Strategi Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Siswa melalui Program Asrama Kelas Akhir bagi Siswa Kelas XII di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan
DOI:
https://doi.org/10.30651/sr.v7i1.18190Abstrak
Strategies to Improve Student Achievement and Learning Motivation, namely by using several methods applied in learning, the existence of supporting and inhibiting factors in improving student achievement and motivation, and how to overcome these obstacles. This study uses a qualitative approach and descriptive type. The data in the study were collected through interviews, observation, and documentation methods, and then analyzed using the interactive analysis of the Miles and Huberman model. Based on the results of the study, it can be concluded: First, the strategies commonly used by teachers vary, such as the lecture method, question and answer, discussion, group work and the method of giving assignments. Second, the supporting factor in increasing student achievement and motivation is the use of various methods to avoid a vacuum and boring learning atmosphere and the existence of student motivation, both intrinsic and inquiry methods, all of which lead to the spirit of student learning. Third, how to overcome obstacles in increasing student achievement and motivation: Anticipatory steps by providing additional guidance to underprivileged students specifically and more intensively. In addition, it must also build good communication between teachers and students, between teachers and parents. Teachers also have to establish a good emotional relationship with students.
Â
Strategi Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa, yaitu dengan menggunakan beberapa metode yang diterapkan di dalam pembelajaran, adanya faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa, dan cara mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan juga dokumentasi, dan kemudian dianalisis dengan analisis interaktif model Miles and Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, Strategi yang biasa digunakan guru bervariasi yakni seperti metode ceramah, Tanya jawab, diskusi, kerja kelompok dan metode pemberian tugas. Kedua, Faktor pendukung dalam meningktakan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa adalah penggunaan metode yang beragam untuk menghindari suasana belajar vakum dan membosankan serta adanya motivasi siswa, baik metode intrinsik maupun metode inquiri yang kesemuanya mengarah pada semangat belajar siswa. Ketiga, Cara mengatasi hambatan dalam meningkatkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa: Langkah antisipatif dengan memberikan bimbingan tambahan kepada siswa kurang mampu secara khusus dan lebih intensif. Selain itu, juga harus membangun komunikasi yang baik antar guru dan siswa, antar guru dan orang tua. Guru juga harus menjalin hubungan emosional yang Baik dengan siswa.
Â
Referensi
Albar, Mawi Khusni. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Prudent Media, 2018.
Anwar, Heru Saiful. “Membangun Karakter Bangsa.†At-Ta’dib 8, no. 1 (2013): 4–10. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/511.
Asy’ari, Ari, and Tasman Hamami. “Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.†IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 19–34.
Fatimah, Fatimah, and Ratna Dewi Kartikasari. “Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa.†Pena Literasi 1, no. 2 (2018): 108.
Hartono, Yudi. “Model Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Bangsa Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.†Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya 7, no. 01 (2017): 34–48.
Hasan, Nur. “Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Pondok Pesantren Raoudhotut Tholibin Rembang Jawa Tengah.†Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial 3, no. 2 (2016): 92.
Iskandar, Khusnan. “Profesionalisme Guru.†JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education Volume 01, no. nomor 01 (2017): 21–40. https://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/jalie-inkafa/article/view/82.
Komariyah, Nur. “Pondok Pesantren Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Full Day School.†Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2016): 221–240.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda, 2017.
Mu’izzuddin, Mochammad, Juhji Juhji, and Hasbullah Hasbullah. “Implementasi Metode Sorogan Dan Bandungan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning.†Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 6, no. 1 (2019): 43.
Priscilla, Cindy, and Deddy Yusuf Yudhyarta. “Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO.†Asatiza: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2021): 64–76.
Shafwan, Muhammad Hambal. “Analisis Model Pendidikan Tauhid Di Pesantren Al-Ikhlash Lamongan, Indonesia.†Tsaqafah 17, no. 1 (2021): 141–160. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/6662.
———. “Pembentukan Karakter Rabbani Di Pesantren Al-Islam Lamongan Jawa Timur Indonesia.†Tadarus 8, no. 1 (n.d.): 77–82. http://repository.um-surabaya.ac.id/3941/.
———. “PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TAUHID (ANALISIS TERHADAP AL-QUR’AN SURAT LUQMAN AYAT 12-19 DALAM TAFSIR IBNU KATSIR).†Tadarus 10, no. 01 (2021): 45–56. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/8487.
———. “PENGARUH APLIKASI METODE DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs PONPES SALMAN ALFARISI KARANGANYAR SOLO.†Tadarus 09, no. 02 (2020): 176–187. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/6757.
———. “USE OF LEARNING RESOURCES TO IMPROVE LEARNING QUALITY OF ISLAMIC EDUCATION IN MADRASAH IBTIDAIYAH OF MUTIARA BUNDA SURABAYA.†Studia religia 04, no. 02 (2020): 189–199. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Studia/article/view/6764.
Siregar, M Deni. “KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PROSES TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA†10, no. 2 (2015): 233–247.
Supriadie, Didi. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis tetap memegang hak atas karyanya dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal ini yang secara simultan karya tersebut dilisensikan di bawah:
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License