Pengaruh Persepsi Penyebaran Covid-19 Terhadap Kesiapsiagaan Bencana pandemi Guru PAUD Di Kota Magelang

Isi Artikel Utama

Tri Winugroho
Rio Khoirudin Apriyadi
Aprilyanti Aprilyanto

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah berdampak pada semua sektor kehidupan di seluruh dunia, tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, namun juga berdampak pada dunia pendidikan.  Pendidikan akan menjadi kunci terpenting karena memiliki peran dalam mewujudkan peradaban suatu bangsa. Oleh karena itu pendidikan harus selalu mendapat perhatian khusus, baik dalam situasi normal maupun dalam situasi darurat. Adanya bencana pandemi Covid-19 ini, peran guru PAUD disekolah sangat dibutuhkan dalam hal pembelajaran dan sosialisasi terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan. Pendidikan kebencanaan dari guru PAUD diharapkan dapat membentuk karakter empati dari siswa dan kemauan untuk membantu sesama dalam menjalankan protokol kesehatan dengan ceria. Namun terkadang munculnya perbedaan persepsi guru dan gagapnya sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran dari rumah menunjukkan bahwa kebijakan yang diambil oleh pemerintah masih menghadapi beberapa tantangan di lapangan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjabarkan dan menganalisis bagaimana pengaruh persepsi penyebaran Covid-19 terhadap kesiapsiagaan bencana pandemi Covid-19 pada guru PAUD yang ada di Kota Magelang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif dengan sampel 75 responden guru PAUD. Metode kuesioner digunakan sebagai intrumen dalam pengumpulan data yang digunakan diolah dengan menggunakan skala likert. Analisa data pada penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SPSS 17 untuk melakukan uji statistik seperti uji analisa gambaran, uji kolmogrov smirnov, uji hipotesa, uji korelasi, uji analisa regresi. Hasil penelitian menggambarkan terdapat 60,8% kontribusi tentang persepsi penyebaran Covid-19 terhadap kesiapsiagaan bencana pandemi.

Rincian Artikel