. In school educational institutions, success can be determined from an educator who is an expert in talent development, besides that it is supported by adequate facilities and infrastructure and directed leadership. To explore the hidden talent in each student, an educator must be done continuously. In addition to expert educators and adequate infrastructure, parents must also be supported, either directly or indirectly.

Tesis ini memiliki tujuan yakni ingin mengetahui sejauh mana Implementasi Konsep The Talented School dalam meningkatkan prestasi siswa di Sekolah Dasar Muhammadiyah 21 Surabaya. Kegunaannya adalah memberikan kontribusi pemikiran bagi sekolah pelaksana konsep dan lembaga pendidikan yang berada di wilayah kecamatan Semampir Surabaya. Harapannya mampu memberikan sumbangsih pemikiran demi perkembangan Sekolah Dasar Muhammadiyah 21 Surabaya bisa menjadi sekolah percontohan baik di tingkat kecamatan Semampir maupun tingkat kota Surabaya dalam kalangan Muhammadiyah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mengambil data langsung dari realita yang ada. Penulis mendapatkan informasi bahwa kurikulum pada sekolah ini sudah terencana dan tersusun secara efektif, tidak hanya sekedar hiasan. Tetapi harus di aplikasikan dalam pembelajaran secara efektif pula. Keberhasilan suatu rencana yang sudah tersusun tidak bisa dilakukan oleh salah satu pihak saja. Dalam lembaga pendidikan sekolah, keberhasilan bisa ditentukan dari seorang pendidik yang ahli dalam pengembangan bakat, selain itu didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai serta kepemimpinan yang terarah. Untuk menggali bakat yang terpendam dalam setiap peserta didik harus dilakukan seorang pendidik secara terus menerus. Selain pendidik yang ahli dan sarana prasarana yang memadai juga harus didukung oleh orang tua baik secara langsung maupun tidak langsung.

References

Ali, M & asrori. 2005. Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara

Afgandi, Iis Nur’aeni. 2012. Ternyata Wanitah Lebih Mudah Masuk Surga.

Angga Pebria Wenda, Cara Ampuh memaksimalkan potensi anak (PT. Gramedia, Jakarta:2019),118-119.

Asep Hermawan, Husna Leila Yusran, Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitaif, (PT. Kencana, Depok:2017),125

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Asnawir, 2006. Manajemen Pendidikan, IAIN IB Press, Padang

Honggowiyono Puger, Pertumbuhan dan perkembangan untuk guru dan calon guru, PT. Gunung Samudera, Malang:2015

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (PT. Remaja Rosdakarya: Bandung, 2012), h. 4

Munandar, Utami. (2017). Mengembangkan Bakat dan Kreatiivitas Anak Sekolah. Jakarta: PT.Gramedia.

Pratini, Siti, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Studing. 2005.

Sumadi Suryabrata, 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Published

2021-12-09

Issue

Section

Artikel