Peran Dan Upaya Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Anak Usia Dini Akan Peristiwa Sosial Kemanusiaan: Pelajaran Dari Pandemik Covid-19

Isi Artikel Utama

Ana Dienka Madania
Maila D.H. Rahiem

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengeksplorasi bagaimana peran dan upaya orang tua dalam menumbuhkan kepedulian Anak Usia Dini (AUD) akan berbagai peristiwa sosial yang terjadi di masa COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif fenomenologi. Narasumber penelitian adalah orang tua yang memiliki anak usia 4-6 tahun berjumlah 20 orang. Data menunjukkan peran dan upaya orang tua dalam menumbuhkan kepedulian sosial kemanuasiaan anak adalah: 1) orang tua memberikan contoh nyata perilaku kepedulian sosial kepada anaknya, 2) orang tua mengulang-ulang contoh perbuatan peduli sosial dan memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukannya, 3) orang tua memberikan contoh kepada anak anaknya sikap empati kepada mereka yang terdampak COVID-19, dan 4) orang tua memotivasi anak untuk membantu mereka yang kesulitan akibat terdampak COVID-19. Masa kritis COVID-19 sudah terlewati, namun varian baru masih muncul dan ancaman wabah dan bencana bisa terjadi kapan saja di masa depan. Orang tua merupakan orang terdekat bagi anak. Dalam kesulitan dan kemalangan mereka menjadi tempat anak mendapatkan perasaan aman dan dari orangtua Anak belajar untuk memahami dan beradapatasi dengan situasi dan kondisi. 

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ana Dienka Madania, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Department of Early Childhood Education

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

Maila D.H. Rahiem, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Associate Professor

Department of Early Childhood Education

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

 

