Manfaat Bermain Papercraft Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Pada Anak Usia Dini: Literature Review
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Perkembangan pendidikan yang ada di Indonesia hanya mengukur kepandaian anak dengan dasar nilai studi di setiap sekolah belum sampai mendidik dan mengembangkan kreativitas anak. Pendidikan harus mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan zaman, anak-anak harus dibekali kemampuan untuk menyesuaikan dengan perubahan dan perkembangan teknologi supaya anak dapat menghadapi perkembangan zaman yang dinamis. Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menganalisa pada anak perlu ditumbuhkan, kurangnya anak bermain di luar. Ini menyebabkan kemampuan berpikirnya kurang berkembang, tidak berani mencoba hal baru, menghadapi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan secara mendalam tentang manfaat bermain papercraft dalam meningkatkan kreativitas berpikir pada anak usia dini. Kajian-kajian terdahulu telah membahas pengaruh bermain papercraft terhadap peningkatan motorik pada anak namun belum melihat aspek kreativitas berpikir yang dapat dikembangkan anak ketika bermain papercraft.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau studi literatur. Metode studi literatur yaitu salah satu metode peneltian yang lebih mengutamakan penelusuran pustaka, seperti buku-buku tentang anak, kreatvitas berpikir dan bermain papercraft. Saat bermain papercraft, anak akan terbiasa memperhatikan dan mengikuti perintah/ instruksi yang diberikan guru dengan runut. Dan yang tidak kalah penting pada saat anak bermain papercraft akan menstimulasi anak untuk berpikir kreatif dimana akan memunculkan ide-ide baru dan model baru dari hasil karya yang dibuatnya, dan juga mendorong anak untuk berimajinasi akan hasil karyanya. Dengan demikian, ketika anak bermain papercraft dapat menstimulasi kemampuan kreativitas berpikir anak. Karena kreativitas berpikir anak bisa dikembangkan dan dirangsang melalui pengalaman bermain anak yang menyenangkan dan imajinatif, dimana anak-anak dapat terlibat dalam bermain peran untuk menghasilkan gagasan-gagasan yang baru serta inovatif dalam proses bermain tersebut.
Kata-kata Kunci: kreativitas berpikir, bermain papercraft, anak usia dini
ABSTRACT
The development of education in Indonesia only measures the intelligence of children on the basis of the value of studies in each school that has not yet educated and developed children's creativity. Education must experience development in accordance with the progress of the times, children must be equipped with the ability to adapt to changes and technological development so that children can face the development of a dynamic era. The ability to think critically and analytical skills in children needs to be grown, the lack of children playing outside. This causes the ability to think less developed, not dare to try new things, face challenges. The research aims to study and describe in depth the benefits of playing papercraft in improving creativity in thinking at an early age. Previous studies have discussed the effect of playing papercraft on increasing motor skills in children but have not looked at aspects of thinking creativity that children can develop when playing papercraft. This study uses a qualitative approach to the type of library research or literature studies. The literature study method is one of the research methods which prioritizes library research, such as books about children, thinking creativity and playing papercraft. When playing papercraft, children will get used to paying attention and following the instructions / instructions given by the teacher by trace. And no less important when children play papercraft will stimulate children to think creatively which will bring up new ideas and new models of the work they make, and also encourage children to imagine their work. Thus, when children play papercraft can stimulate children's creative thinking abilities. Because children's creativity can be developed and stimulated through children's play experiences that are fun and imaginative, where children can be involved in role playing to produce new and innovative ideas in the play process.
 Key Words: creativity thinking, playing papercraft, early childhood