METODE PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SHOLEH FAUZAN (TELAAH KITAB SYARAH HADIS JIBRIL)
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v8i1.22484Abstrak
Penelitian ini membahas tentang: 1. Bagaimana telaah kitab Syarah Hadis Jibril karya Sholeh Fauzan?, 2. Bagaimana metode pendidikan Islam dalam perspektif Sholeh Fauzan dalam kitab Syarah Hadis Jibril?, dan 3. Bagaimana relevansi pendidikan Islam dalam perspektif Sholeh Fauzan pada pendidikan di Indonesia? Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, dimana penulis menggunakan beberapa literatur berupa kitab, artikel, atau yang semisalnya baik online maupun offline yang menjadi sumber data pada penelitian ini. Sumber data pada penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer yaitu kitab Syarah Hadis Jibril dan sumber data skunder yaitu beberapa kitab, artikel atau yang lainnya yang memiliki kaitan dengan pembahasan yang sedang diteliti. Setelah melakukan penelitian dari kitab Syarah Hadis Jibril dengan menggunakan metode kualitatif tersebut maka ditemukanlah beberapa hasil penelitian diantaranya adalah: 1. Isi kandungan kitab Syarah Hadis Jibril meliputi (Metode Pendidikan Islam, Materi Pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, dan Akidah dan akhlak). 2. Metode Pendidikan Islam, meliputi (Metode Tanya Jawab dan Metode Teladanan). 3. Relevansi Pendidikan Islam Perspektif Sholeh Fauzan di Indonesia, meliputi (Pendidikan Islam di Indonesia, Metode Pendidikan Islam di Indonesia, Kurikulum Pendidikan di Indonesia) kesimpulannya bahwa ketiga temuan tersebut sangat relevan jika diterapkan pada pendidikan Islam di Indonesia.
Referensi
Anwar, Heru Saiful. “Membangun Karakter Bangsa.” At-Ta’dib 8, no. 1 (2013): 4–10. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/511.
Ardiansyah, Muhammad. Konsep Adab Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Depok: Yayasan Pendidikan Islam At-Taqwa, 2020.
Moeleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Sari, Bitari Widia, and Dedih Surana. “Model Pembelajaran Integratif Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2022).
Shafwan, M. H., & Baihaqi, I. “STRATEGI INTERNALISASI NILAI IMAN KEPADA ALLAH DI KELAS QONUNI 3 DAN 4 DI KUTTAB AL-FATIH SIDOARJO.” Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam Karang Asem 5, no. 2 (2022): 53–59.
Shafwan, Muhammad Hambal. “HADITH EDUCATION IN FORMING CHARACTER OF EARLY CHILDHOOD.” Studia religia 4, no. 1 (n.d.): 01–11. https://core.ac.uk/download/pdf/327263797.pdf.
———. “KONSEP AL-QUR’AN TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM.” STAIKA 04, no. 02 (2021): 128–141. http://jurnal.staim-paciran.ac.id/index.php/staika/article/view/45.
———. “PENDIDIKAN TAUHID DAN URGENSINYA BAGI KEHIDUAPAN MUSLIM.” Tadarus 09, no. 01 (2020): 47–58. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/5462.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Tolchah, Moch. “Studi Perbandingan Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazāli Dan Al-Attas.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (2019): 79–106.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Suhri, Satya Indra Purnama
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License