Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Anak USia Dini Berbasis Multimedia

Isi Artikel Utama

Yohannes Marryono Jamun
Handrianus Dwinot Momang

Abstrak

Kemajuan teknologi informasi membawa efek bagi semua bidang seperti salah satunya pada bahasa. Pembelajaran berbahasa yang santun dengan menggunakan variasi khusus program macromedia flash akan menjadi suatu pembelajaran yang berbeda, dengan variasi gambar, animasi, audio dan gerakan pada gambar sehingga membuat pembelajaran kesantunan pada anak usia dini menjadi lebih menarik. Pembelajaran berbasis multimedia berisi konten-konten pembelajaran kesantunan berbahasa mengenai cara menghormati dan menghargai, berkata jujur,memberi pujian, memberi sapaan dan salam, memberi komentar, memberi rasa simpati, meminta maaf, menggunakan bahasa non verbal, semua ini disajikan dalam bentuk animasi sehingga siswa PAUD akan lebih tertarik pada proses pembelajaran kesantunan berbahasa.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Yohannes Marryono Jamun, FKIP Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Dosen FKIP Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Handrianus Dwinot Momang, FKIP Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Dosen FKIP Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Referensi

  1. Apriliani, E. Intan. 2019. Kesantunan Bahasa Anak di Paud Mekar Sari Gondoriyo Kecamatan Jambu. Indonesian Journal of Early Childhood, Vol. 1, No. 2, 62-70
  2. Juita, Novia. 2016. Tindak Tutur Tokoh dalam Kaba: Pencerminan Kearifan dan Kesantunan Berbahasa Etnis Minangkabau. Jurnal Humanus, Vol 15, No 1, 92-104
  3. Kiromi, I. Hafidatil., & Fauziah, P. Yanti. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Big Book untuk Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 3, No. 1, 48-59
  4. Kushartanti, B. 2009. Strategi kesantunan pada Anak-anak Usia Prasekolah: Menggunakan Keinginan. Jurnal Linguistik Indonesia, Vol. 27, No. 2. 257-270
  5. Martono, Nanang. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Postmodern, dan Postkolonial. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  6. Mufidati, N., Abidin, R., & Sa’ida, N. 2018. Pengaruh Media Pick Me Terhadap Perkembangan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi, Vol. 4, No. 1, 23-35
  7. Muslich, Masnur., & Suyono. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Berbasis Audio-visual untuk Peningkatan Kompetensi Berbahasa Indonesia Anak Usia Dini. Jurnal Sekolah Dasar, Vol 18, No 1, -
  8. Nakrowi, Zain Syaifudin., & Pujiyanti, Arifah. 2019. Strategi Kesantunan Berbahasa Suku Jawa dalam Interaksi Antarsuku di Halmahera Utara. Jurnal Retorika, Vol 12, No 1, 105-106
  9. Nesi, Antonius. 2016. Kontribusi Topik-Topik Pragmatik untuk Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Missio, Vol. 8, No. 1, 10-19
  10. Pramono, 2008. Presentasi Multimedia dengan Macromedia Flash. Yogyakarta: Andi Offset.
  11. Pranowo. 2012. Berbahasa secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  12. Sartini, Ni Wayan. 2016. Strategi Kesantunan Berbahasa Diaspora Orang Bali di Jawa Timur dalam Situasi Formal. Jurnal Mozaik Humaniora. Vol 16, No. 2, 233-246
  13. Simpen, I Wayan, 2008. Kesantunan Berbahasa Pada Penutur Bahasa Kambera di Sumba Timur. E-Journal of Linguistics, Vol. 2, No. 1, 1-15
  14. Vaughan, T. 2004. Multimedia Making It Work (Edisi ke-6). New York: McGraw-Hill Companies.
  15. Wahono., Sa’ida, N., & Kurniawati, T. 2017. Pembelajaran Interaktif Media Film Pendek: Pendekatan Metode Demontrasi untuk menumbuhkan keterampilan motorik kasar Anak Usia Dini. Jurnal Pedagogi, Vol. 4, No. 1, 198-211