Persepsi Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19

Isi Artikel Utama

Aisyah Aisyah
Mohammad Salehudin
Sri Yatun
Denok Lailatin Komariah
Nur Eka Rizky Aminda
Pratiwi Hidayati
Nur Latifah
Yani Yani

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi orang tua dalam pendidikan karakter anak usia dini pada pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Penelitian menggunakan pendekatan  kuantitatif dengan metode penelitian survey, partisipan berjumlah 31 orang yang dipilih secara random, instrumen dibuat dengan tiga komponen dan lima belas item pertanyaan, angket dibagikan menggunakan google form. Hasil penelitian dari tiga komponen penelitian ini, semuanya berada pada nilai persentase diatas 50% dengan nilai baik, bahwa persepsi orang tua dalam pendidikan karakter pada kondisi pandemi covid-19 adalah baik artinya secara umum dapat disimpulkan bahwa persepsi orang tua dalam pendidikan karakter pada pembelajaran online pada pandemi covid-19 dalam kondisi baik, pembelajaran online terus berjalan dan penanaman nilai-nilai karakter juga terus diperhatikan dan diutamakan agar anak-anak menejadi generasi yang dapat dibanggakan dan generasi yang memiliki nilai karakter mulia, baik karakter ajaran agama (relegius) karakter perilaku dan budaya maupun karakter belajar dan kecerdasan.

The purpose of this study was to determine the perceptions of parents in early childhood character education in online learning during the Covid-19 pandemic. The study used a quantitative approach with survey research methods, 31 participants were randomly selected, the instrument was made with three components and fifteen question items, questionnaires were distributed using google form. The results of the research from the three components of this study, all of them are at a percentage value above 50% with good scores, that the perception of parents in character education in the Covid-19 pandemic condition is good, meaning that in general it can be concluded that the perception of parents in character education in online learning In the covid-19 pandemic in good condition, online learning continues and the inculcation of character values also continues to be considered and prioritized so that children become a generation that can be proud of and a generation that has noble character values, both religious and behavioral characters and culture as well as learning character and intelligence.

