Kebijakan Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Lasiyam Kota

Penulis

  • Retno Riski Wardhani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahono Wahono Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Tri Kurniawati Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3605

Abstrak

Full day school merupakan sistem sekolah sehari penuh yang dimana dalam sistem pembelajaran di sekolah ini untuk mempermudah para orang tua memonitori anak dalam perkembangan pendidikannya. Full day school ini orang tua merasa aman, setiap lingkup bermainnya hanya sekitar pada lingkungan sekolahnya. Sistem full day school juga melatih anak dalam perkembangan sosialnya antara lain melatih dalam kemandirian, tanggung jawab, serta kedisiplinan. Guru juga berperan aktif dalam pembentukan perkembangan yang ada dalam anak usia dini, karena sebagian besar waktu mereka berada di sekolah, selain guru orang tua juga ikut serta dan berperan penuh dalam membentuk perkembangan sosial anak. Tujuan peneliti ini untuk mengetahui perubahan perkembangan sosial yang ditimbulkan pada sistem full day school. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang mana menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah beberapa anak didik beserta guru kelas kelompok B di TK Lasiyam Kota Surabaya. Pengamatan yang dilakukan lebih terhadap perkembangan sosial yang ada pada full day school, dalam sistem pendidikan full day school anak mengalami perkembangan sosial yang signifikan terutama pada kemandirian, kedisiplinan dan tanggung jawabnya, yang didukung pada stimulus yang diberikan pada lingkungan sekolah, sehingga anak memiliki perkembangan sosial yang baik.

Referensi

Lisnawati soapaty, totok Suyanto. 2014. " Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full Day

School Terhadap prestasi Akademik Siswa SMP Jati Agung Sidoarjo". Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol 2(2): hal. 719-733.

Depiyanti, Oci. 2012. "Model Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School". Vol 1(3) hal. 210-223

Astuti, Marfiah. 2013."Implementasi Program Full Day School sebagai Usaha mendorong Perkembangan Sosial Peserta Didik TK Unggulan Al-Ya'ulu Kota Malangâ€. Vol 1 (2). hal 133-

Wiyani, Novan Ardy. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta : Gava Media

_____.2014. Kurikulum Taman kanak-kanak.2010.Jakarta.Depdiknas

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak Edisi Kesebelas. Jakarta : Erlangga

Susanto, Ahmad.2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya.

Jakarta: Kencana

Wiyani, Novan. 2016. Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta : Gava Media

______.2017. Modul Pendidikan dan Pelatihan Berjenjang Tingkat Lanjut. 2017. Jakarta.

Depdiknas kota surabaya

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta : PT Bumi Aksara

Aisyah, Siti. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta :

Universitas Terbuka

Desmita.2015. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Gohny, M. Djunaidi & Alamanshur Fauzan. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-

Ruzz Media

Moleong, Lexy.2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Susanto,Ahmad: 2011. Perkembengan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Rahayu, Ribut. 2015. Penerapan Metode Bermain Peran Sebagai Upaya Meningkatkan

Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah 05 Surabaya. Tesis tidak dipublikasikan. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya

John M. Echols & Hassan Shadily, Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia PustakaUtama

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-21

Cara Mengutip

Wardhani, R. R., Wahono, W., & Kurniawati, T. (2018). Kebijakan Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Tk Lasiyam Kota. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3605

Terbitan

Bagian

Artikel