IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTs YKUI MASKUMAMBANG GRESIK

Penulis

  • Abdu Dzil Jalali Wal Ikrom STIT Maskumambang Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.22494

Kata Kunci:

Implementasi, Metode Mind Mapping, Efektivitas Belajar

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi masalah pendidikan, yaitu lemahnya minat dan motivasi siswa dalam menerima mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Sehingga hal ini dapat berdampak pada rendahnya nilai yang diraih pada materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Mengingat pentingnya mata pelajaran SKI, seharusnya mata pelajaran tersebut bisa diterima oleh siswa secara efektif. Untuk itu problem-problem di atas harus diantisipasi semaksimal mungkin. Rumusan masalah tesis ini, Pertama: Bagaimana pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs YKUI Maskumambang Gresik? Kedua : Bagaimana implementasi metode Mind Mapping pada pembelajaran SKI dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa kelas VII di MTs YKUI Maskumambang Gresik? Ketiga : Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode Mind Mapping pada pembelajaran SKI kelas VII di MTs YKUI Maskumambang Gresik? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menghimpun Data Primer melalui wawancara pihak kepala madrasah, guru, dan siswa MTs YKUI Maskumambang. Data sekunder dari literatur dan dokumen MTs YKUI Maskumambang. Setelah semua data terkumpul dianalisis secara kualitatif, dalam bentuk deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Implementasi Metode Mind Mapping pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Kelas VII di MTs YKUI Maskumambang Gresik telah diwujudkan dengan 3 tahap. Tahap pertama yaitu tahap perencanaan dengan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Tahap kedua, yaitu tahap pelaksanaan, yaitu kegiatan inti dalam membuat mind mapping ada yang individu maupun berkelompok. Tahap ketiga, yaitu evaluasi pembelajaran dengan penilaian hasil pada kognitif (pengetahuan) siswa melalui mengerjakan latihan soal. Dari hasil penelitian menemukan bahwa adanya peningkatan efektivitas belajar siswa kelas VII MTS YKUI Maskumambang Gresik ketika diterapkan metode mind mapping.

Referensi

Asrori, M. P. I. Inovasi Belajar Dan Pembelajaran PAI (Teori & Aplikatif). Surabaya: UMSurabaya Press, 2019.

Hambal, M. “Saintific Approach on Islamic Religious Education Curriculum in The Perspective of Al-Qur’an.” Studia Religia (Pemikiran dan Pendidikan Islam) 3, no. 1 (2019): 65–74.

Hanso, Blum. “Peran Pendidikan Dalam Memembentuk Karakter Bangsa Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).” jurnal rontal keilmuan PPKn 2 (2016): 1–7.

Hartono, Yudi. “Model Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Bangsa Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 7, no. 01 (2017): 34–48.

Idhar, Idhar. “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 2, no. 1 (2018): 314–328.

Iskandar, Khusnan. “Profesionalisme Guru.” JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education Volume 01, no. nomor 01 (2017): 21–40. https://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/jalie-inkafa/article/view/82.

Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Nidlom, Afifun, and Fuad Syukri Zaen. PENDIDIKAN AL-ISLAM Untuk SMA/SMK/MA Muhammadiyah Kelas XI. Ketiga. Surabaya: Duta Matahari Utama, 2022.

Purwadhi, Purwadhi. “Pengembangan Kurikulum Dalam Pembelajaran Abad XXI.” Mimbar Pendidikan 4, no. 2 (2019): 103–112.

Samsuddin. “Format Baru Transformasi Pendidikan Islam.” Islamica 7, no. 1 (2012). https://www.researchgate.net/publication/286414822_Format_Baru_Transformasi_Pendidikan_Islam.

Sari, Widia Maya, and Dan Endang Susiloningsih. “Penerapan Model Assure Dengan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 9, no. 1 (2015): 1468–1477.

Shafwan, Muhammad Hambal. “KONSEP AL-QUR’AN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” STAIKA 04, no. 02 (2021): 128–141. http://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/45.

———. “PENGARUH APLIKASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs PONPES SALMAN ALFARISI KARANGANYAR SOLO.” Tadarus 09, no. 02 (2020): 176–187. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/6757.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-13

Terbitan

Bagian

Artikel