Rincian Artikel

Referensi

  1. A’yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun. (2015). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33–40. http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2601
  2. Adu, L. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal Biology Science & Education, 3(1), 68–78.
  3. Agustin, M., Puspita, R. D., Nurinten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
  4. Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
  5. Bungin, B. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Prenada Media.
  6. Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
  7. Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 152–159.
  8. Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.
  9. Creswell, J. W. (2012). Educational Research; Planning, Conduction and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Pearson Education. Inc.
  10. Creswell, J. W. (2013). Research Design Qualitative Quantitative And Mixed Method Approaches. Sage-Publications.
  11. Dicks, B., Mason, B., Coffey, A., & Atkinson, P. (2005). Qualitative Research and Hypermedia; Ethnography for the Digital Age. SAGE Publications, Inc.
  12. Eijnden, R. J. J. M. Van Den, Lemmens, J. S., & Valkenburg, P. M. (2016). The Social Media Disorder Scale. Computers in Human Behavior, 61, 478–487. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.03.038
  13. Elfan Fanhas, F. K., & Gina Nurazizah, M. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman : 13 – 19. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume, 3(3a), 42–51. http://103.114.35.30/index.php/Pedagogi/article/view/1032
  14. Elyana, L. (2017). Kurikulum holistik integratif anak usia dini dalam implementasi self regulated learning. Prosiding HIPKIN Jateng, 1(1), 1–7.
  15. Fadlillah, M. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan-Permainan Edukatif. “Pengintegrasian Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Kreatif Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.â€
  16. Farooq, H. Z., Davies, E., Ahmad, S., Machin, N., Hesketh, L., Guiver, M., & Turner, A. J. (2020). Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) - surveillance and testing in North England from 2012 to 2019. International Journal of Infectious Diseases, 93(August 2018), 237–244. https://doi.org/10.1016/j.ijid.2020.01.043
  17. Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. MADANI: Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(9), 119–138. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  18. Fikri, H. Al, & Zubaidah, E. (2018). Developing Module of Children Literature To Increase the Students’ Critical Thinking. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 162. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i3
  19. Ghony, H. M. D., & Almanshur, F. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif (1 februari). UIN-Malang Press.
  20. Goo, J., Jeong, Y., Park, Y. S., Yang, E., Jung, D. I., Rho, S., Park, U., Sung, H., Park, P. G., Choi, J. ah, Seo, S. H., Cho, N. H., Lee, H., Lee, J. M., Kim, J. O., & Song, M. (2020). Characterization of novel monoclonal antibodies against MERS-coronavirus spike protein. Virus Research, 278(October 2019), 197863. https://doi.org/10.1016/j.virusres.2020.197863
  21. Hageman, J. R. (2020). The Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Pediatric Annals, 49(3), e99–e100. https://doi.org/10.3928/19382359-20200219-01
  22. Handayani, M. (2016). Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Keluarga Untuk Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(1), 57–64.
  23. Harun, C. Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 302–308. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230
  24. Hewi, L., & Asnawati, L. (2021). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530
  25. Hidayat, S., & Nur, L. (2018). Nilai Karakter, Berpikir Kritis Dan Psikomotorik Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan DIKMAS, 13(1), 29–35. https://doi.org/10.21009/jiv.1301.4
  26. Hidayati, U. (2017). Pendidikan Holistik Integratif Di Raudlatul Athfal (Ra). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 15(2), 241–262. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i2.451
  27. Huang, C., Wang, Y., Li, X., Ren, L., Zhao, J., Hu, Y., Zhang, L., Fan, G., Xu, J., Gu, X., Cheng, Z., Yu, T., Xia, J., Wei, Y., Wu, W., Xie, X., Yin, W., Li, H., Liu, M., … Cao, B. (2020). Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan, China. The Lancet, 395(10223), 497–506. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30183-5
  28. Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.
  29. Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370. https://doi.org/10.21009/jpud.122.17
  30. Juanda. (2018). Revitalisasi Nilai Dalam Dongeng Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 11–18. https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2684
  31. Ketut Sudarsana, O. I. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. PURWADITA, 1(1), 41–48.
  32. Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667
  33. Kurniawan, S. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 197. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1792
  34. Kusmana, A. (2011). E-Learning Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 14(1), 35–51.
  35. Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak COVID-19 Di SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 7–13.
  36. Lina Handayani. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. Journal Industrial Engineering & Management Research ( Jiemar), 1(2), 15–23.
  37. Made, N., & Apriliani, P. (2017). Mengembangkan Karakter Positif Anak. March.
  38. Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
  39. Margono, G. (2016). Pengembangan Anak Usia Dini Holistik – Integratif Mewujudkan Anak Yang Sehat, Cerdas, Ceria Dan Berakhlak Mulia. JURNAL PENDIDIKAN, 1.
  40. Maryatun, I. B. (2016). Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 747–752. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
  41. Megawangi, R. (2009). Pengembangan Program Pendidikan Karakter Di Sekolah : Pengalaman Sekolah Karakter. Jurnal Pendidikan Vokasional, 1, 1–8. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/780
  42. Mujib, A. (2012). Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Psikologi Islam. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, 1–10. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/1746/A1. Mujib-UIN %28fixed%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y
  43. Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
  44. Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686–697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
  45. Patton, M. Q. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Pustaka Pelajar.
  46. Prasojo, L. D., Habibi, A., Faiz, M., Yaakob, M., Mukminin, A., Haswindy, S., Sofwan, M., Yogyakarta, U. N., & Jambi, U. (2019). Perceptions on ICT Integration Barriers. Electronic Journal of E-Learning, 17(1), 1–65.
  47. Remiswal, & Firman, A. J. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Melalui Kebijakan Holistik Integratif Kepala Tk Al-Fadlilah Sambilegi Kidul Yogyakarta. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 169–183.
  48. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19, 4 (2020).
  49. Rohmadani, A. I. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Cara Berpikir Dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus Di Yogyakarta. Edification: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 125–134.
  50. Rohmah, U. (2018). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini (AUD). Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 85–102. https://doi.org/10.33550/sd.v5i2.89
  51. Rosali, E. S., Pendidikan, J., & Universitas, G. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE, 1(1), 21–30.
  52. Salehudin, M. (2020a). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115.
  53. Salehudin, M. (2020b). Penggunaan Multimedia Berbasis Teknologi Bagi Pendidikan Profesi Guru (PPG): Analisis User Experience (UX). Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 93–109.
  54. Salehudin, M., Hamid, A., Zakaria, Z., Rorimpandey, W. H. F., & Yunus, M. (2020). Instagram user experience in learning graphic design. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(11), 183–199. https://doi.org/10.3991/ijim.v14i11.13453
  55. Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.
  56. Sarinastitin, E. (2019a). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 95–102.
  57. Sarinastitin, E. (2019b). Pendidikan Holistik Integratif Dan Terpadu Untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal, 2(1), 11–17. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=130896756&site=eds-live
  58. Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574
  59. Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. CHILDHOOD EDUCATION: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6.
  60. Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (cetakan ke). Alfabeta, CV.
  61. Suhono, & Utama, F. (2017). KETELADANAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI (Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Kajian Kitab Tarbiyyah Al-Aulad Fi Al-Islam). Elemetary, 3(juli-desember), 107–119.
  62. Sukardi, S., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Online Dilengkapi Dengan Tutorial Terhadap Hasil Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 4(2), 97. https://doi.org/10.29100/jipi.v4i2.1066
  63. Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
  64. Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30
  65. Sutjiono, T. W. A. (2005). Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur (JPP), No.4/IV, 76–84.
  66. Syahroni, S. (2017). Peranan Orang Tua dan Sekolah dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. Intelektualita, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v6i1.1298
  67. Wahjoedi, Adi, I. P. P., & Damiati. (2017). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Berbasis Outbound di Kota Singaraja. Seminar Nasional Riset Inovatif, 5, 931–940. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1068/793
  68. Wahyuni, F. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Holistik Integratif. Qalamuna, 11(2), 61–72.
  69. Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854
  70. Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring ( Online ) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 66–12.
  71. Wiyani, N. A. (2017). Perencanaan Strategik Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 105–118. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-01
  72. Yulianto, D., Lestainingrum, A., & Utomo, H. budi. (2016). Analisis Pembelajaran Holistik Integratif Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Grogol Kabupaten Kediri. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 277–294. https://doi.org/10.21009/jpud.102.05
  73. Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.
  74. Zhu, N., Zhang, D., Wang, W., Li, X., Yang, B., Song, J., Zhao, X., Huang, B., Shi, W., Lu, R., Niu, P., Zhan, F., Ma, X., Wang, D., Xu, W., Wu, G., Gao, G. F., & Tan, W. (2020). A Novel Coronavirus from Patients with Pneumonia in China, 2019. New England Journal of Medicine, 727–733. https://doi.org/10.1056/nejmoa2001017