Implementasi Model Pembelajaran Edutainment dalam Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII SMPN 35 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v7i1.18257Abstrak
This study aims as: 1. To find out how the edutainment learning model is, 2. To find out how the implementation of the edutainment learning model for PAI subjects in class VIII SMPN 35 Surabaya, 3. To find out how the development of PAI students' learning creativity using the edutainment learning model in class VIII class SMPN 35 Surabaya. In this study, researchers used descriptive qualitative research. Because this research focuses on the application process "Implementation of edutainment learning in the development of creativity in PAI subjects". The results of this study explain that the edutainment learning model in the field of PAI studies at SMPN 35 Surabaya has a special learning strategy, namely learning packaged in the form of entertainment. The learning methods used also vary: lecture method, question and answer method, recitation method (giving assignments), discussion method, demonstration method, drill or exercise text method, natural meditation method, story method, image method. Creativity is an important part that is used as a foundation in the application of the edutainment learning model. In the learning process, this model also emphasizes the involvement of students as educational subjects, which is supported by a relationship filled with intimacy and harmony between teachers and students. Finally, there is no compulsion to choose the references used in the learning process.
Â
Penelitian ini bertujuan sebagai: 1. Untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran edutainment, 2. Untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran edutainment mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 35 Surabaya, 3. Untuk mengetahui bagaimana pengembangan kreativitas belajar siswa mata pelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran edutainment di kelas kelas VIII SMPN 35 Surabaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sebab penelitian ini menitik beratkan pada proses aplikasi “Pelaksanaan pembelajaran edutainment dalam pengembangan kreativitas mata pelajaran PAIâ€. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa model pembelajaran edutainment pada bidang studi PAI di SMPN 35 Surabaya mempunyai strategi pembelajaran khusus, yakni pembelajaran yang dikemas dalam bentuk hiburan. Metode pembelajaran yang digunakan juga beragam: Metode ceramah, Metode tanya jawab, Metode resitasi (pemberian tugas), Metode diskusi, Metode demonstrasi, Metode teks dril atau latihan, Metode tadabur alam, Metode cerita, Metode gambar. Kreatifitas menjadi bagian penting yang dijadikan landas pijak dalam penerapan model pembelajaran edutainment. Dalam proses belajarnya, model ini juga menekankan pada keterlibatan siswa sebagai subyek pendidikan, yang didukung dengan adanya hubungan yang diliputi keakraban dan keharmonisan antara guru dan peserta didiknya. Terakhir, tidak ada pemaksaan untuk memilih referensi rujukan yang dipakai dalam proses belajar.
Referensi
Abdurrahmansyah, Abdurrahmansyah. “Pendidikan Multikultural Dalam Desain Kurikulum Dan Pembelajaran Keagamaan Islam.†Madania: Jurnal Kajian Keislaman 21, no. 1 (2017): 79.
Anwar, Heru Saiful. “Membangun Karakter Bangsa.†At-Ta’dib 8, no. 1 (2013): 4–10. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/511.
Dahlan, M, and M A Thalib. “Konsep Iman, Akal Dan Wahyu Dalam Al-Qur’an.†Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam (2022): 9–29. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/view/2661%0Ahttps://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/alislah/article/download/2661/1005.
Fahrudin, Hasan Asari, Siti Halimah. Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2019.
Hartono, Yudi. “Model Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Bangsa Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.†Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 7, no. 01 (2017): 34–48.
Heryanto, Heryanto Heryanto. “Model Penilaian Hasil Belajar Dan Karakter.†NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2, no. 2 (2018): 118–128.
Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media, 2009.
Khoerunnisa, Putri, and Syifa Masyhuril Aqwal. “Analisis Model-Model Pembelajaran.†Fondatia 4, no. 1 (2020): 1–27.
Krismiyati, Krismiyati. “Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SD Negeri Inpres Angkasa Biak (Human Resource Development in Improving The Quality of Education at SD Negeri Inpres Angkasa Biak).†Jurnal Office 3, no. 1 (2017): 43.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda, 2017.
Nurkholis. “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto†1, no. 1 (2013): 24–44.
Rusniati, Rusniati. “PENDIDIKAN NASIONAL DAN TANTANGAN GLOBALISASI: Kajian Kritis Terhadap Pemikiran A. Malik Fajar.†Jurnal Ilmiah Didaktika 16, no. 1 (2015): 105.
Shafwan, Muhammad Hambal. “HADITH EDUCATION IN FORMING CHARACTER OF EARLY CHILDHOOD.†Studia religia 4, no. 1 (n.d.): 01–11. https://core.ac.uk/download/pdf/327263797.pdf.
———. Intisari Sejarah Pendidikan Islam. Solo: Pustaka Arafah, 2019.
———. “PENDIDIKAN TAUHID DAN URGENSINYA BAGI KEHIDUPAN MUSLIM.†Tadarus 9, no. 1 (n.d.): 22–38. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/5462.
Siregar, M Deni. “KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA†10, no. 2 (2015): 233–247.
Tafsir, A. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992.
Tolchah, Moch. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Solusinya. Surabaya: Kanzum Books, 2020.
Wabaa, M., Laloma A., and V. Londa. “Pengaruh Globalisasi Informasi Terhadap Kehidupan Sosial Budaya Generasi Muda ( Suatu Studi Di Sma Negeri 1 Beo Kabupaten Kepulauan Talaud ).†Jurnal Administrasi Publik UNSRAT 4, no. 5 (2014): 1247.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License