Adjunct Associate Professor

School of Graduate Research

Central Queensland University, Australia

Referensi

  1. national cross sectional study. PloS One, 16(2), e0246405.
  2. Busra, A. (2019). Peranan orang tua terhadap pembinaan akhlak anak. AL-WARDAH: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 12(2), 123–130.
  3. Calvete, E., Orue, I., & Gámez-Guadix, M. (2013). Child-to-parent violence: Emotional and behavioral predictors. Journal of Interpersonal Violence, 28(4), 755–772.
  4. Ceka, A., & Murati, R. (2016). The Role of Parents in the Education of Children. Journal of Education and Practice, 7(5), 61–64.
  5. Decety, J., Meidenbauer, K. L., & Cowell, J. M. (2018). The development of cognitive empathy and concern in preschool children: A behavioral neuroscience investigation. Developmental Science, 21(3), e12570.
  6. Gilbert, P. (2019). Explorations into the nature and function of compassion. Current Opinion in Psychology, 28, 108–114.
  7. Hennessey, B., Moran, S., Altringer, B., & Amabile, T. M. (2015). Extrinsic and intrinsic motivation. Wiley Encyclopedia of Management, 1–4.
  8. Jones, R. A., Okely, A. D., Hinkley, T., Batterham, M., & Burke, C. (2016). Promoting gross motor skills and physical activity in childcare: a translational randomized controlled trial. Journal of Science and Medicine in Sport, 19(9), 744–749.
  9. Kılıç, S. (2015). Emotional competence and emotion socialization in preschoolers: The viewpoint of preschool teachers. Educational Sciences: Theory & Practice, 15(4).
  10. Kusuma, L., Dimyati, D., & Harun, H. (2021). Perhatian Orang tua dalam Mendukung Keterampilan Sosial Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 373–491.
  11. Legare, C. H., & Nielsen, M. (2015). Imitation and innovation: The dual engines of cultural learning. Trends in Cognitive Sciences, 19(11), 688–699.
  12. Lestari, D. S. D. (2018). Social Skill Komunitas Motor CBR (JCRI). Prodi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
  13. Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113–123.
  14. Miles, M. B., Huberman, M. a, & Saldana, J. (2014). Drawing and Verying Conclusions. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. https://doi.org/January 11, 2016
  15. Munawwarah, H., & Maemonah, M. (2021). Pendidikan Karakter Anak Perspektif Aliran Filsafat Behaviorisme. Jurnal Golden Age, 5(01), 71–82.
  16. Ngewa, H. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 96–115.
  17. Oosterhoff, B., Palmer, C. A., Wilson, J., & Shook, N. (2020). Adolescents’ motivations to engage in social distancing during the COVID-19 pandemic: associations with mental and social health. Journal of Adolescent Health, 67(2), 179–185.
  18. Pandita, S., Mishra, H. G., & Chib, S. (2021). Psychological impact of covid-19 crises on students through the lens of Stimulus-Organism-Response (SOR) model. Children and Youth Services Review, 120, 105783.
  19. Prasetyo, E. (2017). Sistem informasi dokumentasi dan kearsipan berbasis client-server pada bank Sumsel babel cabang Sekayu. Jurnal TIPS: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer Politeknik Sekayu, 7(2), 1–10.
  20. Pratiwi, W. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117.
  21. Purwasih, R., Sanyata, S., & Retnawati, H. (2020). The strategies of guidance and counseling teachers to increasing students’ moral awareness in senior high school. COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 5(4), 163–172.
  22. Rahiem, M. D. H. (2020). The Emergency Remote Learning Experience of University Students in Indonesia amidst the COVID-19 Crisis. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 19(6), 1–26. https://doi.org/10.26803/ijlter.19.6.1
  23. Rahiem, M. D. H. (2021a). COVID-19 and Surge of child marriages: A Phenomena in Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Child Abuse & Neglect, 105168. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2021.105168
  24. Rahiem, M. D. H. (2021b). Remaining Motivated despite the Limitations: University Students’ Learning Propensity during the COVID-19 Pandemic. Children and Youth Services Review, 105802. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105802
  25. Rahiem, M. D. H., Fitri, A., & Faeruz, R. (2022). Video Pembelajaran dan Lembar Kerja pada Pembelajaran Anak Usia Dini Selama COVID-19. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3967–3980. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2435
  26. Rahiem, M. D. H., & Novi, A. (2022). Home Visit Sebagai Metode Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa COVID-19. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 83–102. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i1.5710
  27. Rahiem, M. D. H., & Perdana, V. R. (2022). Pembelajaran Online Anak Usia Dini Menggunakan Grup WhatsApp di Masa Covid-19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 1–20.
  28. Rapa, E., Hanna, J. R., Mayland, C. R., Mason, S., Moltrecht, B., & Dalton, L. J. (2021). Experiences of preparing children for a death of an important adult during the COVID-19 pandemic: a mixed methods study. BMJ Open, 11(8), e053099.
  29. Riazi, N. A., Wunderlich, K., Gierc, M., Brussoni, M., Moore, S. A., Tremblay, M. S., & Faulkner, G. (2021). “You can’t go to the park, you can’t go here, you can’t go thereâ€: Exploring parental experiences of COVID-19 and its impact on their children’s movement behaviours. Children, 8(3), 219.
  30. Richter, L. M., Daelmans, B., Lombardi, J., Heymann, J., Boo, F. L., Behrman, J. R., Lu, C., Lucas, J. E., Perez-Escamilla, R., & Dua, T. (2017). Investing in the foundation of sustainable development: pathways to scale up for early childhood development. The Lancet, 389(10064), 103–118.
  31. Sari, D. O., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Peran orang tua dalam proses penyesuaian diri anak usia dini terhadap kegiatan pembelajaran di rumah. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 149–160.
  32. Schonert-Reichl, K. A. (2017). Social and emotional learning and teachers. The Future of Children, 137–155.
  33. Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2020). Motivation and social cognitive theory. Contemporary Educational Psychology, 60, 101832.
  34. Shahbana, E. B., & Satria, R. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33.
  35. Siedlecki, K. L., Salthouse, T. A., Oishi, S., & Jeswani, S. (2014). The relationship between social support and subjective well-being across age. Social Indicators Research, 117(2), 561–576.
  36. Spiteri, J. (2021). Quality early childhood education for all and the Covid-19 crisis: A viewpoint. Prospects, 51(1), 143–148.
  37. Sugiono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.
  38. Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140.
  39. Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.
  40. Susetya, P. D. R., & Zulkarnaen, M. P. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama Moral pada Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  41. Suwanti, I., & Suidah, H. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Mental Emosional Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun). Jurnal Keperawatan, 9(2), 10.
  42. Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1).
  43. Tabroni, I., & Juliani, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Pada Masa Pandemi Di Rt 64 Gang Mawar Iv Purwakarta. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 16–22.
  44. Wahyuni, S. (2016). Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Teknik Kontrak Perilaku (Behavior Contract) Di TK ABA Pakis. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(3), 270–278.
  45. Wahyuningsih, A., Widiawati, H., & Zulva, N. (2021). Upaya Bimbingan Belajar Orang Tua Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5640–56470.
  46. Wiranata, I. G. L. A. (2020). Penerapan Positive Parenting dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat kepada Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 82–88.
  47. Wood, W., & Neal, D. T. (2016). Healthy through habit: Interventions for initiating & maintaining health behavior change. Behavioral Science & Policy, 2(1), 71–83.
  48. Zmyj, N., & Seehagen, S. (2013). The role of a model’s age for young children’s imitation: A research review. Infant and Child Development, 22(6), 622–641.